close

10 Pertanyaan Pokok Perihal Internet Dan Intranet

10 Pertanyaan Pokok Tentang Internet Dan Intranet 
1. Apa dan Bagaimana Internet Itu ? Pengertian dan Sejarah Internet
Internet ialah jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial, hukum dan budaya. Secara fisik dianalogikan selaku jaring keuntungan-keuntungan (The Web) yang menyelimuti bola dunia dan berisikan titik-titik (node) yang saling berafiliasi. Node mampu berbentukkomputer, jaringan setempat atau peralatan komunikasi, sedangkan garis penghubung antar simpul disebut sebagai tulang punggung (backbone) yakni media komunikasi terestrial (kabel, serat optik, microwave, radio link) maupun satelit . Node terdiri dari sentra gosip dan database, perlengkapan komputer dan perangkat interkoneksi jaringan serta perlengkapan yang digunakan pengguna untuk mencari, menempatkan dan atau bertukar gosip di Internet. Menurut Lani Sidharta (1996) : walaupun secara fisik Internet ialah interkoneksi antar jaringan komputer namun secara biasa Internet mesti dipandang sebagai sumber daya berita. Isi Internet ialah isu, dapat dibayangkan sebagai suatu database atau perpustakaan multimedia yang sungguh besar dan lengkap. Bahkan Internet dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) alasannya adalah nyaris seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di Internet mirip bisnis, hiburan, olah raga, politik dan lain sebagainya. Drew Heywood (1996) mengambarkan : sejarah Internet bermula pada selesai dekade 60-an ketika United States Department of Defense (DoD) memerlukan kriteria gres untuk komunikasi Internetworking. Yaitu tolok ukur yang mampu menghubungkan segala jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi observasi dan ilmiah di universitas. Jaringan ini harus berpengaruh, aman dan tahan kerusakan sehingga bisa beroperasi didalam keadaan minimum akibat peristiwa atau perang. Tahun 1969 Advanced Research Project Agency (ARPA) dibuat tugasnya melakukan penelitian jaringan komputer mempergunakan teknologi packet switching. Jaringan pertama dibangun menghubungkan 4 kawasan yaitu : UCLA, UCSB, Utah dan SRI International. Hingga tahun 1972 jaringan ini sudah menghubungkan lebih dari 20 host dan disebut sebagai ARPANet. ARPANet lalu menjadi backbone Internetworking institusi pendidikan, observasi, industri dan kontraktor khususnya yang berkaitan dengan jaringan militer (MILNet). Tahun 1986 ARPANet mulai dikomersialkan dengan mengisolasikan jaringan militer. National Science Foundation (NFS) lalu membiayai pembongkaran backbone ARPANet menjadi backbone Internet komersial dan dikontrol oleh Advanced Network Service (ANS). Andrew S. Tanenbaum (1996) : andil besar dalam perwujudan Internet ialah tergabungnya jaringan regional seperti SPAN (jaringan fisika energi tinggi), BITNET (jaringan mainframe IBM), EARN (jaringan akademis Eropa dan digunakan pula di Eropa Timur) dan ditambah dengan sejumlah link transatlantik yang beroperasi pada 64 Kbps – 2 Mbps pada tahun 1988. Menurut Khoe Yao Tung (1997), jaringan penunjang Internet di seluruh dunia yakni :
  • Amerika didorong oleh NFS – ANSNet dan CO+RE (jaringan non profit terbatas) yang berafiliasi dengan Commercial Internet Exchange (CIX) serta Sprint (perusahaan telekomunikasi lazim) tahun 1990. Pengesahaan RUU NREN (National Research and Education Network) oleh Kongres Amerika pada Desember 1991. Ditambah 8 aliansi jaringan regional yang tergabung dalam The Corporation for Regional an Enterprise Networking (CoREN) adalah : BARRNet, CICNet, MIDNet, EARNet, NorthWestNet, MYSERNet, SURANet dan WestNet. CoREN berhubungan dengan perusahaan telekomunikasi komersial MCI.
  • Kanada dengan jaringan backbone nasional CA*Net
  • Australian Academic and Research Network (AARNET)
  • The Europe Backbone (EBONE) dan The European UNIX Network (EUNet) dan RIPE organisasi jaringan e-mail Eropa
  • Jepang memiliki Widely Integrated Distributed Environtment (WIDE), Today International Science Network (TISN), Japan Academic Interuniversity Network (JAIN) dan Japan UNIX Network (JUNET). Kebanyakan berafiliasi dengan jaringan telekomunikasi komersial AT&T perwakilan Jepang yang disebut dengan SPIN. Pelayanan lain yang bersifat internasional ialah InterCon International KK (IIKK) dan Internet Initiative Japan (IIJ) yang berasosiasi dengan WIDE untuk menyediakan jaringan Internet dikawasan Asia, termasuk jaringan observasi dan pendidikan untuk daerah Asia (disponsori oleh NEC, IIJ dan WIDE) yang disebut AI3 (Asia Internet Interconnection Initiative) yang menyebarkan teknologi satelit komunikasi Ku Band
  • Belakangan muncul ABONE (Asia Backbone) yang didirikan oleh konsorsium negara-negara di Asia mirip Jepang, Korea, Thailand, Malaysia, Singapura, Indonesia dan Hongkong. Interkoneksi dunia tersebut memakai jaringan serat optik antar benua berkapasitas + 45 Mbps. (T3 +) dan jaringan satelit telekomunikasi.
