close

7 Rekomendasi Toko Buku di Makassar

Toko buku di Makassar menjadi tempat favorit bagi para pencinta buku untuk memperoleh koleksi bacaan terbaru & menawan. Kota ini diketahui dgn bermacam-macam pilihan toko buku yg menyediakan banyak sekali genre buku dr aneka macam penerbit, baik lokal maupun nasional.

Setiap jenis buku mempunyai karakteristik & manfaat yg berlainan bagi pembacanya. Dalam postingan ini, akan dibahas jenis-jenis buku yg sering ditemukan di toko buku & faedah yg dapat diperoleh dr setiap jenis buku tersebut.

Jenis-jenis Buku yg Dijual di Toko Buku

Di toko buku, ada beragam jenis buku yg umumnya terbagi-bagi menjadi kategori. Buku-buku tersebut pun bisa ditemukan di rak-rak yg sudah diadaptasi dgn masing-masing klasifikasi.

Berikut ini yaitu berbagai macam buku yg umum dijual di toko buku di Makassar:

  • Novel

Novel ialah bentuk prosa fiksi yg paling lazim & banyak dikenal. Novel sering menceritakan kisah atau cerita panjang dgn tokoh-tokoh yg dikembangkan dengan-cara detil, latar belakang yg kompleks, & plot yg berkembang seiring berjalannya cerita.

Jenis buku ini mampu dibagi menjadi beberapa genre, mirip fiksi sosial yg menceritakan wacana kehidupan sosial & budaya masyarakat; fiksi historis yg menceritakan ihwal insiden sejarah & tokoh-tokoh yg ada di masa kemudian.

Genre yang lain yakni fiksi fantasi yg memakai elemen-elemen imajinatif seperti dunia paralel, peri, & lain-lain.

Penulisan novel dapat ditulis dlm berbagai gaya, mulai dr gaya klasik yg formal & sopan, hingga gaya modern yg lebih santai & mudah dicerna. Beberapa novel pula ditulis dlm gaya stream of consciousness yg menceritakan tentang aliran anggapan tokoh dengan-cara terus-menerus.

Secara lazim, novel merupakan bentuk prosa fiksi yg paling umum & banyak diketahui , yg memperlihatkan pengalaman emosional yg mendalam bagi pembaca & mengajak pembaca untuk mencicipi berbagai kisah, tokoh, & plot yg kompleks.

  • Buku Ilmu Pengetahuan

Buku ini menyajikan isu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, sains, & lain-lain. Buku ilmu pengetahuan dapat dipakai untuk belajar atau memperbesar wawasan.

  • Buku Anak-anak

Buku bawah umur yakni jenis buku yg ditujukan untuk anak-anak dr berbagai usia, mulai dr buku yg ditujukan untuk bawah umur usia dini hingga buku yg ditujukan untuk bawah umur remaja.

Ada beberapa macam buku anak-anak yg umum diketahui , di antaranya buku cerita, pengembangan diri & buku acara.

Buku dongeng berisi kisah-kisah fiksi atau non-fiksi yg ditujukan untuk bawah umur. Buku kisah mampu dibagi menjadi beberapa sub-kategori, seperti buku dongeng fiksi, buku cerita non-fiksi, buku cerita rakyat, & cerita belum dewasa yang lain.

Sedangkan buku pengembangan diri, ditujukan untuk membantu belum dewasa mengembangkan keahlian yg dibutuhkan untuk menjadi pribadi yg mampu berdiri diatas kaki sendiri, seperti buku belajar membaca atau buku berguru menulis.

Kemudian, buku kegiatan ditujukan untuk menyenangkan anak-anak dgn aneka macam kegiatan yg dapat dilakukan, seperti buku mewarnai, buku teka-teki, & acara seru yang lain.

Semua jenis buku bawah umur di atas mampu digunakan untuk menolong belum dewasa mencar ilmu & berkembang, serta meningkatkan kreativitas & khayalan mereka.Bottom of Form

  • Buku Komik

Komik berisi kumpulan gambar atau strip yg mengandung kisah dgn ilustrasi yg mempesona. Buku komik mampu digunakan untuk hiburan atau memperbesar kosakata bahasa. Buku ini biasanya diminati oleh belum dewasa & pula cukup umur.

