√ Air Terjun Banyunibo

Salah satu wisata riam di jogja yaitu penderasan banyunibo yg terletak di kawasan Kabrokan Kulon, Kelurahan Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Air terjun banyunibo biasa pula disebut selaku Curug Banyunibo, diambil dr istilah bahasa Jawa yg jika dlm bahasa Indonesia berarti air yg terjatuh.

Gambar. Air terjun Banyunibo merupakan salah satu objek wisata Jogja yg menonjolkan aspek lingkungan hijau (Foto: Siswapedia)

Demografi Air Terjun

Air terjun ini bekerjsama bukanlah gerojokan melainkan air sungai yg menuruni lereng curam dgn sudut kemiringan lereng sekitar 70 derajat dr permukaan tanah datar.

Keadaan ini berlawanan dgn penderasan yg airnya menuruni lereng dgn sudut sekitar 90 derajat sehingga air akan menggeluti , sedangkan di Banyunibo, airnya tak terjun melainkan menuruni atau mengaliri lereng.

Gambar. Puncak air terjun Banyunibo (Foto: Siswapedia)

Pengunjung mampu naik ke bagian atas riam dgn cara melalui jalan setapak yg terdapat di segi kanan & kiri tebing curam.

Panorama yg tersaji berbentukair sungai yg seakan-akan mengalir di atas undak-undakan tangga. Hal ini dikarenakan dasar sungainya seperti undak-undakan tangga yg terbentuk dengan-cara alami (Baca juga: Air terjun grojogan sewu).

Gambar. Air sungai menuruni tebing yg permukaannya mirip undak-undakan tangga (Foto: Siswapedia)

Di objek wisata Jogja yg satu ini berada di perkampungan penduduk yg dikelilingi oleh perkebunan-perkebunan mirip tumbuhan pohon jambu air (Syzygium Aqueum), pohon palema kipas (Livistona Chinensis), tumbuhan salak & tumbuhan lainnya.

Selain itu kemudahan biasa yg sudah tersedia antara lain toilet, tempat parkir & warung yg menjajakan aneka masakan & minuman ringan. Selebihnya kemudahan yang lain mirip masjid dapat menumpang di masjid milik kampung.

Sedangkan tiket masuk pertanda tanggal 19 Mei 2015 masih belum diberlakukan. Para pengunjung hanya akan dibebani ongkos parkir sebesar Rp 2000,-/motor.

√ Pantai Siung Gunung Kidul

Gambar. Grojogan mini di teladas Banyunibo (Foto: Siswapedia)

Sama mirip halnya di objek wisata kebanyakan, di Banyunibo pula terdapat sejumlah peraturan yg mengikat seluruh hadirin, yakni:

1. Dilarang membuang sampah sembarang pilih.
  2. Dilarang menenteng obat-obatan terlarang & minuman keras.
  3. Dilarang menjinjing senjata api & senjata tajam.
  4. Dilarang berbicara kotor di kawasan objek wisata Curug Banyunibo.
  5. Dilarang berbuat hal-hal yg melanggar aturan & norma yg berlaku di penduduk .
  6. Batas jam kunjung Curug Banyunibo adalah pukul 17.00 WIB.

Denah lokasi Objek Wisata Jogja Air Terjun Banyunibo

Lokasi objek wisata ini berdekatan dgn Goa Selarong & Curug Pulosari, jika dilalui dgn sepeda motor cuma menempuh waktu kurang lebih sepuluh menit. Denahnya bisa dilihat di bawah ini.

Gambar. Denah lokasi objek wisata air terjun Banyunibo

Jika Anda berasal dr arah Jogja, silahkan melewati jalan Bantul & jalan lurus ke selatan hingga memperoleh Masjid Agung Bantul.

Kemudian jalan ke arah barat sampai kemudian mendapati tikungan tajam sehingga arah kendaraan Anda berubah menuju ke arah selatan.

Nah, di perempatan pertama, ambilah jalan ke arah barat sampai melewati jembatan & tiba di suatu pertigaan.

Jika mengambil arah ke utara, maka akan menuju ke Goa Selarong. Nah, disini kita ambil arah ke selatan sampai melalui LP atau forum pemasyarakatan Pajangan.

Kemudian jalan terus ke barat dgn keadaan jalan menanjak tetapi sudah beraspal halus. Jalanlah terus hingga kemudian terdapat tikungan ke barat daya & arah barat.

Tetaplah ambil arah ke barat dgn kondisi jalanan tak beraspal, bertanah & berbatu. Ikuti jalan desa ini hingga menemukan papan isyarat arah menuju Air Terjun Banyunibo.

Jika ditotal, maka jarak dr Kota Yogyakarta sekitar 20 kilometer dgn waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan (Baca juga: Goa Cemara).