Protokol TCP / IP
Salah satu berita terpenting di Internet yakni penerapan Standar Komputasi Terbuka (Open Computing Standard). Karena Internetworking dan Internet mengintegrasikan semua sistem, jenis dan tipe komputer yang ada di dunia, maka harus ada tolok ukur yang menjamin komputer mampu saling mengatakan satu sama lain dalam bahasa yang serupa. Menurut Drew Heywood (1996) : kriteria bahasa komputer universal sudah dikembangkan semenjak 1969, berisikan serangkaian protokol komunikasi disebut Transfer Control Protocol yang bertugas menertibkan transmisi paket data, koreksi kesalahan dan kompresi data dan Internet Protocol yang bertugas sebagai pengenal (identifier) dan pengantar paket data ke alamat yang dituju. Protokol TCP / IP menyatukan bahasa dan instruksi banyak sekali komputer di dunia sehingga menjadi kriteria utama jaringan komputer. TCP / IP berkembang cepat dan kaya fasilitas alasannya adalah bersifat terbuka, bebas digunakan, ditambahkan kesanggupan baru oleh siapapun dan gratis alasannya adalah tidak dimiliki oleh siapapun. Menurut Khoe Yao Tung (1996), Drew Heywood (1996) dan Andrew S. Tanenbaum (1996) fungsi utama protokol TCP/IP yaitu :
  • File Transfer Protocol (FTP) yakni fasilitas transfer file antar computer
  • Surat elektronik (E-mail) atau akomodasi surat menyurat antar komputer yang terdiri atas Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) sebagai dasar komunikasi email, Multi Purpose Internet Mail Extensions (MIME) ialah standar format biner grafik, dan bunyi supaya mampu ditransmisikan lewat e-mail, Post Office Protocol (POP) ialah tata cara penerima e-mail, Network News Transfer Protocol (NNTP) fasilitas pertukaran berita, artikel dan diskusi melalui e-mail
  • Emulasi terminal jarak jauh (Telnet, Remote Login) yang memungkinkan sebuah\ komputer (client) untuk masuk dan menertibkan host yang terletak jauh darinya, misalnya pada network yang lain atau di Internet
  • Simple Network Management Protocol (SMNP) yakni protokol pengendalian perlengkapan network jarak jauh. Drew Heywood (1996) menyebutkan : fungsi utama itu masih dibarengi dengan akomodasi Domain Name System (DNS) yaitu metode penamaan dan pengalamatan suatu network menurut kelompoknya.
Sedang Andrew S. Tanenbaum (1996) memberi pemahaman fungsi secara singkat : aplikasi TCP / IP menciptakan 4 kemudahan penting E-mail, News, Remote Login dan Transfer File. Semula penampilan Internet masih berupa teks murni, revolusi terjadi ketika WEB atau World Wide Web (WWW – performa grafis dan multimedia di Internet) diperkenalkan.
WEB dan HTML
Menurut Sampurna (1996) : WEB yaitu sekelompok arahan berbasis teks yang sederhana dan universal, disebut Hypertext Markup Language (HTML). Karena berbasis teks, HTML dikenali dan diterjemahkan segala jenis komputer dalam bentuk tampilan isu yang serupa. HTML yaitu kreasi Tim Berners Lee, ilmuwan European Laboratory for Particle Physics (CERN – organisasi observasi 18 negara Eropa) di Geneva Swiss. Maret 1989 Tim memperkenalkan WEB dan HTML sebagai kriteria antar paras distribusi informasi di Internet yang mampu menggabungkan teks, grafik dan multimedia dengan sistem navigasi menu pada mesin UNIX. HTML ialah bahasa aba-aba pemrograman yang menjadi dasar bagi terwujudnya WEB. Dengan HTML seluruh metode komputer yang saling berbeda mampu mengenali format2 yang ditampilkan dalam situs2 Internet tanpa perbedaan yang bermakna, tergolong didalamnya penampilan multimedia (grafik, suara dan citra video). HTML berbasis teks yang sungguh sederhana dan mudah sehingga dapat dipahami oleh berbagai jenis komputer dalam platform tata cara yang berlainan. Dokumen HTML mengandung perintah2 teks yang disebut tag untuk menampilkan goresan pena, gambar, warna, suara, video, animasi dsb. serta link yang menghubungkan berbagai topik. Dengan bentuk hypertext maka halaman Internet (Web Site – Kios Internet) akan dapat dibangun dengan cepat serta ditampilkan dengan manis. Dalam konsep hypertext ini pembacaan suatu dokumen tidak harus urut tetapi mampu meloncat antar topik bahkan di print maupun dicopy ke media penyimpan lokal (harddisk contohnya). Format hypertext juga memungkinkan pemakai mesin yang cuma bisa mengetahui teks untuk mengakses dokumen dalam bentuk teks saja. Perbedaannya cuma terletak pada tidak ditampilkannya gambar, grafik, animasi, video, bunyi dan warna.
Browser WEB
Atas derma National Center for Supercomputing Applications (NCSA), Mei 1993 kriteria ini diwujudkan dalam bentuk software yang disebut MOSAIC. MOSAIC adalah browser pertama WEB dan diaplikasikan multiplatform UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh. Browser adalah acara penterjemah HTML menjadi performa WEB (teks, grafis dan multimedia) di layar komputer pemakai. Kreator MOSAIC yakni Mark Andreesen, pada tahun 1994 bergabung dengan Jim Clark ialah salah seorang pendiri Silicon Graphics. Mereka kemudian menciptakan browser WEB komersial pertama ialah Netscape Navigator yang dengan secepatnya memindah popularitas MOSAIC. Hingga saat ini Netscape yaitu browser paling populer dan menjadi aktivis dibidangnya.