  • Buku Referensi

Buku ini digunakan sebagai sumber gosip, seperti kamus, ensiklopedia, atau buku bimbingan. Buku acuan dapat dipakai untuk mencari berita atau menambah pengetahuan.

  • Buku Pelajaran

Buku pelajaran biasanya dipakai sebagai materi latih dlm sekolah atau perguruan tinggi. Buku pelajaran mampu digunakan untuk berguru atau mengejar-ngejar ilmu wawasan bagi para siswa selama menempuh pendidikan di sekolah.

  • Buku Motivasi

Buku motivasi tentunya menyajikan ilham, motivasi, atau tips untuk meraih kesuksesan dlm hidup. Buku motivasi biasa dimanfaatkan untuk meningkatkan semangat & memotivasi diri.

Makassar, sebagai salah satu kota besar di Indonesia, tentu memiliki bermacam-macam pilihan toko buku. Namun, dr sekian banyaknya toko buku di kota ini, ada beberapa yg menyimpan koleksi paling komplet & menjadi anjuran tersendiri bagi para pecinta buku.

Di bawah ini yakni rekomendasi toko buku di Makassar yg wajib dikunjungi bagi ananda yg ingin mencari koleksi buku yg lengkap:

7

Daftar Isi

Toko Arena Ilmu

Toko Arena Ilmu

Alamat Jl. Monginsidi No.75/81, Maricaya Baru, Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90143
Google Maps Klik di sini
Jam buka Senin – Sabtu = 08.30–19.00,
Minggu = Tutup
No Telpon (0411) 871596

zara
21:35 02 Feb 22
toko buku yg menyediakan berbagai jenis buku yg d bandrol dgn harga miring, disini menyediakan buku mulai jenjang tk higga sekolah tinggi tinggi, pegawainya ramah, menolong kami mencarikan buku yg kami butuhkan, menjual bbrp macam alat tulis juga, ada tukang parkir yg menjaga

Sri Wahyuningsih Ahmad
01:39 07 Sep 18
Toko buku yg telah menjadi legend dr kecil, toko buku ini menjual banyak sekali macama buku dr yg renta sampai muda hingga yg indonesia maupun mancanegara. Kaprikornus yg lagi cari buku atau tumpuan kesini aja. InsyaAllah lengkap kok, lokasi yg strategis untuk menumukannya berada dipinggir jalan mongisidi.

Ampa SyamsuddinYunus
05:16 19 Jul 19
Di toko buku ini tersedia banyak jenis buku, mulai dr buku umum, hingga buku keperluan kuliah, bisnis, budaya & lainnya. Kelebihan toko ini daripada toko buku yg lain yaitu harganya jauh lebih rendah ketimbang di tempat lain, disamping itu pula di toko buku ini covernya telah terbungkus plastik jadi tak susah lagi untuk membungkus bukunya , serta ditempat buku ini isinya bisa langsung di liat 😁

Riesta P Prince
00:59 19 May 22
Buku lumayan lengkap. Pagi2 cari toko buku, yg buka terpagi ya toko buku ini. 👍

Ms Erafone Daeng Tata M131
05:20 30 Oct 22
Pusat pembelian Handphone terlengkap, & menyediakan pembayaran dgn cicilan 0%

6

Toko Buku Bina Ilmu

Toko Buku Bina Ilmu

Alamat JL. Gunung Jl. Bulu Kunyi No.2, Maricaya Baru, Makassar, Makassar City, South Sulawesi 90142
Google Maps Klik di sini
Jam buka Senin – Sabtu = 08.30–21.00,
Minggu = 09.30–20.00
No Telpon (0411) 852450

Alex
10:04 09 Aug 22
Toko buku yg lengkap.Beberapa kali mencari buku anak saya mampu didapatkan di toko ini.Harganya pula cukup murah & kadang utk buku pelajaran ada diskonnya.Bukunya pelajarannya lengkap dr kurikulum KTSP 2013 sampai kurikulum Merdeka ada.Selain buku pelajaran pula memasarkan aneka peralatan sekolah.Minusnya:Metode pembyrannya masih kurang bervariasi. Utk nontunai ada mesin EDC cuma kayaknya kena charge deh,bisa pula ditrf cma kan agak ribet yah.Usul saja ke ownernya semoga disediakan QRIS deh.krn zaman sekarang org lbh suka transaksi cashless. Pembeli aman krn gak perlu bawa duit tunai & penjual pula kondusif krn gak byk duit tunai di tokonya.

