close

Tips Meminimalisir Pengeluaran Bagi Yang Berpenghasilan Sedikit

Assalamu’alaikum.. semangat siang.. yooosh hari ini Jum’at, 16 february 2018..Nah sekedar berbagi apa yang saya alami.. argumentasi aku menulis kiat seperti judul diatas alasannya adalah ada beberapa orang yang bertanya perihal itu. yaaaaah pastinya dengan senang hati saya akan menyebarkan, aku berharap semoga mampu bermanfaat bagi sobat-sobat sekalian. Yuuks simak..
1. NIAT  SEKALIGUS TEKAD UNTUK MENGHEMAT
Nah, mengapa niat pertama yang saya tekankan disini?? sebab semua yang akan kita lakukan dimulai dari diri kita sendiri tepatnya dihati kita. Jika niat kita sudah besar lengan berkuasa alias kuat kolam bangunan yang tak akan runtuh bila tergoncang oleh kerasnya gempa. hehe ..
Makara, Niat ialah bangunan kokohnya,, gempa disini diibaratkan godaan-godaan kita yang pengen itu,, pengen itu tanpa berfikir ending pengeluaran kita akan seperti apa besok.
2. SIAPKAN 1 BUKU TULIS, PENGGARIS DAN PULPEN
Tahap kedua, yakni siapkan buku tulis entah sobat-teman mau buku yang tebal atau tipis sesuai selera saja, lalu siapkan lengkap dengan penggaris dan pulpen. alasannya adalah  hal penting yang mau sobat-sahabat kerjakan ialah :
– Buku untuk menulis pemasukan dan pengeluaran sehari-hari biar lebih terperinci uang kita lari kemana aja .. hehehe.. karena tak jarang kita terheran sendiri sambil bergumam “loooh kok uang ku tinggal segini perasaan belanjaan ngak banyak”… hayoooo siapa yang biasa seperti itu? …
– mistar untuk menggaris bagan-sketsa biar terlihat rapi .. sesuatu yang rapi dapat membuat semangat kita terus berselera loh ( kalian juga bisa menyertakan tempelan atau gambar2 yang mampu membuat unik catatan pengeluaran sehari-hari itu).
– Pulpen, pastinya untuk menulis di buku (bukan untuk digigit-gigit yah.. hehheehe soalnya sebagian orang ketika menulis tanpa sadar menggigit-gigit pulpen mereka atau menyimpannya di belakang daun indera pendengaran mereka tergolong saya seperti itu.. namun Alhamdulillah tidak dibiasakan lagi.. hohohoho..
NOTE : kalian mampu nyari-nyari beberapa bentuk bagan atau catatan pengeluaran di google sebagai acuan saja kalau tidak mempunyai inspirasi.
3. EVALUASI PENGELUARAN SETIAP MINGGU ATAU BULAN
yang penting juga nih,, kita mesti bersungguh-sungguh untuk menganalisa, maksudnya mengamati kembali catatan yang sudah kita tulis untuk menentukan apa yang kita beli itu telah penting kah,, atau malah barang-barang yang kita beli tidak kita perlukan sama sekali.
 Kesalahan yang sering kita kerjakan apalagi seorang wanita mereka condong tidak mampu menahan hawa nafsu entah itu barang-barang keperluan pribadi, atau yang tidak diharapkan alasannya dengan alasan barang itu unik atau limited edition.. hehheehe.. 
NOTE: saat berbelanja ke pasar atau ketempat perbelanjaan maka banyak-banyaklah berdzikir alasannya banyak godaan-godaan syetan yang mau menggiurkan mata dan impian untuk berbelanja.
4. JANGAN LUPA BERSEDEKAH
yaaaah.. meskipun kita berupaya berhemat tetapi jangan mengahalangi kita untuk berinfak atau menolong saudara-saudari kita yang memerlukan.. ingatlah senantiasa firman Allah Subhanallahu Wata’ala dalam Surat Al-Baqarah: 195 :
“Dan berikanlah infak di jalan Allah dan janganlah engkau menjatuhkan dirimu ke dalam kebinasaan, dan berbuat setuju alasannya adalah bantu-membantu Allah menggemari orang yang berbuat baik.”
NOTE: agar lebih paham silahkan membaca buku maupun  artikel perihal faedah bederma.
5. JANGAN LUPA UNTUK SELALU BERSYUKUR
Hal yang paling utama disini yakni point terakhir ini, jangan lupa untuk senantiasa bersyukur besar kecilnya penghasilan kita tak akan berkah kalau kita tidak pernah mensyukuri rejeki yang sudah diberikan kepada kita, Insya Allah dengan mensyukuri apapun yang kita miliki Allah akan membuat lebih mudah segala permasalahan kita, menolong kita, dan memberikan kita rejeki yang lebih baik lagi. Insya Allah .. Aamiin
Wallahu’alam..
Sekian kiat kali ini,, supaya berguna bagi teman-sobat yah.. 🙂