Daftar Isi
Definisi Mahasiswa
Pengertian Mahasiswa Menurut Hartaji adalah merupakan seseorang yg sedang dlm proses menuntut ilmu ataupun berguru & terdaftar sedang menjalani pendidikan pada salah satu perguruan tinggi yg terdiri dr akademik, politeknik, sekolah tinggi, institut & universita.
Menurut Siswoyo pengertian mahasiswa ialah individu yg sedang menuntut ilmu ditingkat perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta atau forum lain yg setingkat dgn perguruan tinggi. Mahasiswa dinilai memiliki tingkat intelektualitas yg tinggi, kecerdasan dlm berpikir & kerencanaan dlm bertindak. Berpikir kritis & bertindak dgn cepat & sempurna merupakan sifat yg condong menempel pada diri setiap mahasiswa, yg merupakan prinsip yg saling melengkapi.
Sedangkan Menurut Susantoro mahasiswa adalah merupakan kalangan muda yg berumur antara 19 sampai 28 tahun yg memang dlm usia tersebut mengalami suatu peralihan dr tahap remaja ke tahap sampaumur.
Karakteristik mahasiswa
Karakteristik mahasiswa dengan-cara umum yaitu stabilitas dlm kepribadian yg mulai meningkat, karena berkurangnya gejolak-gejolak yg ada didalam perasaan. Mereka cenderung memantapkan & berpikir dgn matang kepada sesuatu yg akan diraihnya, sehingga mereka mempunyai pandangan yg realistik tentang diri sendiri & lingkungannya. Selain itu, para mahasiswa akan condong lebih dekat dgn sobat sebaya untuk saling bertukar asumsi & saling menawarkan pinjaman, sebab mampu kita ketahui bahwa sebagian besar mahasiswa berada jauh dr orang renta maupun keluarga. Karakteristik mahasiswa yg paling menonjol ialah mereka berdikari, & memiliki prakiraan di masa depan, baik dlm hal karir maupun kekerabatan percintaan. Mereka akan memperdalam keahlian dibidangnya masing-masing untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja yg memerlukan mental tinggi.
Sedangkan karakteristik mahasiswa yg mengikuti perkembangan teknologi ialah memiliki rasa ingin tahu kepada perkembangan teknologi. Mereka cenderung untuk mencari bahkan membuat inovasi-penemuan modern di bidang teknologi. Mahasiswa menjadi gampang terpengaruh dgn apa yg sering marak pada dikala itu, misalnya game online. Mereka niscaya akan mengikuti atau setidaknya cuma menjajal untuk mengetahuinya.
.