Unsur-unsur Masyarakat

Posted on
 unsur-unsur masyarakat, ciri-ciri masyarakat. pengertian masyarakat,
Unsur-unsur masyarakat

Unsur-unsur masyarakat Jika Anda mencari kata ini, maka Anda datang di blog yang tepat.

Baca Juga: Pengertian Masyarakat

Mendengar kata “masyarakat” sepertinya sudah tidak asing di telinga, tiap aktivitas dan seluk-beluk kehidupan tak akan terpisahkan kehidupan masyarakat.

Namun apakah kita sudah memahami mengapa “masyarakat” disebut “masyarakat”? dan apa saja unsur-unsur masyarakat? Berikut penjelasannya.

Suatu komunitas/kumpulan manusia bisa disebut masyarakat apabila memiliki empat ciri utama yaitu:

  • Adanya interaksi langsung antar individu ataupun anggota-anggota didalamnya.
  • Adanya satu pola perilaku sosial yang didasarkan pada nilai, norma dan aturan yang khas serta sedikit keras.
  • Adanya keberlangsungan dalam jangka waktu yang tak terbatas atau keberlanjutan.
  • Rasa identitas yang kuat yang mengikat anggota/warganya.

Dari penjelasan diatas ini bisa kita simpulkan bahwa masyarakat adalah kumpulan komunitas manusia yang punya sistem nilai, serta norma-norma yang mengatur tingkah laku serta mengatur cara berinteraksi antar individu didalamnya.

Unsur-unsur Masyarakat

Selain keempat ciri-ciri masyarakat diatas, terdapat pula beberapa unsur-unsur masyarakat yang umum hadir di komunitas manusia sehingga bisa dikategorikan sebagai masyarakat. Unsur-unsur ini yang menyangkut hal-hal yang bisa kita amati sehari-hari.

Berikut unsur-unsur masyarakat secara umum tersebut:

Unsur-unsur Masyarakat Pertama: Hidup Berkelompok

Manusia kodratnya adalah makhluk sosial. Mereka mustahil hidup sendiri sehingga saling bergantung satu sama lain, karenanya unsur pertama masyarakat adalah hidup berkelompok.

Manusia itu hidup bersama dan membentuk kelompok-kelompok, nantinya antar kelompok tersebut akan saling mengenal dan berubah jadi suatu masyarakat yang bergantung satu sama lain.

Unsur-unsur Masyarakat Kedua: Saling Berinteraksi

Unsur kedua ini berhubungan dengan interaksi antar individu atau anggota dalam komunitas tersebut. Antar manusia yang berkumpul pasti ada rasa saling membutuhkan, dari rasa saling tersebut tentu akan melahirkan interaksi sosial yang nantinya akan memunculkan satu kebudayaan.

Selain itu, interaksi juga merupakan bukti nyata dan konkret bahwa manusia adalah makhluk sosial yang mustahil hidup sendiri.

Unsur-unsur Masyarakat Ketiga: Melahirkan Kebudayaan

Masyarakat itu pasti melahirkan kebudayaan. Ini terjadi karena tiap masyarakat mempunyai pola dan tingkah laku yang khas, itu artinya jika tidak ada kebudayaan maka tidak ada masyarakat.

Suatu masyarakat yang sudah secara turun-temurun hidup bersama pasti akan melahirkan suatu kebudayaan yang unik. Kebudayaan unik tersebut biasa juga disebut adat istiadat. Adat tersebut pastilah diturunkan pada generasi-generasi selanjutnya, meski ada penyesuaian dengan perubahan sosial yang terjadi.

Unsur-unsur Masyarakat Keempat: Terjadinya Perubahan Sosial

Di dunia ini tak ada yang abadi kecuali perubahan dan kematian.

Kita sering mendengar quote di atas. Kalimat tersebut ada benarnya karena perubahan itu pasti, termasuk dalam masyarakat.

Kenapa perubahan itu pasti? karena masyarakat bersifat dinamis atau tidak pernah diam dan selalu menginginkan perubahan terus-menerus dari sebelumnya, perubahan sosial adalah unsur yang esensial yang ada di masyarakat.

Sayangnya tidak semua perubahan sosial yang terjadi menuju ke arah yang lebih baik. Perubahan sosial bisa membuat masyarakat menjadi lebih baik atau sedihnya jadi lebih buruk.

Mengenai dampak perubahan sosial positif dan negatif sudah saya tulis di artikel sebelumnya.

Unsur-unsur Masyarakat Kelima: Terdapat Pemimpin

Sebelumnya dibahas bahwa dalam masyarakat itu pasti ada nilai dan norma yang berlaku, nah unsur selanjutnya yaitu diperlukan seorang pemimpin.

Kepemimpinan ini diperlukan dalam masyarakat untuk mengawasi hal-hal yang sudah diputuskan bersama, supaya tidak keluar dari jalur-jalur kesepakatan yang telah dibuat.

Tidak hanya pemimpin, dalam suatu sistem demokrasi di masyarakat perlu juga perangkat masyarakat yang membantu kerja pemimpin serta perangkat kerja yang mengawasi pemimpin.

Unsur-unsur Masyarakat Keenam: Terdapat Stratifikasi Sosial

Unsur masyarakat yang terakhir yaitu stratifikasi sosial.

Secara alamiah atau mau tidak mau dalam masyarakat pasti akan terbentuk suatu stratifikasi sosial. Terbentuk suatu golongan tertentu, baik yang didasarkan pada status sosial ataupun peran sosialnya.

  • Ada kelas atas, menengah, dan bawah.
  • Ada orang kaya dan miskin.
  • Ada elit ada rakyat biasa. Dan lain lain.

Saya pribadi tentu tidak ingin ada stratifikasi sosial seperti itu, inginnya egaliter atau semua orang sama. Tapi memang tidak realistis.

Stratifikasi sosial tersebut fungsinya untuk menempatkan seseorang atau tiap individu pada posisinya masing-masing, sehingga dapat melaksanakan peran masing-masing dengan penuh tanggung-jawab.

Itulah beberapa unsur-unsur masyarakat dalam sosiologi yang bisa kita amati sehari-hari.

Salah satu sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Society