Pengertian Flowchart – Sebagai seorang programmer maupun developer mesti mengetahui dengan-cara rincian ihwal pengertian algoritma & berbagai macam contoh flowchart dlm sebuah program. Karena dgn adanya flowchart tersebut bisa menerangkan alur suatu proses progam yg akan dibentuk.
Jika tak ada flowchart, mungkin programmer akan kesusahan dlm melaksanakan koding. Karena tak mengetahui alur dr acara yg akan dibentuk seperti apa. Maka dr itu, seorang programmer maupun developer, mesti benar-benar mengetahui apa itu flowchart.
Tidak hanya itu, programmer & developer pula harus mau untuk terus belajar mengenai algoritma & pula flowchart. Dengan tujuan semoga nanti bisa mengenali alur acara & dapat memperlancar pengolahan aplikasi nantinya.
Bagi yg belum mengenali perihal apa itu flowchart, simbol flowchart, jenis flowchart, fungsi dr flowchart. Ada pula acuan flowchart sederhana yg akan diulas beserta dgn klarifikasi cukup lengkap.
Daftar Isi
Apa itu Flowchart?
Algoritma Flowchart adalah suatu diagram yg di situ terdapat simbol-simbol tertentu & memiliki penjelasan yg berbeda. Simbol tersebut dapat mengilustrasikan wacana urutan proses dengan-cara detail.
Sebelum membicarakan acuan flowchart, perlu dikenali bahwa terdapat simbol yg ada di flowchart yg memiliki kegunaan untuk menggambarkan korelasi antara suatu proses atau kode dgn proses yg lain di dlm suatu acara.
Kemudian untuk mampu menyajikan algoritma flowchart ini, seseorang harus betul-betul mengenali dr semua simbol flowchart yg ada & biasa dipakai. Kaprikornus, programmer wajib mengetahui perihal nama & pula fungsi simbol flowchart.
Baca Juga: Contoh Review Jurnal
Jenis-Jenis Flowchart
Terdapat jenis-jenis flowchart yg mesti dipahami oleh seorang programmer maupun developer. Sebelum menciptakan susunan acuan flowchart untuk aplikasi, setidaknya sudah mengenali beberapa jenis flowchart, selaku berikut:
- Flowchart Sistem (System FLowchart). Disini digambarkan sebagai suatu denah yg berfungsi untuk menawarkan dimana alur kerja & proses yg sedang dijalankan dlm suatu tata cara dengan-cara keseluruhan.
- Flowchart Paperwork. Untuk jenis flowchart yg satu ini memiliki fungsi untuk menelusuri suatu alur dr data yg sebelumnya telah ditulis lewat sebuah sistem.
- Flowchart Skematik. Flowchart jenis sepert ini pula berfungsi untuk menggambarkan suatu tata cara, nyaris sama dgn flowchart sistem. Yang menciptakan berbeda yaitu digunakannya simbol patokan, citra komputer, pheriperal, & perlengkapan lain.
- Flowchart Program. Merupakan denah yg berfungsi untuk menerangkan informasi yg lebih rinci tentang tindakan dr proses suatu acara.
- Flowchart Proses (Proses Flowchart). Pada kepingan ini umumnya dipakai untuk memecah & menganalisis langkah-langkah yg akan dilakukan selanjutnya dlm prosedur suatu tata cara.
Contoh Flowchart Beserta dgn Penjelasannya
Guna mengenali bagaimana kegunaan dr flowchart, berikut ini merupakan beberapa acuan flowchart sederhana beserta dgn analisis & pula terdapat algoritmanya.
1. Flowchart untuk Menghitung Keliling Lingkaran
Terdapat suatu pola Flowchart untuk menyelesaikan suatu masalah, yakni menjumlah keliling dr suatu lingkaran.
Mulai -> phi 3.14 -> Input r ->K=2phir -> Tampilkan K -> Selesai.
Berikut ialah penjelasn dr contoh flowchart menghitung keliling lingkaran.
- Input : r (jari-jari lingkaran) & phi
- Keliling Lingkaran K=2*phi*r
Algoritma untuk menjumlah keliling lingkaran dgn rumus di atas, selaku berikut:
- Hal yg pertama kali harus dilakukan adalah menetapkan nilai dr phi (3.14).
- Kemudian yg dilakukan ialah menghitung jari-jari yg ada pada lingkaran.
- Di situlah baru bisa memasukkan rumus matemateika untuk menjumlah keliling lingkaran, yaitu K=2*phi*r.
- Setelah menghitung sesuai dgn rumus, maka nilai K (keliling) akan ditampilkan atau dicetak menjadi output.
2. Flowchart untuk Mengirimkan Surat
Terdapat acuan Flowchart pula untuk mengirimkan surat dgn mekanisme kantor POS, sebagai berikut.
Mulai -> Tulis Surat -> Ambil Amplop Surat -> Masukkan Surat ke Amplop -> Lem Amplop Surat -> Mengingat Alamat (Jika tak ingat, maka akan mencari terlebih dahulu) -> Ingat -> Tulis Alamat pada Amplop ->Tempelkan Perangko ->Kirim Melalui Kantor Pos -> Selesai.
