√ Teknik Menulis Buku dalam Metode Penulisan Faksi

Dalam menulis buku kita mungkin cuma tahu perihal fiksi & non fiksi. Namun kita jangan melalaikan wacana faksi. Faksi berlawanan dgn fiksi & non fiksi, namun dlm hal penyuguhan faksi disuguhkan dgn gaya bercerita. Faksi sendiri merupakan kisah yg menurut data atau fakta bekerjsama, tak ada unsur imajinasi yg dominan di dalamnya.

Metode penulisan faksi yakni penggabungan dua metode penulisan antara fiksi & non fiksi. Tidak jauh berbeda, tetapi ada beberapa hal yg harus diperhatikan oleh kita selaku penulis sebelum menulis faksi, yuk kita diskusikan bersama-sama

  1. Menulis Memoar

Hal terpenting yg mesti diceritakan dlm penulisan memoar ialah bagaimana membangun emosi biar pembaca merasa terikat dgn kehidupan kita. Jangan hingga pengalaman kita menarik, namun pembawaan tulisannya datar tanpa makna sedikit pun.

Jika memang ingin membuat memoar dgn gaya kisah biasa & disediakan ke penerbit, lihatlah seberapa kuatkah ketokohan kita di penduduk , alasannya kita perlu mengamati seberapa besar ketokohan kita. Apabila kita cuma seorang biasa yg tak diketahui oleh masyarakat, ambillah jalan penulisan fiksi dgn gaya menulis novel. Dengan sedikit penambahan imajinasi tulisan kita akan lebih meningkat .

  1. Kumpulan Kisah Nyata

Untuk menulis buku perihal kumpulan kisah kasatmata hal yg perlu diperhatikan ialah fakta didalamnya. Kita mesti mempunyai recap data-data untuk materi goresan pena & bentuknya bermacam-macam. Bisa berupa pernyataan dr narasumber dgn melalui wawancara terlebih dahulu.

Dalam penulisan kumpulan kisah faktual pun lebih besar lengan berkuasa memakai gaya penceritaan mirip membuat cerpen & novel. Gaya cerita ini akan menguatkan pembaca memahami alur cerita & pesan yg tersirat di dalamnya. Dan pula pembaca akan diajak mengalir lebih jauh ke dlm situasi yg terjadi pada narasumber.

  1. Biografi

Dalam menulis buku tentang biografi memiliki tingkat kesusahan yg lebih sulit bila dibandingkan dgn menulis memoar. Dalam penulisan biografi terdapat dua tata cara yg mampu dipergunakan.

a. Penulisan dgn memakai wawancara langsung

Penulisan dgn memakai teknik ini ialah wawancara dgn narasumber terkait. Hal yg mesti di persiapkan dlm sistem ini adalah waktu. Tidak mudah menyesuaikan waktu dgn narasumber. Hal paling penting dlm menciptakan biografi ialah dgn mendedikasikan waktu sepenuhnya untuk menuntaskan biografi dr narasumber tersebut.

Selain itu hal lain yg perlu diperhatikan yaitu dgn menciptakan daftar pertanyaan untuk mengoordinasikan pecahan-serpihan yg mau diangkat & tak mau diangkat. Karena tak semua narasumber akan mau membocorkan rahasianya terkuat di dlm suatu buku. Namun bila penulis ingin menguak sisi rahasia dr kehidupan narasumber, langkah terbaik yg harus dilaksanakan adalah melakukan komunikasi intens & membuat pertanyaaan-pertanyaan yg memancing segi kejujuran narasumber. Kuncinya ialah membangun korelasi persahabatan yg baik sebelum memulai menulis.

b. Penulisan sistem tak pribadi

Metode observasi buku ini cuma mengumpulkan materi-materi dr internet, Koran, & buku-buku yg ada. Metode ini terlihat lebih gampang dibandingkan dgn wawancara langsung, namun bantu-membantu tata cara ini akan menyusahkan kita menghindari pandangan subjektif dr materi-bahan yg ditemukan. Banyaknya data yg kita peroleh seringkali memaksa kita untuk menyimpulkan sesuatu, sehingga tercipta sebuah pendapat subjektid dr penulis. Disinilah peran kita untuk memisahkan pertimbangan subjektif dgn data yg kita peroleh.

  1. Kisah Nabi

Untuk menulis kisah nabi sistem yg dipakai yakni sistem tak eksklusif dr literature sejarah yg ada. Hanya sja sumber utama dr kisah nabi yakni kitab suci dr masing-masing agama & tak keluar dr pakem tersebut. Untuk gaya penulisan biasanya disesuaikan dgn range umur yg bersangkutan. Bila target pembaca anak-anak, gaya bahasa yg digunakan yaitu gaya bahasa belum dewasa, begitupun sebaliknya.

Apakah Anda punya kegemaran nulis sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis penerbit buku Warga Masyarakat, buku Anda kami terbitkan dengan-cara gratis. Anda cukup mengganti ongkos cetak. Silakan isi data diri Anda di sini.

Jika Anda menginginkan EBOOK GRATIS wacana CARA PRAKTIS MENULIS BUKU, silakan download.

Referensi :

Hawa, Syamsa, & Irawan Senda, 2011, 88 Kiat Menjadi Penulis Hebat, Jakarta : Tangga Pustaka

  √ Kuasai 4 Tujuan Reseller Demi Pemasukan Besar