Bagaimana Pendapatmu Tentang Pergeseran Dalam Kehidupan Sehari-Hari Masyarakat Dengan Adanya Globalisasi

Soal: Bagaimana pendapatmu tentang pergeseran dalam kehidupan sehari-hari masyarakat dengan adanya globalisasi?
Jawab: Globalisasi menjinjing imbas aktual dan negatif dalam kehidupan penduduk . Contoh dari imbas negatif yakni masuknya nilai-nilai aneh yang tidak sesuai dengan budaya bangsa, contohnya berkurangnya budaya gotong royong. Ada pula pengaruh positifnya, seperti budaya kompetisi dalam dunia perjuangan. 
PEMBAHASAN
Globalisasi menjadikan penduduk dunia bersifat homogen. Apa yang sedang trending di dunia akan diikuti oleh nyaris seluruh masyarakat di bagian manapun. Globalisasi sebenarnyaMengubah perilaku sehari-hari penduduk dunia. Banyak sekali nilai-nilai budaya Indonesia yang mulai tergerus alasannya adanya globalisasi ini. Misalnya budaya gotong-royong , empati , dan budaya kesopanan.
Banyak sekali penduduk yang menggandakan budaya asing yang melanggar norma-norma kesopanan misalnya dalam berpakaian maupun mengatakan. Begitupula Mereka banyak yang melanggar norma-norma agama misalnya dalam beriman terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Namun demikian globalisasi juga menenteng pergeseran faktual pada masyarakat. Mereka lebih mengenal budaya asing yang seringkali lebih baik ketimbang budaya bangsa sendiri. Contohnya yakni budaya disiplin dan bersih dari masyarakatJepang. .Masyarakat di sana jauh lebih dibandingkan masyarakat di Indonesia.Sehingga orang-orang Indonesia yang bersentuhan eksklusif ke sana akan belajar Bagaimana menjadi manusia yang lebih disiplin dan bersih.
  √ Soal Sosiologi Kelas 11 Perihal Konflik Sosial Di Masyarakat