close

13 Sifat Dan Ciri Laki-Laki Sholeh

13 Sifat Dan Ciri Laki-Laki Sholeh – Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai sifat dan ciri wanita sholihah, yang didalamnya membicarakan ihwal sifat dan aksara wanita lebih spesifiknya untuk kandidat isteri dan isteri yang bagus untuk suami. Kali ini, kita kembali membicarakan wacana gender yang berlainan, yaitu khusus untuk kaum adam atau laki-laki. Jika ingin menerima isteri yang baik dan sholihah, maka milikilah sifat dan abjad ini dan mampu bercermin dari hari hal-hal yang akan dibahas berikut ini. Dan bila anda wanita, sifat-sifat berikut mampu dijadikan acuan dan tolok ukur dalam memilih calon imam yang baik, jangan hingga ada penyesalan dikemudian hari.

13 Sifat Dan Ciri Laki-Laki Sholeh

Berikut ialah sifat dan ciri dari pria sholeh diantaranya yakni sebagai berikut:

1. Memiliki agama yang berpengaruh

Ini yakni kunci yang paling utama untuk laki-laki maupun wanita. Apabila agama yang besar lengan berkuasa terdapat pada diri seorang pria, maka semua hal lain juga akan mengikutinya. Selalu mempertahankan ketaatannya kepada Allah dan juga Rasulullah, senantiasa mempertahankan sholatnya yang mana dikerjakan secara berjamaah dan tepat waktu, alasannya pria sungguh disarankan untuk sholat berjamaah di masjid, dan melakukan amalan-amalan sunnah, bersungguh-sungguh beribadah dan juga belajar, Tak cuma itu ia selalu memelihara diri dari perbuatan yang tidak diminati oleh Allah. InsyaAllah kalau pria sudah mempunyai kesabaran akidah yang berpengaruh serta bertaqwa terhadap Allah SWT, maka dia akan bersinar serta memiliki tampang yang hening. Laki-laki mirip ini pastinya sangat didambakan oleh semua wanita shalihah.

  Perilaku Beriman Kepada Malaikat dalam Keseharian

2. Berakhlakul karimah

Point utama dari pria sholeh yaitu berakhlak atau berbudi pekerti serta berperasangka yang bagus. Akhlak adalah cerminan bagi seseorang, bila akhlaknya baik maka orang itu juga baik secara umum, bila akhlaknya buruk maka kejelekanpun akan mengikut bagi seseorang yang tidak mampu mempertahankan adabnya.

3. Haus akan ilmu

Artinya, seseorang yang sholeh pastinya tidak akan pernah puas akan ilmu yang didapatkannya, yang mana beliau akan senantiasa merasa kurang, sebab dia tau bahwa ilmu kalau dipelajari tidak akan ada habisnya. Dan semakin banyak ilmu yang didapat maka akan semakin membuatnya rendah hati serta ia merasa bukan siapa-siapa.

4. Bertanggung jawab

Bagaimana cara menyaksikan apakah seorang laki-laki tersebut bertanggung jawab atau tidak? Dari sin kita mampu melihatnya dari kehidupannya yang dilaksanakan sehari-hari. Bisa juga dilihat dari lewat cara beliau memperlakukan kedua orangtuanya, orang-orang yang ada didekatnya, serta kepada apa yang ia kerjakan. Laki-laki sholeh tidak mungkin untuk mengabaikan apa yang sudah menjadi hak serta kewajibannya baik terhadap Rabbnya, pekerjaannnya, dirinya sendiri maupun kepada orang lain.

5. Amanah

Laki-laki yang baik dan sholeh mesti mempunyai sifat amanah atau mampu dipercaya, tidak mengabaikan tugas yang sudah diberikan kepadanya serta tidak menyalahgunakan kuasa maupuan jabatannya.

6. Tegas

Tegas disini bukan diartikan selaku galak, Namun tidak plin plan serta tegas dalam menjaga martabatnya dan juga tegas dalam memberikan sudatu anjuran -saran dan kebaikan. Sebab pria ialah imam bagi istri dan anak-anaknya, sehingga hal ini membutuhkan ketegasan, akan tetapai tetap mempunyai hati yang lembut, memiliki tutur kata yang sopan, dan tidak mudah untuk menyakiti hati orang lain, serta mempunyai hati yang mulia.