WEB, Internet dan Perkembangannya
Januari 1992 pengguna Internet membentuk The Internet Society yang mempromosikan Internet. Tahun 1994 CERN dan MIT membentuk World Wide Web Consortium (W3C) sebagai otorita tunggal bagi pengembangan WEB serta berwenang memutuskan banyak sekali persyaratan di dalamnya. Awal dekade 90-an, WEB site (pusat gosip berbasis HTML di Internet) hanya berjumlah sekitar 50 buah URL (Uniform Resource Locator – sistem pengalamatan kios info di Internet) dan cuma berisi teks saja. Menurut Andrew S. Tanenbaum (1996) : simpulan 1990 telah berkembang menjadi 3 ribu jaringan dan 200 ribu komputer. Tahun 1992 host kesatu juta terhubung ke Internet dan tahun 1995 terdapat puluhan backbone, ratusan jaringan menengah regional, puluhan ribu LAN, jutaan host dan pengguna. Pertumbuhannya mencapa dua kali lipat setiap tahun (data penelitian Paxton, 1996). Kini WEB yaitu antar tampang paling terkenal di Internet yang bisa menampilkan tidak cuma teks namun juga grafik (gambar, foto, animasi), bunyi, video dan dimensi virtual (3D). Diperkirakan pada simpulan 1998 sudah lebih dari 10 juta WEB site dibangun oleh institusi pendidikan, bisnis, pemerintahan, media massa, hiburan, militer dan sebagainya dengan pengguna lebih dari 100 juta.
2. Apakah yang dimaksud dengan Intranet ? Pengertian dan Keunggulan
Intranet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi Internet, diperkenalkan pada simpulan tahun 1995. Khoe Yao Tung (1997) menyampaikan : Intranet yakni LAN yang memakai tolok ukur komunikasi dan segala fasilitas Internet, diumpamakan berInternet dalam lingkungan lokal. Intranet biasanya juga terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran info dan data dengan jaringan Intranet lainnya (Internetworking) lewat backbone Internet. Kompatibilitas Intranet (sebagaimana Internet) sangat tinggi terhadap system yang lain sehingga mudah dipraktekkan, dipelajari, dikembangkan dan dikonfigurasi ulang. Dukungan aplikasi, acara dan tata cara operasi yang luas akhir dari popularitas Internet mengakibatkan Intranet selaku periode depan LAN. Keistimewaan akomodasi Intranet yang tidak terdapat pada jaringan lokal (LAN) konvensional adalah : Tampilan WEB (grafis, multimedia) pada sistem operasi, navigasi, aplikasi maupun databasenya. Fasilitas persyaratan Internet : surat elektronika (E-mail), transfer file (FTP), emulasi terminal jarak jauh (Telnet, Rlogin), pengendalian perlengkapan network jarak jauh (SMNP). Aplikasi Internet yang kaya seperti search engine, mailing list, newsgroup, archie, gopher, wais dan sebagainya. Script programming universal Common Gateway Interface (CGI), Perl, Visual Basic, C dan Java yang mendukung operasi database. Dukungan integrasi database dan kompatibilitas dengan perangkat lunak yang sudah ada seperti dengan Foxpro, SQL maupun Oracle. Teknologi LAN seperti administrasi database, metode terdistribusi, client server, sharing resource and peripheral tetap dipertahankan. Salah satu hal paling penting dalam Internet / Intranet yakni keselamatan jaringan (network security). Isu ini sensitif mengingat jaringan telekomunikasi komersial yang dipakai bersifat lazim (public service communication network) sehingga rentan penyusupan dan penyadapan jaringan serta pembajakan data. Sejumlah teknologi keselamatan mutakhir terus dikembangkan seperti firewall, enkripsi, encapsulated data packet, id recognition dan sebagainya, sehingga menjadi keunggulan tersendiri ketika diterapkan dalam Intranet. Berbeda dengan LAN yang menggunakan jaringan komunikasi terproteksi (VPN – virtual private network) sehingga keamanannya relative lebih tersadar sehingga cukup memakai teknologi enkripsi saja. Terminologi yang lebih berkembang dari Intranet yakni teknologi Extranet yang mempunyai pengertian suatu jaringan Intranet yang mampu diakses dari luar baik lewat VPN maupun media komunikasi lazim.
