wargamasyarakat.org, Salam Haneut! Wawacan yakni dongeng panjang yg didangding (ditembangkan), & ditulis dlm bentuk pupuh. Suasana cerita dlm wawacan itu berlainan-beda, berupa lalakon (lakon), jenis pupuhnya pun banyak & gonta ganti.
Pada postingan sebelumnya telah dijelaskan mengenai pengertian wawacan, ciri-ciri, & bedanya dgn guguritan. Bagi yg belum membacanya, silakan baca Pengertian Wawacan dlm Sastra Sunda.
Wawacan dipengaruhi oleh sastra Jawa, masuk ke dlm sastra Sunda sekitar abad ke-19 tatkala tatar Sunda dikuasai Mataram (Islam).
Dafar Isi
- 1 Tahap Pertumbuhan Wawacan di Tatar Sunda
- 2 Struktur Wawacan
- 3 Kesimpulan
Daftar Isi
Tahap Pertumbuhan Wawacan di Tatar Sunda
Tumbuhnya wawacan di Sunda lewat beberapa tahap, antara lain:
-
- Tahap pertama, naskah lakon dongeng wawacan dr sastra Jawa eksklusif disalin, tak diterjemahkan ke dlm bahasa Sunda.
-
- Tahap kedua, sudah mulai ada upaya menterjemahkan ke dlm bahasa Sunda agar isinya dapat dipahami oleh masyarakat Sunda.
-
- Tahap ketiga, membuat kisah-dongeng yg telah ada sejak zaman dahulu. Seperti dr dongeng, hikayat, & babad.
-
- Tahap keempat, naskah-naskah dicetak & diterbitkan menjadi buku.
Struktur Wawacan
Karya sastra wawacan lazimnya mempunyai unsur struktur yg telah tetap.
1. Manggalasastra (alofon)
Manggalasastra atau alofon mampu dibilang sebagai pembuka. Isinya adalah sanduk-sanduk papalaku (minta izin) pada Yang Maha Kuasa & ke karuhun. Selain berisi sanduk-sanduk, manggalasastra pula berisi seruan maaf atas kekurangan/kehabisan penulis atau penyusun wawacan.
Contoh Manggalasastra atau Alofon (Wawacan Rengganis):
Kasmaran kaula muji,
Ka Gusti Ajawajala,
Nu murah ka mahluk kabéh,
Jeung muji utusanana,
Kangjeng Nabi Muhammad,
Nyaéta Nabi panutup,
Miwah muji sahabatna
2. Eusi
Eusi atau isi yaitu dongeng dr wawacan itu sendiri. Silakan amati misalnya pada kepingan wawacan Panji Wulung yg menggunakan jenis pupuh Kinanti di bawah ini.
Laju lampah Panji Wulung,
diiring ku Jayapati,
Ki Jenggali Ki Jenggala,
jeung baturna Jayapati,
ngaran Ki Kebo Manggara,
kalima Kebo Rarangin
3. Kolofon (panutup)
Kolofon atau epilog berada pada akhir dongeng. Isi kolofon yakni titimangsa ditulis atau disalinnya wawacan tersebut, permintaan maaf penulis atas segala kekurangannya. Biasanya penulis wawacan suka merendah (rendah hati).
Contoh Kolofon dr Wawacan Panji Wulung:
Tamatna kaula ngarang
Pukul tujuh malem Kemis
Di tanggal tujuh welasna
Kaleresan bulan April
Taun Kangjeng Maséhi,
Saréwu dalapan ratus
Jeung genep puluh dua
Marengan hijahna Nabi
Saréwu dua ratus tujuh puluh dalapan
Jika kolofon di atas diterjemahkan ke dlm bahasa Indonesia, artinya kurang lebih seperti ini:
Tamatnya simkuringmengarang
Pukul tujuh (19.00) malam Kamis
Pada tanggal tujuh belasnya
Kebetulan bulan April
Tahun Masehi
Seribu delapan ratus
Dan enam puluh dua
Bersamaan dgn hirahnya Nabi
Seribu dua ratus tujuh puluh dalapan
Kesimpulan
Berikut ini tabel struktur wawacan beserta isinya.
Manggalasastra (Alofon) | Sanduk-sanduk kanu Maha Kawasa jeung ka karuhun (minta izin) |
Menta pangampura tina kahengkerean anu nulis/nyusun wawacan (minta maaf) | |
Eusi | Isi cerita |
Penutup (Kolofon) | Titimangsa (daerah, tanggal penulisan/disalinnya) |
Permintaan maaf penulis |
Demikianlah, gampang-mudahan berfaedah.