7. Tidak boros dan bakhil

Tidak salah memakai serta membelanjakan uangnya, mengeluarkan sesuatunya dengan tidak berlebihan. Tidak cuma dalam bentuk duit maupun bahan, tetapi hal lain mirip dalam hal makan, tidak berlebihan akan tetapai juga tidak pelit. Semua sesuai pada porsinya. Sebab segala sesuatu yang berlebihan itu sifatnya tidak baik.

8. Bergaul dengan orang-orang sholeh

Berkumpul di masjlis dzikir atau berkumpul dengan orang-orang yang mengajak dalam hal kebajikan. Bagaimana dia dibilang sholeh, kalau ia setiap harinya selalau berkumpul dengan orang yang sering melewatkan agama. Menjauhi dari pergaulan bebas, contohnya bergaul antara pria dan wanita yang mana tanpa ada batasnya, dan senantiasa menjaga maruahnya dihadapan Allah SWT.

9. Menjaga persepsi

Tidak hanya wanita yang mesti menjaga pandangannya, akan tetapi laki-laki sholeh juga senantiasa menjaga pandangannya dari tindakan yang maksiat, mirip tidak suka melihat sesuatu yang belum halal, serta selalu menundukkan kepala dan tidak menatap wanita yang bukan muhrimnya apalagi bila sampai bertindak lebih dari itu. Tidak cuma mata, akan namun beliau juga harus bisa untuk menjaga tangan, hati serta pikirannya dari hal-hal yang tidak diusulkan oleh agama.

10. Rendah hati dan pemaaf

Tidak arogan, selalu mempertahankan perkataannya dengan berkata santun serta menentukan kata-kata yang bagus, dan tidak membanggakan diri serta senantiasa rendah hati terhdap siapapun dan senantiasa memaafkan kesalahan dari orang lain.

11. Kharismatik dan selalu menjaga kebersihan diri

Laki-laki yang memiliki karisma, senantiasa tampil dengan pakaian yang rapi serta selalu mempertahankan badannya semoga tetap bersih. Bersih disini tak cuma dengan sekedaer mandi sehari minimal 2 kali, namun mempertahankan dari bacin tubuh yang tak sedap.

  Tata Cara Pelaksanaan Sholat Berjamaah

12. Sabar dan nrimo

Mempunyai hati yang sabar serta nrimo dalam menerima aneka macam ujian dari Allah. Bukan selalu uring-uringan, lemah, apalagi sampai berputus asa. Sebab dia senantiasa yakin bahwa Allah selalu bareng dengan orang-orang yang bertaqwa.

13. Memiliki cinta dan kasih sayang

Laki-laki sholeh niscaya mempunyai hati yang luas dan penuh dengan cinta dan kasih sayang. Yang mana bisa dilihat dari bagaimana ia memperlakukan ibunya, bapaknya, serta kerabat-saudaranya, dan juga orang-orang mukmin yang lain. Dari cinta serta kasih sayang yang besar, maka natinya akan timbul pemahaman dan juga perhatian. Sungguh luar biasa cukup sempurnanya bagi seorang laki-laki jika memiliki tanggung jawab, cinta dan kasih sayang serta sarat dengan perhatian.

13 Sifat Dan Ciri Laki-Laki Sholeh

Nah itulah ciri-ciri dari laki-laki yang sholeh. Jadi, kalau ciri-ciri tersebut terdapal dalam diri pasangan Anda, berarti beliau ialah jenis laki-laki yang bagus dan juga sholeh. Lalu bagaimana bila pria itu masih berani untuk mengajak anda berdua-duaan, berpegangan tangan apalagi hingga menyentuh yang bukan seharusnya dari badan yang bukan mahramnya dan juga berani untuk melakukan zina, berarti ia ialah bukan laki-laki SHOLEH.

Sebab yang mana pada intinya laki-laki sholeh selalu takut dengan azab serta bahaya Allah dan juga mempunyau rasa malu yang sangat besar jika melaksanakan hal yang keluar dari koridor agama. Ingat, bila sifat dan ciri-ciri tersebut telah ada dalam diri seorang laki-laki, serta ia juga masih tidak takut terhdap Allah, maka perlu ditanyakan bahwa seberapa besar keteguhannya dalam mentaati perintah Allah. Dan pria baik itu belum tentu juga sholeh, Sebab preman pula mampu baik, tetapi ia tidak sholeh. Semoga Anda dan pasangan atau kandidat pasangan Anda termasuk orang-orang yang sholeh. Aamiin.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai 13 Sifat Dan Ciri Laki-Laki Sholeh, agar mampu berguna dan berkhasiat bagi kita semua. Terimakasih.