tingkatan pemberdayaan masyarakat

Tingkatan Pemberdayaan Masyarakat

Posted on

Pola pikir pembangunan yang acapkali meletakkan pemerintah pusat menjadi sumber segala-galanya harus segera dirubah. Semestinya masyarakatlah yang jadi aktor utama (pelaku) dalam pembangunan.

Kekuasaan dan kepemimpinan sejatinya ada di tangan masyarakat, karena dengan begitu derajat dan tingkat keberdayaan masyarakat akan berjalan dengan optimal.

Baca Juga:

Menyadari itu, maka seorang pendamping masyarakat (fasilitator) mesti memahami tingkatan pemberdayaan masyarakat, Susila Diharti menggambarkan tentang pemberdayaan masyarakat menjadi lima tingkatan:

1. Tingkat keberdayaan pertama, kebutuhan dasar manusia dan komunitas terpenuhi. Seperti sandang, pangan dan papan (basic need).

2. Tingkat keberdayaan kedua, masyarakat memiliki akses dan penguasaan yang adil terhadap berbagai sistem sosial serta sumber-sumber yang diperlukan.

3. Tingkat keberdayaan yang ketiga, masyarakat manyadari akan beraneka ragam potensi serta kelemahan yang ada pada diri dan lingkungannya.

4. Tingkat keberdayaan yang keempat, masyarakat mampu ikut aktif berpartisipasi dalam beragam kegiatan yang bermanfaat baik bagi dirinya maupun lingkungan yang lebih luas.

5. Tingkat keberdayaan yang kelima adalah masyarakat mampu mengendalikan diri sekaligus mengorganisasi dan mengatur lingkungan hidupnya.

Langkah-langkah dalam meningkatkan pemberdayaan komunitas masyarakat

Dalam memaksimalkan derajat serta tingkat keberdayaan komunitas masyarakat, sebagai fasilitator maka perlu diambil langkah-langkah yang terorganisir beruntun dan simultan, antara lain:

1. Dirasa perlu untuk membantu terlebih dahulu kelompok masyarakat yang paling rentan tidak berdaya (miskin).

2. Menyadarkan masyarakat akan potensi diri, kekuatan dan kelemahan sekaligus memahami lingkungannya.

3. Membentuk atau menguatkan institusi sosial yang ada di tingkat lokal

4. Mengupayakan penguatan kebijakan, pembentukan dan pengembangan jaringan kerja atau usaha.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Community_development

Leave a Reply

Your email address will not be published.