3. Apakah Internet Service Provider (ISP) Itu ?
Koneksi langsung ke Internet akan mengkonsumsi biaya yang sangat tinggi yang mustahil ditanggung oleh pengguna individual. Solusinya didirikanlah perusahaan penyuplaijasa yang membangun infrastruktur koneksi ke Internet (diluar metode telepon) dan kemudian membagi kapasitas yang dimilikinya kepada pelanggan. Dengan demikian ongkos koneksi akan menjadi ringan alasannya adalah ditanggung bareng oleh sejumlah konsumen melalui pendaftaran dan iuran (lazimnya berlangganan per bulan) kecuali biaya pulsa ditanggung sendiri oleh masing2 pengguna. ISP selain memperoleh laba dari pungutan iuran terhadap anggota, biasanya juga menjual jasa yang lain mirip layanan Virtual Private Networking (VPN – terusan WAN khusus intern perusahaan melalui Internet), koneksi dedicated (24 jam), pembuatan dan hosting (penempatan) situs Internet, konsultan jaringan komputer bahkan ada yang berdagang komputer. Sebagai organisasi komersial ISP haruslah berupa tubuh perjuangan yang sah menurut aturan yang berlaku. ISP juga mesti terdaftar dalam forum Internet internasional serta mempunyai alokasi IP address (alamat Internet) yang dikelola oleh Internet Address Network Authority (IANA) dan memiliki domain yang terdaftar dan diakui komunitas Internet. Di Indonesia ISP mempunyai wadah yang disebut dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Beberapa persyaratan lazim untuk mengenali kehandalan provider di Indonesia : Dari sisi konsumen perlu dimengerti berapa banyak data mampu dipindahkan antara 2 titik dalam 1 detik ? Ini adalah inspirasi dasar bagi tolok ukur laju transfer data yang dinyatakan dalam satuan Bit Per Second (detik) (Bps.). Semakin besar nilai Bps. maka kian cepat data dipertukarkan, satuan ini dibakukan selaku kriteria kecepatan modem. Umumnya ISP memakai modem 28.8, 33.6 atau 56 Kbps. walaupun kinerja jaringan telekomunikasi publik (telepon) masih berkisar antara 9.6 Kbps. hingga 28.8 (Kbps.). Kecuali mempergunakan terusan digital khusus ISDN yang masih mahal tarifnya. Pergunakanlah modem dengan kecepatan yang serupa atau lebih tinggi dari milik ISP karena kecepatan transmisi data biasanya mengikuti standar kecepatan paling rendah untuh menghindari kesalahan. Namun fasiltas teknologi kompresi data yang dimiliki modem umumnya mampu meningkatkan laju transfer data. Perhatikan pula rasio jumlah sambungan telepon yang dimiliki ISP dengan jumlah pelanggannya (normalnya maksimal 1 akses untuk 10 konsumen) Perhatikan Bandwidth yang dimiliki ISP. Bandwidth adalah lebar pita jalan masuk yang mampu dilewati data pada dikala yang sama, mampu dianalogikan dengan ‘berapa lebar jalan yang mau dilewati kendaraan beroda empat’. Bandwidth berkaitan dengan pertanyaaan ‘berapa banyak data ditransmisikan dalam satu akses pada satu dikala ?’. Semakin besar bandwidth yang dimiliki maka kian banyak data mampu ditransmisikan serta bertambah banyak orang dapat memakai jalan masuk yang serupa tanpa menyusut kecepatan aksesnya. Saat ini ISP di Indonesia yang terbesar bandwidthnya sekitar 3 Mb, makin kecil akan buruk kinerjanya dan ini berbanding lurus dengan jumlah pelanggan serta rata2 pemakaian saluran setiap dikala. Jumlah pelanggan yang melebihi rasio bandwidth dan terjadinya beban puncak mengakibatkan browsing menjadi lamban dan mungkin beberapa service yang bandwidth intensive akan mengalami kegagalan (FTP dan Chat contohnya) Apakah ISP anda mempunyai server proxy ? Proxy yakni server khusus yang bertugas sebagai cache bagi konsumen ISP. Server proxy yaitu sebuah indeks alamat2 (host) vaforit berikut isinya yang sering dikunjungi oleh masing2 pelanggan. Proxy berkhasiat selaku akselerator akses disaat jaringan (baik ISP maupun host tujuan) berada pada beban puncak (peak). Sekaligus meminimalkan bandwidth yang dimiliki ISP karena dengan tunjangan proxy server maka pengguna tidak perlu melaksanakan koneksi keluar untuk melihat isi host favoritnya Apakah ISP anda memiliki backbone sendiri ? Backbone yaitu akses koneksi utama yang menghubungkan jaringan ISP dan Internet. Kebanyakan ISP di Indonesia menyewa backbone dari pihak ketiga karena membangun backbone sendiri membutuhkan teknologi yang berat dan dana yang sungguh besar. Semula ISP memiliki (menyewa) backbone sendiri, namun kini 1 backbone bisa dipakai oleh banyak ISP alasannya krisis ekonomi (fluktuasi nilai tukar mata uang – tarif backbone dalam US$). Sebagai teladan 13 ISP nasional mesti membangun konsorsium dan menyewa backbone 2 Mbps milik TelkomNet, hasilnya kinerja masing2 rendah alasannya adalah mesti membuatkan pakai dengan pengguna backbone (ISP) lainnya. Padahal sebelumnya setiap ISP mempunyai backbone sendiri rata2 sekurang-kurangnyasebesar 512 Kbps hingga 3 Mbps Apakah setiap transaksi di Internet kondusif dari pembajakan, apakah ISP mempunyai prosedur pengaman ? Hampir setiap host di Internet menerapkan sistem Firewall yakni suatu cara verifikasi identitas menurut pengenalan instruksi tata cara yang masuk. Setiap pengguna mempunyai aba-aba tata cara yang khas baik itu alamat (IP address) node (titik dimana komputer terhubung), nama user, password, metode yang dipakai dan sebagainya masing2 secara unik. Firewall melakukan pekerjaan secara software dan hardware sekaligus sehingga memperkecil kemungkinan tata cara keamanan ini ditembus. Dengan firewall mampu dimengerti setiap koneksi yang tidak sah baik itu dari luar metode maupun dari dalam tata cara yang dimiliki ISP Mekanisme pengaman kedua di Internet ialah metode enkripsi dimana masukan data yang penting dan rahasia diubah dalam sebuah algoritma tersandi dengan kunci tertentu yang saling berlawanan satu sama lain di setiap transmisi dan transaksi koneksi. Dengan enkripsi maka kegiatan membeli di Internet menjadi aman karena setiap data yang dimasukkan (misalnya nomor kartu kredit) ditransmisikan dalam bentuk tidak dapat dimengerti oleh siapapun kecuali metode peserta. Sehingga meskipun data tersebut dibajak di tengah jalan, tetap tidak akan dapat dimengerti isinya kecuali si pembajak mampu membongkar kunci algoritma penyandinya. Kegiatan perusakan, pembajakan, penyadapan, penyusupan illegal dan cenderung negatif semacam inilah yang disebut Phreaking dan Cracking, pelakunya disebut Phreaker dan Cracker. Sedangkan yang dimaksud dengan Hacking pelakunya disebut Hacker ialah acara membangun, mengecek, membongkar kekurangan dan memperbaiki system komputer, termasuk didalamnya aktivitas Phreaking dan Cracking namun untuk tujuan mempelajari sebuah tata cara.