Berikut ini adalah Algoritma dr contoh flowchart mengirim surat.
- Yang harus dilakukan pertamakali adalah menulis surat.
- Kemudian diteruskan dgn mempersiapkan amplop surat.
- Memasukkan surat yg sudah dibentuk kedalam sebuah amplop yg sudah dipersiapkan sebelumnya.
- Melekatkan tutup amplop menggunakan alat pelekat atau lem.
- Sebelum mengantarsurat, diwajibkan untuk menuliskan alamat dr pengiriman surat tersebut. Apabila Anda tak ingat, maka dilakukan penelusuran alamat yg dituju mealui apa saja. Setelah mengetahui alamatnya, baru dituliskan alamat tersebut pada amplop surat.
- Setelah itu tempelkan perangko tersebut pada bagian depan amplop.
- Terakhir, menuju ke Kantor POS dgn menjinjing surat yg sudah selesai dibentuk yg kemudian diserahkan pada karyawan di Kantor POS.
- Selesai.
3. Flowchart untuk Menentukan Suatu Bilangan Genap & Ganjil
Ada pula teladan flowchart untuk memilih suatu bilangan genap maupun ganjil, mirip di bawah ini.
Mulai – > Masukkan Bilangan Bulat – > Bilangan dibagi dua dgn operasi sisa bagi – > ? sisa bagi = 0 – > Output adalah genap – > Selesai.
Berikut ini merupakan algoritma dr pola flowchart untuk menentukan sebuah bilangan tersebut genap atau ganjil.
- Langkah pertama, yaitu dilakukan dgn memasukkan suatu bilangan lingkaran.
- Lalu, bilangan tersebut atau yg sudah di inputkan akan dibagi dgn angka dua.
- Apabila hasil dr sisa pembagian tersebut ialah 0, maka kesimpulannya ialah bilangan tersebut bermakna genap.
- Sebaliknya, apabila hasil dr sisa pembagian tersebut bukan angka 0, , maka kesimpulannya yakni bilangan tersebut memiliki arti ganjil.
- Selesai.
4. Flowchart untuk Mengkonversi Suhu
Dibawah ini merupakan pola flowchart untuk mengkonversi suhu.
Mulai -> Inputkan suhu dlm satuan celcius -> Rumus pengubah suhu ke celcius/reamur -> tampilkan suhu dlm celcius/reamur -> Selesai.
Algoritma dr mengkonversi suhu, yaitu :
- Pertama, inputkan atau masukkan suatu besaran suhu ke dlm satuan celcius.
- Rumus yg digunakan untuk mengubah suhu dr celcius ke reamur adalah R = 4/5*C.
- Kemudian jika ingin mengubah suhu celcius ke Fahrenheit harus menggunakan rumus F = 9/5*C+3.
- Maka hasil dr konversi tersebut akan ditampilkan.
Baca Juga: Contoh Mind Mapping
5. Flowchart untuk Membuat Secangkir Kopi
Berikut ini terdapat pula pola flowchart untuk memecahkan suatu masalah, yakni membuat secangkir kopi.
Mulai -> Buka kemasan -> Tuang kopi ke dlm cangkir -> Panaskan Air sampai benar-benar mendidih -> Ambil air & tuangkan ke dlm cangkir -> Aduk hingga tercampur rata -> Selesai.
Algoritma dr menciptakan secangkir kopi, yakni :
- Yang pertama mesti dilakukan adalah engan membuka kemasan kopi (kalau kopi dlm kemasan sachet atau kaleng) yg sudah dibeli sebelumnya.
- Kemudian tuangkan kopi yg sudah dibuka tersebut kedalam sebuah cangkir
- Panaskan air sampai mendidih.
- Tuangkan air panas yg sudah diolah tadi ke dlm suatu cangkir sebelumnya sudah diisi dgn kopi.
- Aduk kopi didalam cangkir yg berisi air panas hingga merata.
- Selesai & kopi siap diminum.
6. Flowchart untuk Menghitung Hasil Nilai Akhir
Terdapat acuan flowchart untuk memecahkan suatu masalah, yaitu menjumlah hasil nilai tamat, mirip dibawah ini.
- Mulai -> Input Nama -> Input hasil presensi akhir, Nilai tugas, ulangan/kuis, UTS, & UAS -> Nilai akhir = kehadiran dikalikan dgn (0.05 + tugas) x (0.25 + ulangan/kuis) x (0.15 + UTS) x (0.25 + UAS) & dikalikan dgn 0.30 -> Menampilkan nilai akhir -> Selesai.
Adapun algoritma dlm mengkalkulasikan hasil nilai tamat, sebagai berikut :
- Hal pertama yg mesti dilakukan yakni menginputkan nama murid.
- Lalu inputkan hasil presensi terakhir, nilai peran, ulangan/kuis, UTS & UAS.