Yusri P
02:46 08 Dec 22
Anak saya sekolah di Madrasah & kebanyakan buku buku khususnya buku agama saya dapat di toko ini. Harganya pula lumayan murah & ada potongan harga

Ala Bariklana
09:27 26 Sep 19
Bagus untuk mencari buku buku antik.. Buku buku baru pula ada, tokonya tak besar tetapi cenderung lengkap, dr dahulu waktu mahasiswa saya sudah sering kesini, ada pula kemudahan sampul bukunya, jado beli buku pulang sudah beraampul plastik, karenanya bukunya lebih awet. Di bulukunyi ada dua toko buku tetapi saya lebih sering kesini. Utamanya klo cari buku buku textbook kuliah

c1cha
10:44 12 Jul 21
Varian buku banyak, kecuali buku populer. Harga lebih akrab dibanding toko buku dlm mall

Arhyan Herman
03:04 06 Jan 23
Cukup banyak buku pelajaran, & tempat nya pula strategis

5

Toko Buku Pelangi Ilmu

Toko Buku Pelangi Ilmu

Alamat Jl. Mallengkeri Raya No.81, Mangasa, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221
Google Maps Klik di sini
Jam buka Senin – Minggu = 08.00–21.00
No Telpon 0852-8277-6688

Fitrah Amalina
16:22 03 Jun 19
Toko buku kesukaan!Sepanjang tahun sering menyelenggarakan diskon-potongan harga dlm masa periode tertentu. Apalagi bila mendaftar selaku member, ada diskon pula untuk member toko buku ini.Dan pastinya, pilihan bukunya ada banyak, nyaris semua jenis buku ada.Jikalau meragu mengenai ketersediaan buku yg diinginkan sebelum ke toko, bisa eksklusif tanyakan lewat Direct Message akun Instagramnya, @pelangi_ilmu.Yang mengasyikkan tentu saja, bisa berdiskusi hasil bacaan dgn pemilik toko buku. Seringkali saya datang meminta usulan bacaan baik lainnya, yg berakhir dgn saya yg menyukai hasil usulan abang-abang di sana.Bahkan, tatkala belum memiliki cukup bekal untuk membeli buku, boleh datang berkunjung ke sana untuk menyaksikan-lihat dulu.p.s. Buku yg terbuka boleh dibaca 😆✌🌿Datanglah!Semoga secepatnya berjumpa dgn bacaan-bacaan yg baik.

Ahmad Mdi
13:55 27 Jul 19
Highly recommended bookstore. Buku tak sebanyak toko-toko buku besar, tapi mampu ditentukan buku-buku yg ada sungguh cantik. I went here to find Okky Madasary’s children’s novel. It’s available indeed, where Gramedia Makassar out of stock. Yet, I ended buying another interesting children’s book

JAMIL Nurul Mutmainnah
08:52 27 Nov 19
Toko buku favorit saya. Banyak diskonnya, buku yg mirah-murah, tetapi bermutu. Koleksi buku yg disediakan banyak, pula up to date lah. Banyak jenis genre nya juga.

Acchul Asrul
03:46 05 Aug 19
Toko buku yg terselip di kota makassar, tidak mengecewakan lengkap novel fiksi nya 👋👋👋.. good job bro

Naston_Ato
11:22 30 Mar 21
Koleksi bukunya lumayan banyak varian, harga lebih murah dibanding toko lain sejenis pada umumnya, sungguh ramah untuk kantong mahasiswa, & tempatnya mudah dijangkau. Pelayanan pula sungguh ramah. Ada akan menerima penjelasan yg cukup terkait buku buku terbaru, yg sedang demam isu atau penjelasan singkat terkait buku yg anda beli.