4. Peralatan Standar Apa yang Perlu Dimiliki ?
Internet dapat diakses siapapun lewat segala macam komputer seperti Mac, PC, Notebook, Palmtop, Mini komputer yang menjalankan tata cara UNIX, DOS, Windows, OS2 atau System Mac. Karena jenis komputer yang paling terkenal adalah PC dengan sistem Windows maka tumpuan ini menurut kriteria PC, sistem lain mengikuti patokan yang setara dengannya. CPU 486 16 Mb. plus Harddisk 1 Gb. dan modem 28.8 Kbps. telah cukup cukup memenuhi syarat minimal untuk menggunakan Internet secara lengkap. Perangkat yang lebih baik dan lengkap akan banyak menolong terutama dalam hal kecepatan proses. Processor sekelas Pentium generasi modern, RAM diatas 32 Mb., chipset teknologi terakhir , monitor layar lebar, multimedia dan modem 33.6 Kbps. – 56 Kbps yang mendukung banyak sekali patokan transmisi data serta koreksi kesalahan yakni pilihan terbaik.
5. Software Standar Apa yang Perlu ?
Umumnya pengguna di Indonesia familier dengan komputer jenis PC dengan perangkat lunak yang melakukan pekerjaan di platform DOS dan Windows. Sistem Operasi : MS Windows 3.x (+ Win32s), MS Windows 95, NT, IBM OS2, LINUX / UNIX. Browser : Internet Explorer 3.x, 4.x, Netscape Navigator 3.x, 4.x (Communicator) Utility lain : FTP, Telnet, Finger, IRC, Mail + News Reader dan sebagainya Anti Virus yang bisa melakukan pekerjaan menghalangi serangan dari Internet. Kalau terpikatmendalami HTML perlu ditambahkan lagi : Editor HTML : IE dan Netscape sudah memiliki editor HTML grafis yang WYSIWYG (seperti Front Page dan Composer), demikian juga yang dari pihak ketiga mirip Dreamweaver (Macromedia) dan PageMill (Adobe). Namun editor HTML konvensional mirip HTML Editor, HTML Writer, Hotdog maupun HoTMetaL tetap diperlukan untuk beberapa argumentasi Editor Grafis : Corel Suite, Adobe PhotoShop berikut plug in seperti filter KPT Animasi Grafis : GIF Construction Kit dari Alchemy Works, Macromedia Flash atau yang yang lain Image Map : Paint Shop Pro, Map Editor atau yang lainnya. Sistem FTP : Untuk transfer file ke host WEB antara lain FTP32 LE, FTP Explorer. Koleksi animasi GIF, gambar teksture dan background akan mempercepat menghiasdan membuat lebih mudah pekerjaan. Seluruh software ini bisa didapatkan dengan gampang di toko software dalam format CD. Harganya cukup terjangkau berkisar antara 15.000 – 60.000 rupiah. Pilihan kedua ialah download langsung dari web site / FTP server Internet software2 dimaksud. Beberapa ISP juga menawarkan fasilitas FTP setempat dimana user mampu mendownload program shareware dan freeware secara lebih singkat. Mintalah gosip ke ISP anda apakah memiliki koleksi software di atas. Pengertian Utility Lain Browser yakni software navigasi yang berfungsi sebagai penunjuk dan penuntun sekaligus memperlihatkan apa yang dijumpai di Internet bagi pengguna Finger adalah fasilitas pencari identitas suatu alamat di Internet Telnet yakni suatu kemudahan yang memungkinkan seseorang menghubungi dan memakai komputer yang berada di daerah lain (remote) melalui Internet FTP (File Transfer Protocol) ialah suatu protokol yang menjembatani pertukaran file antara dua sistem di Internet. Software yang populer adalah FTP32 LE IRC (Internet Relay Chat) terkenal disebut Chating yakni suatu media diskusi on line (langsung) atas topik tertentu diantara sekelompok pengguna Internet. Software yang bisa dipakai untuk acara ini misalnya MiRC32 Mail Client + News Reader yakni software pembaca mail dan news kalau anda memakai akomodasi e-mail, berlangganan majalah elektronik, mailing list dan usenet / news.
