Gagasan Pokok Adalah : Ciri, Letak dan Perbedaan dengan Kalimat Pokok

Gagasan Pokok Adalah : Ciri, Letak dan Perbedaan dengan Kalimat Pokok – Apakah yang di maksud dengan Gagasan Pokok ?Pada potensi kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas ihwal Gagasan Pokok dan hal-hal yang melingkupinya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Gagasan Pokok Adalah : Ciri, Letak dan Perbedaan dengan Kalimat Pokok

Pengertian dari ide pokok adalah pokok dilema yang mendasari sebuah dongeng yang sifatnya implisit aray terdapat kata-kata kunci dalam kalimat utama. Gagasan pokok ialah suatu pemikiran yang menjiwai paragraf. Gagasan pokok dengan mudag untuk didapatkan melalui menjawab pertanyaan “Paragraf tersebut membahas tantang apa?”, tanggapan pertanyaan yakni ide pokok.

Namun terdapat juga paragraf yang pemikiran pokoknya berada di permulaan dan sekaligus di tamat.gagasan pokok juga mampu diartikan selaku hal yang ingin disampaikan oleh sang penulis. Kalimat yang yang didalamnya mengandung pemikiran pokok disebut dengan kalmat utama atau kalimat topik.

Menurut Atmazaki (2006:84), gagasan pokok ialah utama yang mejadi inti dari dilema yang disampaikan dalam sebuah paragraf serta kalimaty yang terdapat pemikiran pokok disebut dengan kalimat topik.

Gagasan pokok juga bisa berada pada permulaan kalimat (deduktif) di tamat kalimat (induktif), serta diawal dan diakhir (deduktuf-induktif). Gagasan pokok juga bisa berletak di tengah paragraf, jenis paragraf tersebut yaitu paragraf deskripsi.

Ciri-Ciri Gagasan Pokok.

  1. Terdapat kalimat pengembang (kalimat penunjang) atau penjelas
  2. Terdapat penunjang, baik itu dalam hal penjelas atau sebuah argumentasi yang besar lengan berkuasa
  3. Inti dari sebuah paragraf atau sentra dari prmbahasan

Cara Menemukan Gagasan Pokok

  • Bacalah dengan cermat

Bacalah kalimat perkalimat pada teks paragraf dengan cermat, lalu pahami juga apa pembahasan yang dibicarakan oleh teks tersebut. Apabila anda telas membaca teks tersebut secara keseluruhan, kemudian jawab pertanyaan apa yang sedang dibahas pada teks tersebut? Jawaban dari pertanyaanitulah yang ialah topik utamanya.

  • Temukan kalimat khususnya

Selanjutnya adalah dengan cara menentukan kalimat utama yang terdapat pada setiap paragraf dalam teks. Sperti halnya yang telah kita pahami, kalimat utama merupakan kalimat yang bersifat biasa dan dilamnya terdapat gagasan pokok. Sedangkan kalimat penjelas ialah kalimat khusus yang mendukung kalimat utama. Oleh alasannya adalah itu untuk mencari kalimat utama dengan menyaksikan kalimat utama yang disokong oleh kalimat penjelas pada paragraf dalam suatu teks.

Baca teks tersebut dengan cermat, sehingga kita sanggup menentukan yang manakah kalimat utama yang terdapat pada setiap paragraf tersebut. Agar dapat memperoleh kalimat utama dengan mudah, berikut ini merupakan ciri dari kalimat utama yang terdapat dalam paragraf : kalau telah memperoleh kalimat utama dalam setiap paragraf, lalu carilah inti dari kalimat itu dengan cara mengambil subjek dan prediketnya, selanjutnya simpulkan ide utama tersebut.

Letak Gagasan Pokok

  • Contoh Gagasan Pokok di Awal Paragraf

Besok yakni hari libur. Jadi besok Budi dan kedua temannya berencana inigin pergi ke pantai untuk mencari kerang. Budi dan kedua temannya telah biasa bermain di pantai selepas pulang sekolah, tetapi sebab besok ialah hari libur, Budi dan kedua temanya dapat bermain di pantai dari pagi hari.

Gagasan pokok paragraf di atas yaitu: “hari libur”

Kalimat pokok paragraf di atas yakni: “Besok ialah hari libur”

Gagasan pendukung paragraf di atas adalah: Besok yakni hari libur. Kaprikornus besok Budi dan kedua temannya berencana inigin pergi ke pantai untuk mencari kerang. Budi dan kedua temannya sudah umumbermain di pantai selepas pulang sekolah, namun karena besok merupakan hari libur, Budi dan kedua temanya mampu bermain di pantai dari pagi hari.