4

Toko Buku Toha Putra

Toko Buku Toha Putra

Alamat Ruko Permata Sari, No.18-19, Jl. Sultan Alauddin No.33, Gn. Sari, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221
Google Maps Klik di sini
Jam buka Senin – Sabtu = 08.00–21.00,
Minggu = 08.30–13.00 ; 16.30–21.00
No Telpon (0411) 868601

Muhammad Hamzah
05:08 30 Dec 22
mampu buku bahasa Arab klasik (botak) untuk kalangan santri & Pesantren

Eka Puspita Sari
15:28 10 Dec 22
Toko buku yg masih eksis sampai saat ini. Al qur’an yg dijual lengkap, ada pula alat tulis dll. Cuma pegawainya potongan kasir agak jutek, yg ramah cuma pegawai yg membatu saya mencari Al qur’an

firman pgsd
06:17 03 Aug 20
Produk Al-Qur’an & kitab apa pun yg Anda cari, datangi & konsultasikan pada ahlinya. Mulai dr Mushaf Al-Qur’an hingga beragam terjemahan kitab kuning & buku bacaan lazim tersaji di sini! TOHA PUTRA🙏

Ala Bariklana
14:42 24 May 21
Toko buku paling legendaris di kota Makassar dgn koleksi Qur’an nya yg terkenal.. Toha putra dr dahulu dikenal sebagai percetakan Al Qur’an pula distributornya.. Qur’an brand Toha putra diketahui di seluruh Indonesia.. letaknya di depan UIN alauddin mempermudah mahasiswa dlm mencari ilbuku yg terkait dgn pembelajarannya..

Zelvi Diana
13:35 24 May 21
Lokasinya sangat strategis. Jika dr arah jl. petarani menuju jl. Alauddin belok kiri, lokasi berada di sebelah kiri jalan (deretan ruko) depan kampus UIN Alauddin Makassar. Berbagai jenis Al-Qur’an dr berbagai penerbit ada di toko ini. Berbagai jenis buku-buku agama Islam & sejarah pula banyak. Tersedia pula alat tulis. Harga terjangkau. Tersedia pula harga produk retail & grosir. Karyawannya ramah-ramah pula. Pokoknya toko buku recommended lah.

3

Toko Buku Dunia Ilmu

Toko Buku Dunia Ilmu

Alamat Jl. Bulu Kunyi No.8, Maricaya Baru, Kec. Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90123
Google Maps Klik di sini
Jam buka Senin – Sabtu = 09.00–21.30,
Minggu = 10.00–21.30
No Telpon (0411) 871413

Alex
09:28 07 Aug 22
Praktis dijangkau. Buku lengkap. Ada discount utk pembelian buku pelajaran. Selain jual buku cetak, ATK nya pula cukup lengkap. Karyawan toko responsif.

Yuli Permatasari
06:12 15 May 22
Tempat cari buku andalan sih ini. Tokonya telah usang sekali, dr SD hingga Kuliah, cari bukunya tetap di sini. Sukanya belanja di sini alasannya bukunya terencana, dikategorikan dgn baik. Pegawainya pula sangat baik mengarahkan buku yg ingin dicari. Perlengkapan ATK jg ada di sini.

Andriani Ani
08:56 19 Oct 22
Toko buku yg semenjak dahulu exis..sejak kecil sering belanja buku disana sampai kini masih beroperasi..dan telah tambah bagus .

Ertami Erning
04:52 26 Jan 18
Awalnya cari buku di Gramedia tapi cek di komputer-nya stoknya 0. Memang sih buku yg dicari buku usang. Coba cek disini eh ada ternyata, namun yaa dr 3 buku yg dicari cuman dapat 1 buku disini. Makara yaa buat yg lagi nyari buku & di Gramedia telah gak ada stoknya, boleh coba cek disini. Kali aja kalian mujur.Soal harga tidak mengecewakan murahlah dibanding tempat lain. Ini sy cuman sempat bandingin harga 1 buku yaa di toko pertama harga buku yg saya cari 450an *tetapi stoknya kosong, cek di toko kedua harganya 400an, eh cek kesini harganya cuman 350an.

Andi Ima
13:33 19 Oct 22
Lumayan lengkap, banyak novel juga. Bagi yg nyari karya Raditya dhika ada ready banyak disini

2

Gramedia

Gramedia

Alamat Jl. DR. Ratulangi, Mamajang Luar, Kec. Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90132
Google Maps Klik di sini
Jam buka Senin – Minggu = 10.10–21.50
No Telpon (0411) 8344089

Arif Gunawan H
14:00 09 Jul 22
Terletak di Jalan Ratulangi, tepatnya di dlm Mall Ratu Indah, Kota Makassar, Indonesia. Buku-bukunya tidak mengecewakan lengkap, mulai dr agama, sosial, novel, komik, & lain-lain. Selain buku, Gramedia pula menyediakan peralatan olahraga & musik yg lengkap juga.

