close

Yuks…. Baca 7 Ayat Ihwal Jodoh Dalam Islam Berikut Ini

Berbicara ihwal jodoh pasti setiap orang ingin mengenali siapa jodoh mereka. Jodoh dalam Islam merupakan rahasia Allah Ta’ala karena itulah insan sungguh memerlukan tunjangan semoga mendapatkan jodoh dunia sampai akhirat.
Nah… berikut ini 7 ayat yang menjelaskan perihal jodoh :

1. Al-Qur’an Surah Ar Rum Ayat 21

“Dan diantara gejala (kebesaran)-Nya yakni Dia membuat untukmu pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kau condong dan merasa tentram kepadanya, dan Dia menyebabkan diantaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.”

Nah, bila kalian berjodoh maka akan muncul rasa kasih dan sayang untuk selamanya.  Bukankah kita semua tahu bahwa jodoh itu tidak hadir dengan sendirinya, nah ada yang memperoleh diusia muda, ada yang justru sebaliknya.

Ketahuilah bahwa Allah Ta’ala menertibkan agar demikian alasannya adalah KuasaNya, dari kasih sayang yang diturunkan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, itulah mengapa sudah seharusnya kita selalu berikhtiar dan berharap hanya terhadap Allah Ta’ala.

2. Al-Qur’an Surah Az Zariyat Ayat 49

“Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan semoga kau mengenang (kebesaran Allah)”.

Jodoh merupakan sebuah anugrah. Takdir kita ihwal jodoh telah di tentukan Allah Ta’ala dengan orang yang sempurna dan itulah yang terbaik bagi setiap hambaNya.

3.  Al-Qur’an Surah An-Nur Ayat 32

“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kau, dan juga orang-orang yang pantas (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan terhadap mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui.”

Jangan takut atau merasa bahwa cemas ketika menerima pasangan yang masih berjuang untuk mapan, sebab Allah akan menghadirkan jodoh serentak dengan rejeki-Nya yang Mahaluas.

4. Al-Qur’an Surah Al-Anbiya Ayat 89

“Dan (camkan cerita) Zakaria, ketika beliau berdoa kepada Tuhannya. “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan), dan Engkaulah ahli waris yang  terbaik”.

Sobat, Doa ini ialah salah satu doa yang ada dalam Al-Qur’an supaya kita cuma berharap kepada Allah Ta’ala untuk mendapatka jodoh yang terbaik, karena jodoh akan menetralisir seseorang dari rasa bingung gulana alias kesendirian dan kesepian, serta kelak memperlihatkan keturunan sebagai komplemen dan juga amanah dari Allah Ta’ala.

5. Al-Alquran Surah An-Najm Ayat 45

“Dan sesungguhnya Dialah yang menciptakan pasangan pria dan wanita”.

Sobat, jodoh telah diciptakan dan dijamin keberadaanna oleh Allah Ta’ala, tentu Allah Ta’ala membuat jodoh alasannya adalah kasih sayang Allah untuk hambaNya, sudah seharusnya sebagai seorang muslim tak perlu khawatir tentang jodoh selama menjadi hambaNya yang bertaqwa, melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Nya.

6. Al-Qur’an Surah An-Nisa Ayat 1

“Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu yang sudah membuat kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri) nya; dan dari keduanya Allah memperkembang biakan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kau saling meminta, dan (peliharalah) korelasi kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.”

Setiap pria tentu mempunyai tulang rusuknya masing-masing, tujuannya bahwa Allah membuat pria maupun perempuan berpasang-pasangan. Maka, jika jodoh atau pasangan kita belum tiba menjemput maka akan ada waktu yang tepat yang Allah ridhoi untuk kita. 

7. Al-Qur’an Surah Yasin Ayat 36

  Apa Saja Sih Hal-Hal Yang Mesti Dikerjakan Di Usia 20An ??

“Mahasuci Allah yang sudah membuat semuanya berpasangan-pasangan, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi, dan dari diri mereka sendiri, maupun dari apa yang tidak mereka pahami”.

Sobat jikalau kalian belum mendapatkan jodoh maka, janganlah terlalu bersedih hendaklah memperbaiki diri dan berikhtiar agar Allah Ta’ala datangkan jodoh kita segera pada waktu yang terbaik. 
Semoga berguna.. Wallahu a’lam..

Sumber bacaan :

 Azalia (Al-Qur’an dan terjemah)

postingan dalamislam.com