6. Bagaimana Setiap Sistem di Internet Dapat Saling Mengenali ?
Sistem di Internet dapat saling mengetahui berkat adanya aneka macam protokol transfer data dan tata cara pengalamatan yang unik untuk masing2 node dan berlainan satu sama lain. Macam2 protokol ini ialah : HTTP (Hypertext Transfer Protocol) yakni protokol utama WEB yang mengontrol sistem yang harus dipakai oleh Browser untuk mengambil dokumen WEB dalam format HTML. FTP (File Transfer Protocol) adalah protokol yang mengendalikan sistem transfer file dalam bentuk biner dan teks antara dua node Internet. Gopher yakni protokol yang dirancang untuk mengakses sistem gopher (sebuah server dengan metode menu) atau melalui Telnet Telnet ialah protokol untuk melaksanakan remote access melalui Internet antara 2 node yang terpisah jauh NNTP (Network News Transfer Protocol) ialah protokol yang mendistribusikan info di Usenet yang sering disebut sebagai News SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) adalah protokol untuk pengantaran e-mail POP (Post Office Protocol) adalah protokol untuk mendapatkan, mengenali dan menyimpan e-mail Dan sejumlah protokol lain yang bertambah sesuai perkembangan teknologi Internet. Seluruh protokol ini mampu mengenali lokasi sebuah info berkat adanya metode pengalamatan di Internet yang disebut URL (Universal Resource Locator). Formatnya ialah sebagai berikut : protokol_transfer://nama_host/path/nama_file contohnya : http://www.abiex-weblog.co.cc/index.html (http) protokol transfer yang dipakai, (www) memberikan host tersebut mendukung WEB, (mtv) yakni nama host yang dituju, (com) yakni nama top domain, (music) yaitu path yang dicari dan (index.html) ialah dokumen yang hendak ditampilkan oleh browser dalam format HTML. Selain itu tata cara pengenal dan penamaan di Internet mengikuti suatu standar pengkategorian yang disebut Domain Name System (DNS). Dengan DNS setiap nama di Internet mesti mengikuti kategori domain yang sudah diputuskan biar bias diketahui. Untuk mendapatkan domain name seseorang atau sebuah forum harus apalagi dulu mempunyai alokasi IP address dari IANA atau ISP, memiliki mesin / server DNS sendiri atau terdaftar di salah satu mesin DNS dan kemudian mendaftar ke lembaga pengurus akomodasi domain registration baik Internasional maupun setempat. Contoh klasifikasi domain yaitu : com (organisasi komersial), edu (pendidikan), gov (pemerintahan), org (organisasi biasa ), mil (militer). Semua ini ialah persyaratan top domain internasional yang mesti diregistrasikan ke sebuah lembaga yang disebut INTERNIC. Sedangkan masing2 negara punya forum pendaftaran domain dan punya alokasi top domain masing2 misalnya au (Australia), jp (Jepang), sg (Singapura), my (Malaysia) dst. Di Indonesia (id) registrasinya lewat IDNIC yang mengadakan akomodasi DNS untuk top domain co.id, or.id, go.id, mil.id, ac.id dan net.id Mengapa kita memerlukan DNS ? Dalam transmisi data ada istilah resolving address adalah suatu proses penerjemahan domain name dan URL ke alamat IP. Secara elektronika mesin berkomunikasi dan saling mengetahui lewat alamat node (IP address), sedangkan manusia sukar untuk menghapal alamat numerik (angka), lebih gampang mengenang dan menghapal identitas URL atau nama domain. Maka bila anda mengetikkan URL http://arema.cjb.net maka sesungguhnya komputer anda menanyakan alamat IP dari host dan domain tersebut ke mesin / server DNS. Selanjutnya DNS server akan melaksanakan resolving name dan address sehingga komputer anda mampu menelepon host yang dimaksud.
7. Bagaimana E-Mail dan Service Internet Lainnya Bekerja ?
E-mail. Sistem mail Internet melakukan pekerjaan sebagaimana kotak surat biasa, namun bedanya surat diantardalam bentuk dokumen dan didistribusikan secara elektronika sehingga disebut E-mail. Kelebihan e-mail yaitu kecepatan, jarak ribuan mil cuma akan ditempuh selama beberapa detik (nyaris saat itu juga) sedang dengan jasa pos mampu memakan waktu berminggu-ahad. Setiap kotak surat mempunyai pemilik (mampu individual, organisasi) dan alamat yang terang, unik dan berlainan satu sama lain sehingga bias dipakai sebagai penanda identitas. Format pengalamatan mail mengikuti patokan selaku berikut : identitas_pemilik@nama_host misalnya dna3dc@mlg.ywcn.or.id (dna3dc) menawarkan identitas pemilik alamat kotak surat (mail box), (@) memberikan bahwa format pengalamatan ini khusus untuk e-mail, (mlg) lokasi geografis host (Kota Malang), (ywcn) nama host, (or) menawarkan identitas domain host ywcn yaitu organisasi biasa , (id) identitas top domain host ialah berada di Negara Indonesia. Secara lazim format ini seperti URL dan tetap mengikuti kriteria DNS. Protokol yang memilih distribusi mail di Internet disebut Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) yang berbasis aba-aba ASCII. Format mail dalam arahan ASCII dipergunakan khusus untuk dokumen mail yang berupa teks. Untuk transfer dokumen mail dalam bentuk grafis dipakai format biner dan mempergunakan protocol khusus yang disebut Multipurpose Internet Mail Extension (MIME). Protokol yang dipakai untuk menerima mail disebut dengan Post Office protocol (POP). Protokol ini yang mendefinisikan bagaimana sebuah mail dalam banyak sekali bentuk (asal dalam format SMTP) diterjemahkan dan diterima oleh metode yang dimiliki user. Dengan kata lain SMTP adalah gerbang untuk mengantarmail dan sebaliknya POP yaitu gerbang untuk menerima mail. Usenet / News Di Internet ada suatu banyak kawasan yang menyediakan sebuah kalangan diskusi yang disebut Usenet. Di dalamnya ditampilkan aneka macam atikel yang disebut News dalam aneka macam topik dan klasifikasi yang disebut Newsgroup. Setiap pengguna Internet dapat mengikuti (berlangganan) diskusi di Usenet secara gratis. Peserta usenet dimungkinkan untuk membuka suatu topik gres maupun menutup / tidak mengikuti suatu group diskusi secara bebas sebab usenet tidak memiliki pengelola khusus. Untuk mengakses server usenet diperlukan sebuah software khusus yang disebut news reader. Setiap topik memiliki alamat khusus yang terdaftar di news server contohnya alt.culture.indonesia Mailing List (Milis) mirip dengan Usenet tetapi hanya membahas satu topik yang spesifik dan umumnya dikelola oleh sebuah institusi. Dengan berlangganan milis sesorang mampu mendapatkan berbagai isu, postingan dan diskusi melalui mail yang berkala dikirimkan oleh penyelenggara. Milis mempunyai sejumlah hukum yang disepakati bareng menyangkut sistem penulisan dan pengantaran serta isi bahan postingan / diskusi sedangkan di usenet hal hukum ini mungkin tidak berlaku. Berlangganan milis tidak dibutuhkan software khusus kecuali harus mempunyai alamat email sebab artikel2 eksklusif diantarke alamat e-mail.