- Selanjutnya memasukkan rumus untuk menjumlah nilai final yg tertulis di alur flowchart di atas.
- Menampilkan hasil nilai simpulan.
- Selesai.
7. Flowchart untuk Menghitung Jam ke Dalam Satuan Detik
Berikut ini merupakan contoh flowchart untuk memecahkan suatu kasus, yaitu mengkalkulasikan jam ke dlm satuan detik.
Mulai -> Input Jam -> Detik = Jam * 3600 -> Tamplikan Hasil Detik -> Selesai.
Algoritma dr Menghitung jam ke dlm satuan detik, yakni :
- Pertama, menginputkan atau memasukkan jam.
- Kemduian dilakukan penghitungan menggunakan rumus, yakni Jam * 3600.
- Terakhir, hasil akan ditampilkan dlm jumlah detik.
- Selesai
8. Flowchart untuk Menghitung KM ke Dalam Satuan Meter
Dibawah ini yaitu contoh flowchart untuk menghitung kilometer ke dlm satuan meter.
Mulai -> Input Nilai dgn Satuan Kilometer -> Meter = KM * 1000 -> Tampilkan Meter -> Selesai.
Algoritma dr Menghitung dr satuan kilometer ke dlm satuan meter, sebagai berikut :
- Pertama yg mesti dilakukan yakni dgn menginputkan nilai dlm satuan kilometer.
- Selanjutnya mengitung kilometer menjadi satuan meter menggunakan rumus KM * 1000.
- Hasil tamat dlm satuan meter akan ditampilkan.
- Selesai
9. Flowchart Menghitung Luas Persegi Panjang
Ada pula pola flowchart menjumlah luas persegi panjang, seperti di bawah ini.
Mulai – > Input Lebar – > Input Panang – > Luas = p * l – > Tampilkan Luas – > Selesai.
Adapun analisis dr perhitungan luas persegi panjang, seperti berikut ini :
- Input : p (merupakan singkatan dr panjang) & l (kependekan dr lebar)
- Luas Persegi Panjang L = panjang*lebar
Untuk algoritmanya adalah selaku berikut ini :
- Pertama harus menginputkan nilai panjang (p) persegi panjang terlebih dulu.
- Kemudian menginputkan nilai lebar persegi panjang.
- Hitung luas menggunakan rumus (Luas = panjang*lebar).
- Akan tampil hasil final luas persegi panjang.
- Selesai.
Baca Juga: Metode Pembelajaran
10. Flowchart untuk Memasak Mie Instan
Berikut ini merupakan acuan flowchart mengolah masakan mie instan.
Mulai -> Memasak air di panci hingga mendidih -> memasukkan mie kedalam panci -> menyiapkan mangkuk -> memasukan bumbu de dlm mangkuk -> tiriskan mie yg sudah direbus -> masukkan mie kedalam mangkuk & aduk hingga merata -> hidangkan -> selesai.
Algoritma dr flowchart memasak mie instan, mirip berikut :
- Yang pertama mesti dilakukan yaitu dgn membuka bungkus mie instan beserta bumbunya.
- Kemudian siapkan sebuah tempat makan yg sudah disiapkan, yakni mangkuk.
- Masukkan bumbu ke dlm kawasan yg sebelumnya sudah disiapkan.
- Masak air & panaskan air sampai betul-betul mendidih.
- Masukkan mie ke dlm panci yg berisi air mendidih.
- Tiriskan Mie & campurkan bareng bumbu yg ada di dlm mangkuk.
- Aduk hingga merata.
- Selesai.
11. Flowchart Berangkat ke Sekolah
Kemudian untuk yg terakhir, terdapat pola flowchart berangkat ke sekolah dengan-cara lazim, mirip berikut.
- Mulai -> Bangun Tidur -> Mandi -> Sarapan -> Pergi ke Sekolah -> Perjalanan (Naik angkot/ kendaraan pribadi) -> Sampai di Sekolah -> Selesai.
- Berikut adalah algoritma dr flowchart berangkat sekolah.
- Pertama-tama yakni bangkit tidur.
- Kemudian yg dilakukan adalah mandi pagi.
- Lalu sesudah mandi yaitu sarapan pagi.
- Selanjutnya siap-siap untuk pergi ke sekolah.
- Dalam menuju ke sekolah terdapat dua pilihan, yaitu naik angkot atau kendaraan pribadi.
- Sampai di sekolah.
- Selesai.
Di atas merupakan beberapa teladan flowchart yg bisa dijadikan sebagai referensi atau pembelajaran dasar. Dalam membuat flowchart tak boleh sembarangan, alasannya ini merupakan salah satu pondasi yg sungguh penting dlm menciptakan aplikasi.
Meskipun dlm menciptakan flowchart tak ada hukum khusus, namun sebagai programmer atau developer mesti bisa membuat flowchart yg mudah dipahami. Sehingga, dlm pembuatan akan terasa lebih mudah & tak kebingungan dlm menyusun program.