  • Contoh Gagasan Pokok di Akhir Paragraf

Bagi seorang umat muslim telah sepatutnya untuk selalu bersungguh-sungguh beribadah dan juga berdo’a. Setiap hari, lantunan kalimat yang indah telah semesti dipanjatkan kehadirat-Nya. Karena percaya dengan melantunkan do’a semua kesempatannya akan tercapai dan segala kwsulitan akan dengan mudahnya untuk tertuntaskan. Karena bagi seorang muslim do’a merupakan senjata paling ampuh.

Gagasan pokok pada paragraf diatas yaitu “kedudukan do’a bagi seorang muslim”. Gagasan pokok ada pada kalimat utama “Karena bagi seorang muslim do’a ialah senjata paling ampuh”.

  • Contoh Gagasan Pokok di Awal dan Akhir Paragraf

Hari ini Maya sangat bahagia. Hari ini merupakan hari penerimaan raport peningkatan kelas. Sejak pagi tadi Maya bangkit lebih permulaan untuk berkemas-kemas berangkat ke sekolah. Maya berangkat kesekolah diantar oleh ayahnya. Saat tiba disekolah Maya pribadi menyapa sobat-temannya dengan riang besar hati. Pada dikala ibu memasuki ruang kelas persaan Maya bingung dan cemas menantikan pengumuman peringkat kelas.

Ibu guru menginformasikan satu persatu murid yang masuk ke dalam peringkat sepuluh besar. Hati Maya menjadi semakain khawatir karena namanya belum disebut. Pada dikala ibu guru mengumumkan peringkat pertama, dan ternyata nama Maya yang disebut, Maya menjadi sungguh senang dan ibunya merasa bangga dengan Maya. Hari tersebut ialah hari yang sungguh berguna dan sungguh Istimewa untuk Maya.

Gagasan pokok dari paragraf di atas yaitu: “Maya sangat senang” dan “hari ini Istimewa”

Kalimat utama dari paragraf di atas ialah: “Hari ini maya sungguh senang” dan “Hari tersebut merupakan hari yang sungguh berguna dan sungguh spesial untuk Maya”

Gagasan penunjang paragraf di atas yaitu: Hari ini Maya sungguh senang. Hari ini ialah hari penerimaan raport peningkatan kelas. Sejak pagi tadi Maya bangkit lebih awal untuk berkemas-kemas berangkat ke sekolah. Maya berangkat kesekolah dikirim oleh ayahnya. Saat datang disekolah Maya pribadi menyapa sobat-temannya dengan riang bangga. Pada saat ibu memasuki ruang kelas persaan Maya bingung dan cemas menantikan pengumuman peringkat kelas. Ibu guru menginformasikan satu persatu murid yang masuk ke dalam peringkat sepuluh besar. Hati Maya menjadi semakain khawatir alasannya adalah namanya belum disebut. Pada dikala ibu guru menginformasikan peringkat pertama, dan ternyata nama Maya yang disebut, Maya menjadi sangat senang dan ibunya merasa besar hati dengan Maya.

Perbedaan Gagasan Pokok dan Kalimat Pokok

Cara membedakan gagasan pokok dengan kalimat utama yang pertama kita perlu mengetahui dahulu pemahaman atau maksud dari pemikiran pokok dan kalimat utama.

Makara kalimat utama yaitu kalimat yang terdapat ide pokok serta diperjelas dengan kalimat lain dalam sebuah paragraf. Sedangkan pengertian dari gagasan pokok yakni sebuah ide yang menjadi inti dari pengembangan paragraf. Tak cuma itu ide pokok juga bagian dari kalimat utama yang ialah inti dari suatu bacaan. Selanjutnya kita juga harus mengetahui teladan-teladan dari pandangan baru pokok dan kalimat utama. Contoh ide pokok dan kalimat utama selaku berikut.

Gagasan Pokok Adalah : Ciri, Letak dan Perbedaan dengan Kalimat Pokok

Contoh Ide Pokok dan Kalimat Utama dalam paragraf

Indonesia ialah negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Kekayaan ini meliputi sumber daya alam yang terdapat di darat, bahari, serta peru bumi. Contoh kekayaan yang bersumber dari daratan ialah hasil dari pertanian dan hutan. Serta kekayaan yang berasal dari maritim ialah seperti ikan, rumput laut, dan mutiara. Dan kekayaan alam yang berasal dari perut bumi yakni minyak bumi, batu bara, emas, timah , nikel dan lain-lain.

Kalimat Utama Indonesia ialah negara yang kaya akan sumber daya alamnya

Ide Pokok : kekayaan alam Indonesia sungguh melimpah.

Kalimat utama yang terdapat pada paragraf diatas ialah terdapat pada kalimat pertama adalah Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Sebab kalimat tersebut berupa pernyataan lazim. Sedangkan inti dari paragraf tersebut yaitu negara yang kaya akan sumber daya alamnya.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id wacana Gagasan Pokok, biar mampu menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca postingan yang lain.

  Langkah-Langkah Menyusun Kritik Sastra