SPAM
SPAM ialah aneka isu yang tidak berguna (sampah) yang diantarkan oleh berbagai pihak ke alamat e-mail anda. Umumnya SPAM berisi iklan komersial namun tak sedikit yang berisi humor, sumpah serapah, pornografi, usul dan pesan konyol serta banyak sekali informasi serius tetapi tak memiliki kekerabatan apapun dengan kepentingan dan minat anda di Internet. SPAM bisa pula terjadi akhir ulah serangan illegal seseorang yang disebut dengan mail bombing dimana pelaku mengirimkan surat dalam jumlah yang banyak atau berukuran besar dengan tujuan menyanggupi mailbox anda atau menciptakan macet mail server. SPAM timbul kalau kita kurang berhati2 dalam bertransaksi di Internet sehingga alamat mail kita dapat dimengerti oleh penyelenggara layanan iklan komersial. Salah satu cara untuk menyingkir dari SPAM ialah memasang suatu software yang bertindak sebagai filter atas mail yang masuk ke alamat anda. ISP biasanya menawarkan kemudahan ini dan tidak sembarangan menggunakan alamat e-mail sebagai identitas. Service Layanan di Internet biasa disebut selaku service, secara fisik dilaksanakan oleh mesin yang disebut server atau disebut juga selaku host melalui perantaraan protokol. Suatu server identik namanya dengan service dan protokol yang dilaksanakan. Misalnya WEB Server, service disebut WEB dan protokolnya disebut http, FTP Server servicenya disebut FTP dan protokolnya disebut ftp. Demikian juga yang yang lain. Karena nama host, sebutan service dan protokol acap kali sama / serupa maka mesti dicemati dalam konteks apa perumpamaan tersebut dipakai.
8. Search Engine
Internet yaitu rimba belantara informasi, siapapun bisa kesasar didalamnya. Sering pengguna intenet tidak menyadari bahwa dirinya berada dalam suatu kawasan yang memperlihatkan manfaat atau tidak menemukan apa yang dicarinya sesuai dengan minat dan tujuan berInternet. Masalah ini timbul balasan ketidaktahuan, “hendak ke mana ?” yaitu pertanyaan yang umum. Dalam masalah ini Search Engine bisa menjadi penyelesaian yang tepat. Sebuah search engine yaitu host yang berisi koleksi daftar alamat Internet yang sudah ditata sedemikian rupa menurut indeks dan kategori topik tertentu. Pemakai layanan ini dapat mencari alamat, topik dan info yang diinginkannya di seluruh Internet cuma dalam waktu beberapa dikala saja. Syaratnya hanya mengisikan suatu atau beberapa kata, frasa maupun kalimat kunci (keyword) mengenai gosip yang dicarinya tersebut. Hal ini dimungkinkan sebab search engine mempunyai features atau fasilitas pencarian menurut kesesuaian keyword yang dimasukkan terhadap data base yang dimilikinya baik itu sesuai seluruhnya, sebagian maupun tidak cocok. Features ini dapat berperan berkat adanya operator logika dalam tata cara digital yang berupa pemisahan patokan atas batasan “dan” “atau” “sama dengan” “tidak sama dengan” serta “benar” “salah”. Penentuan sikap dan tujuan sebelum melakukan koneksi Internet adalah persyaratan perilaku yang mesti selalu dikenang. Kebijaksanaan akan mencegah anda kesasar atau membuang sumber daya (waktu, tenaga, duit, pulsa) secara percuma atau untuk hal2 yang kurang berfaedah. Tentukan apalagi dahulu tujuan anda berInternet, cari gosip dari sahabat, buku, majalah atau media lain di mana alamat yang berafiliasi, fokuskan pencarian pada topik dan berita yang anda harapkan dan eprgunakan search engine untuk memaksimalkan pencarian.
