close

Wajib Tahu Nih “Desain Taktik Berguru Mengajar” Bagi Sobat Yang Jadi Guru..

Sobat.. bagi kalian yang pengen atau yang telah jadi guru ada beberapa hal yang wajib kita ketahui bareng mengenai seni manajemen mencar ilmu mengajar yang baik.
Belajar dari apa yang aku alami eksklusif, berbagai karakter anak didik,  harapan mereka berguru, motivasi mereka berbeda-beda.. ini ialah tantangan paling besar bagi seorang guru dalam menyajikan bahan jauh sebelum masuk dalam kelas.
Saya sering menyelenggarakan sesi curhat untuk mereka, bahwa ada beberapa proses belajar yang membosankan atau muncul rasa takut ingin menanyakan apa yang mereka tidak ketahui atau masih resah. Hal hasil ini menjadi cambuk langsung bagi aku juga.
Aduuuh… kelamaan curhat yaah… ehhehehe…  mari kita lanjut..
Nah.. Bagaimanakah seni manajemen berguru mengajar yang bagus itu?
Menurut irit aku  : Strategi adalah planning tuk bertindak dalam usaha meraih target yang menjadi target yang telah kita pastikan atau inginkan.
Pengertian strategi dari buku yang saya baca : seni manajemen mempunyai pemahaman suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam perjuangan meraih target yang sudah ditentukan. 
Jadi, ketika dihubungkan dengan mencar ilmu mengajar, seni manajemen diartikan sebagai teladan-contoh umum kegiatan guru anak didik dalam perwujudan acara mencar ilmu mengajar untuk mencapai tujuan yan sudah digariskan.
Dari buku yang sudah aku baca ada 4 (empat) duduk perkara pokok yang mengharuskan kita untuk memahaminya adalah :

1.    Sasaran

Sasaran yang dimaksud yaitu rumusan tujuan sebelum kita mengajar.

Nah… ini ihwal bagaimana cara kita mengetahui tingkah laku sebagai hasil dari mencar ilmu mengajar kita. Hal ini sangat berkaitan dengan kepribadian dari masing-masing anak asuh supaya sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

  Korea Selatan Buat Dua Rambu Khusus Untuk Pecandu Smartphone

2.    Pencapaian

Setelah target maka selanjutnya yaitu pencapaian. Pencapaian dimaksudkan semoga setiap guru memiki tata cara, taktik, rancangan, maupun teori dalam proses pembelajaran.

Ketahuilah karena masing-masing anak ajar mempunyai perkara dalam menangkap pembelajaran yang mau kita ajarkan. Maka, sungguh dibutuhkan guru dapat mengetahui banyak sekali sistem pembelajaran maupun pendekatan semoga dapat memberi jalan keluar atas kesusahan yang di alami anak ajar.

3.    Teknik Penyajian
Banyak kita jumpai akreditasi dari banyak sekali anak bimbing yang mengeluh alias curhat bahwa ada cara meengajar guru sangat menjemukan sehingga membuat mereka tidak antusiasatau termotivasi untuk mencar ilmu. (ini pengalaman eksklusif aku mendengarkan anak bimbing curhat hehehhe )

Nah.. sebagai guru mari kita bantu-membantu berupaya menguasai atau menggunakan sistem maupun teknik penyuguhan belajar mengajar kita semoga menawan supaya anak ajar merasa terdorong atau termotivasi untuk berpikir dan mau mencari tau perihal apa yang mereka sedang pelajari.

Teknik penghidangan ini bermaksud agar proses mencar ilmu mengajar dimanapun tempatnya mampu meraih tujuan yang ingin diraih.

4.    Tolak Ukur

Nah.. dalam proses pembelajaran sangat penting sekali untuk kita mengetahui tolak ukur ini mirip apa.

Tolak ukur ini dimaksud untuk kita mengetahui apa yang harus kita nilai, bagaimana memberi evaluasi, biar kita bisa melihat pertumbuhan anak latih apakah mereka berhasil atau tidak.

Tolak ukur berkaitan dengan beberapa aspek evaluasi, seperti bagaimana anak latih hadir dikelas, perilakunya, hasil ulangan, kekerabatan sosial (hubungan antar sahabat sekelas dan lingkungan) de el el..

OK… dari apa yang saya paparkan diatas.. yukk mari kita gotong royong untuk mengembangkan pendidikan Indonesia menjadi pendidikan yang berkualitas..

  Keadaan Diperbolehkannya Berdusta

Tidak rugi jika memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi anak ajar kita, meskipun yah seringkali membuat kita menguras otak untuk berpikir, menyedot tenaga untuk menerangkan sejelas jelasnya. Pokoke perlu kesabaran tambahan yah… hhehehee

Lakukan yang terbaik sebisa yang kita mampu.. yooosh semangat yah sahabat..

Kesimpulannya :

Memahami mengenai strategi berguru wajib tuk kita ketahui bareng mulai dari sasaran, pencapaian, teknik dan tolak ukur supaya bahan apapun yang kita berikan bisa dimengerti dan diamalkan bagi anak didik kita dimasa depan.
Wallahu a’lam…
Jum’at, 12 April 2019
Sumber buku bacaan : Strategi Belajar Mengajar oleh : Drs. Syaiful Bahri Djamarah, M.Ag. & Drs. Aswan Zain. Halaman : 5-8. Penerbit : Rineka Cipta 2014.

Sumber gambar : IG @bea7507