Annur Rahmah Ayu (annurahmayu)
10:45 24 Dec 21
Suka, tetapi sayang pilihan komiknya tak sebanyak novel. Search buku di komputer prosesnya usang. Aku cari buku narnia gak ada :'(

Alief Thoriq Agung Muliono
12:22 19 Jul 22
Koleksi buku, media pembelajaran, novel, dll lengkap. Begitupun aksesoris & peralatan sekolah.

Muhammad Wahyudin Nur .S
13:07 06 Dec 20
Gramedia Store bukan hanya menyediakan buku saja, namun peralatan kegemaran mirip alat musik, gambar, novel, anime, hingga keperluan sekolah seluruhnya ada di Gramedia, jadi untuk keperluan bisnis, hobi, PAUD, Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, SMP, Sekolah Menengan Atas hingga perguruan tinggi tinggi semua tersedia, rancangan store yg milenial bikin betah sampai kadang lupa waktu, ayo ke Gramedia kini & dapatkan barang yg ananda cari 👍🏻

Phite Tamsir
04:16 08 Dec 21
Buat yg mmpersiapkan kehamilan, lahiran & mmpelajari parenting anak. Disni parah lengkap skali info” seputar itu 😍

1

Gramedia

Gramedia

Alamat Mall Panakkukang, Jl. Boulevard, Masale, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231
Google Maps Klik di sini
Jam buka Senin – Minggu = 10.00–22.00
No Telpon (0411) 423601

i bolebolea
12:15 07 Oct 22
View City 360 OkArsitekturnya unik & keren, estetika..Pelayanan memuaskan, harga terjangkau & karyawan ramah amanah..Berada di daerah elit strategis di lantai tiga Mall Panakkukang, dekat business Centre, sport center, tempat ibadah, sentra buah tangan khas Makassar, selain buku ada pula handycraft & perlengkapan alat tulis & pula beberapa koleksi kontemporer seperti di Photo dokumentasi.Paling suka belanja buku ketika promo cashback reward.”kalo stay atau berada di dekat toko ini jangan lupa ada kuliner orisinil Makassar yg eenaakk banget pantas untuk di coba, yaitu Pallubasa Bolebolea mampu dipesan langsung via google map atau di GrabFood, GoFood, Maximfood & ShopeeFood ekonomis banyak promonya”Only 15K /porsidijamin enak 👍Free Ongkir min pesan 3 menu, order via WA085241514895Lihat profil nya disini ya 👇IG TikTok @pallubasabolebolea

Resty Tiny
21:55 14 Oct 21
Saat ini di Makassar belum mempunyai cukup banyak pilihan tempat jual buku yg lengkap jadi gramedia bisa menjadi salah satu opsi untuk hunting buku. Berbagai macam genre buku dijual, disamping itu terdapat pula barang elektronik & banyak sekali pernak pernik yg pula dijual di gramedia.

Rabibiah
10:08 18 Sep 21
Pilihan mall tempat belanja masyarakat makassar…. Atau sekedar nongkrong pula boleh

KKF Channel
00:50 29 Dec 22
Varian buku yg dijual tidak mengecewakan banyak, terutama buku dinosaurus. Saya lokasinya terletak di lantai 3 & paling belakang, sebelahan dgn time zone & kfc sehingga toko ini sepi. Harganya sedikit lebih mahal di bandingkan harga kawasan jawa & harga yg di label berlainan dgn harga realnya. Sebaiknya perlu menyesuaikan label harganya ke harga real. Pelayanannya baik & timnya ramah.

Jhon Fernandes Dollu Klaping
08:31 03 Feb 21
Gramedia selain menjadi penyuplaibuku-buku dgn mutu baik, namun pula lengkap & hadir di semua kota besar di Indonesia. Gramedia di MP Makassar pula menjadi tujuan belum dewasa muda yg haus berguru.

  7 Rekomendasi Toko Buku di Surabaya