9. Apakah Internet Mendukung Multimedia, Game, Hiburan Serta Aktifitas Lainnya ?
Dengan kemajuan yang diraih oleh WEB kini bertambah banyak ragam informasi yang dapat ditampilkan di Internet. Jutaan kios yang mendukung multimedia (grafis, animasi, video, film, suara, imbas 3D dsb.) timbul dalam berbagai tujuan dan visi. Bahkan kini dengan software tertentu PC anda bisa dijadikan video phone ke tujuan manapun dengan pulsa lokal ! Dengan teknologi tele conference desain aktivitas pendidikan jarak jauh mampu diwujudkan. Demikian juga game baik yang on line maupun yang mesti dibeli, shareware dan freeware telah menjadi bagian dari kekayaan Internet. Dunia hiburan lainnya seperti musik, film, televisi, majalah, koran, tabloid, teater juga telah berada di Internet. Anda mampu menerima klip2 video yang anda senangi dalam bentuk MPEG yang dengan gampang mampu di download secara gratis. Informasi mengenai artis, informasi dan pernik2 selebritis lainnya tersedia melimpah. Banyak fans club yang membuka kios Internet dengan bermacam-macam gosip yang tidak terdapat dalam situs resmi. Dunia hiburan ialah daya tarik yang lain bagi Internet alasannya kekayaannya. Media massa yaitu keunggulan lainnya. Koran on line akan mendatangkan berita terkini dihadapan anda lebih singkat dibandingkan dengan loper koran. Belum lagi alternatif sumber gosip dapat anda kunjungi satu per satu tanpa harus membayar langganan serta menumpuk koran / majalah bekas yang berdebu di sudut rumah. Bilamana diperlukan hard copy cukup mencetaknya ke printer atau mengkopi ke disket. Informasi menjelajah dunia dalam orde detik, peristiwa reformasi di Indonesia berkat Internet mampu disertai setiap menit dari ujung penggalan dunia. Ketersediaan dan keragaman isu di Internet juga susah ditandingi media yang lain. Berbagai database, katalog, buku, ensiklopedia, perpustakaan dsb. tersedia gratis, lengkap dan cepat dalam bentuk tulisan maupun multimedia. Kemudian aneka macam komoditas dan peluang bisnis on line diperjualbelikan di Internet sehingga orang dapat membeli dan berupaya di Internet. Kegiatan bisnis di Internet ini sering disebut selaku e-commerce. Dewasa ini sebagian besar perusahaan multinasional terkena demam untuk menampilkan web sitenya di Internet. Mereka sadar bahwa Internet adalah pasar dan sumber bisnis yang sangat memiliki peluang.
10. Apakah Java, CGI dan ASP Itu ?
Kendala terbesar bagi sebuah jaringan komputer besar multiplatform mirip Internet ialah diperlukannya suatu standar yang memungkinkan seluruh sistem tersebut bekerja sama. Berbagai protokol komunikasi telah diluncurkan untuk menjembatani perbedaan ini tetapi bagaimana dengan bahasa pemrograman untuk membangun software2 di dalam sistem yang satu sama lain berlainan tersebut ?
Java
Di Internet terutama WEB dongeng berhasil HTML telah banyak menunjukkan tanggapan terhadap persoalan ini. Namun HTML bukanlah bahasa yang kompleks dan mampu menanggulangi masalah2 besar seperti data base. Pada kala permulaan Internet bahasa C menjadi andalan banyak orang dengan asumsi bahwa Internet terutama dibangun berdasarkan infrastruktur UNIX sedang C yakni bahasa ibu bagi UNIX. Namun Internet berkembang lebih jauh dan cepat dan bahasa C menjadi bermasalah alasannya terlalu kompleks dan terlampau banyak pembiasaan yang harus dilaksanakan untuk menerapkan C ke dalam aplikasi Internet. Awal 1995 SUN Microsystems memperkenalkan suatu adaptasi dan penyederhanaan atas bahasa C kriteria yang disebut Java. Bahasa Java ini dengan cepat menjadi sangat populer alasannya sukses diimplementasikan secara praktis sebagai sebuah script ke dalam HTML. Dewasa ini Java telah diakui selaku bahasa pemrograman standar di Internet dan terus dikembangkan oleh berbagai konsorsium (selain oleh SUN sendiri) guna memperbaiki kompatibilitas, fleksibelitas dan kecepatannya. Belakangan Java juga dikembangkan untuk aplikasi lazim yang kompleks sebagaimana bahasa pemrograman lainnya dan bukan hanya untuk Internet. Java berbentuk script di dalam HTML dan dikenal dengan ungkapan Client Side Processing dimana proses eksekusi program dilaksanakan di komputer pengguna. Karena versi tersebut maka Java Script memiliki kelemahan dalam hal kecepatan proses. Namun sebaliknya Java Script memiliki kelebihan tidak tergantung kepada fasilitas yang disediakan server.
CGI
Pemrograman lainnya di dalam aplikasi Internet menggunakan Common Gateway Interface (CGI) script. Banyak bahasa pemrograman komputer populer yang mendukung CGI diantara lain C, Perl, Visual Basic dst. Sebagian memang dikhususkan untuk aplikasi CGI pada mesin, server, dan software tertentu misalnya Cold Fusion, PolyForm, ASP, PHP maupun FrontPage Extension. CGI menggunakan versi Server Side Processing dimana proses hukuman program dikerjakan dengan kemudahan server, pengguna tinggal menerima jadinya. CGI bisa menghasilkan aplikasi yang sangat kompleks sehingga mampu menggantikan program2 LAN konvensional apabila diaplikasikan dalam Intranet. CGI juga sungguh mudah diintegrasikan ke dalam model dan struktur aplikasi database, security, enkripsi dan otentikasi sehingga dengan cepat menjadi persyaratan utama teknologi WEB / HTML khususnya di bidang ecommerce. 
Dynamic HTML
Kemampuan terbaru dari HTML ialah adonan beberapa script dalam HTML yang halaman tampilan bersifat dinamik, cerdas dan bisa berganti otomatis sesuai kehendak hadirin. Halaman ini bisa pula memperlihatkan hal2 tertentu atau pop up windows yang terpisah secara otomatis walaupun tanpa diminta setiap kali pengunjung membuka halaman tersebut. Halaman tersebut juga mampu melaksanakan hal2 tertentu yang tersembunyi mirip mengantarkan cookies atau mendeteksi informasi2 dalam komputer hadirin. Ide dasarnya adalah sebuah halaman web yang pintar namun sederhana dengan mempergunakan teknologi server dan script sekaligus. Setiap perusahaan memiliki sendiri patokan DHTML ini, Microsoft misalnya menerapkan teknologi Active Server Pages (ASP) yang berjalan di platform server Windows NT based dengan menggunakan software Internet Information Server (IIS) serta memakai fasilitas script FrontPage Extension serta Active X.