close

Tingkat Pengetahuan Petugas Rekam Medis Dalam Pengisian Berkas Rekam Medis

AKADEMI PEREKAM MEDIK DAN INFORMASI KESEHATAN IMELDA (APIKES) MEDAN
Nama              : Heri Aswinardi Nasution
Nim                 : 1113464020
Judul              : Tingkat Pengetahuan Petugas Rekam Medis Dalam Pengisian
  Berkas Rekam Medis Di Rumah Sakit Umum Sipirok Tahun  
  2014
ABSTRAK
Kelengkapan pengisian berkas rekam medis oleh tenaga kesehatan akan membuat lebih mudah tenaga kesehatan lain dalam memperlihatkan kebijakan atau terapi kepada pasien,disamping itu juga selaku sumber data pada bab rekam medis dalam pembuatan data.Tujuan observasi bertujuan untuk mengenali Tingkat Pengetahuan Petugas Rekam Medis Dalam Pengisian Berkas Rekam Medis di RSUD Sipirok  Tahun 2014. Manfaat observasi selaku masukan bagi institusi Apikes dalam pengembangan ilmu pengetahuan.
Penelitian ini dilakukan di RSUD Sipirok tanggal  26 Mei hingga 6 Juni 2014 degan jenis observasi Deskriptif Kuantitatif. Populasi observasi ini ialah Berkas Rekam Medis  pasien gres rawat jalan 195 berkas, serta petugas Pengisian Berkas Rekam Medis sebanyak 10 orang. Sampel dalam penelitian ini  ialah jumlah dari total populasi dari petugas rekam medis  sebanyak 10 orang dan sebagian dari berkas pasien gres rawat jalan yang diseleksi secara random sampling sebanyak 125 berkas. Data dikumpulkan degan cara kuesioner dan wawancara dianalisa dan dihidangkan dalam bentuk table dan tekstular.
Hasil observasi ini menunjukkan bahwa tingkat wawasan petugas  rekam medis dalam pengisian berkas rekam medis tentang pengisian identitas pasien gres rawat jalan terhadap kelengkapan berkas rekam medis di RSUD.Sipirok. Berdasarkan wawasan mayoritas dijumpai berpengetahuan sedang sebanyak 6 orang (60%), Berdasarkan berkas rekam medis pasien baru rawat jalan dari nama lengkap mayoritas dijumpai 174 berkas (87,2%) tidak lengkap,
Kesimpulan dari observasi ini adalah bahwa tingkat wawasan petugas rekam medis dalam pengisian berkas rekam medis masih dipengaruhi oleh pendidikan dan lama bekerja,usia, sedangkan kelengkapan  berkas dilihat dari nama, alamat, nomor rekam medis dan usia. Dari observasi ini, maka petugas pendaftaran pasien gres biar menjalankan mekanisme tetap yang telah ada, dan perlu peningkatan frekuensi pelatihan dan tutorial bagi petugas rekam medis.
Kata Kunci : Pengetahuan, Petugas, Kelengkapan Berkas Rekam Medis
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya ucapkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya penulis dapat menuntaskan penelitian ini degan judul “Tingkat Pengetahuan Petugas Rekam Medis Dalam Pengisian Berkas Rekam Medis Di Rumah Sakit Umum Sipirok Tahun 2014“. Penelitian ini bertujuan  untuk meneliti  Tingkat Pengetahuan Petugas Rekam Medis Dalam Pengisian Berkas Rekam Medis Di Rumah Sakit Umum Sipirok Tahun 2014.
Terwujudnya observasi ini tidak dapat terlepas dari panduan dan dorongan banyak sekali pihak baik secara moril maupun materil. Maka dalam kesempatan ini penulis mengucapkan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada :
  1. dr. H.R.I. Ritonga, MSc, selaku ketua Yayasan Imelda Medan.
  2. dr. Imelda L. Ritonga, S. kep, M.Pd, MN selaku  koordinator Pendidikan  Yayasan Imelda Medan.
  3. dr, Suheri P, Gultom, M.Kes sebagaiDirektur Akademi Perekam Medik dan Informasi Kesehatan  (APIKES) Imelda Medan.
  4. Wadir 1, Esraida Simanjuntak, SKM.
  5. Wadir II, Ali Sabelah S.Kep Ns
  6. Wadir III, Parmen  Silalahi.M,Kes.
  7. Esraida Simanjuntak, SKM. Selaku Dosen pembimbing yang selalu menunjukkan isyarat terhadap penulis mulai dari permulaan hingga terselesainya observasi ini.
  8. Wali Kelas, Staf Dosen/ Pegawai Imelda Medan sudah membimbing kami dan mengajari kami selama ini.
  9. Seluruh staf Dosen Akademi  Perekam  Medis dan Informasi Kesehatan  Imelda.
  10. Direktur dan seluruh staf  pegawai RSUD Sipirok terutama petugas rekam  medis yang sudah banyak menolong penulis.
  Ajuan About The Use Of The Script “Hall Of Fame” Song To Improve The Students’ Achievement In Expressing Expression Of Encouraging

  • Ayahanda dan Ibunda, abang dan kakak, dan seluruh keluarga yang memperlihatkan perlindungan serta doa selam perkuliahan hingga dengan terselesainya observasi ini.
  • Teman-sahabat satu kelas stambuk 2011 utamanya Rahmad Hatimbunan, Lolita, Lorina, Hanafi, Nova. Taufik, Nandar, Faisal, Lily.Desma, Putri, Uki, Eva, Fitri, Nuril. Melly, Asrul, Nova, Pangeran, Dedek, Rahmi, Budi. Heru, Dani, Nelly, Marsha, Vino, Mitha, Dini, Nelly, Dwi, Chairani, Emmy.
  • Serta semua pihak yang sudah membantu penulis dan menawarkan sumbangan dan masukkan yang namanya tidak mungkin satu persatu.

Semoga observasi ini dapat berguna bagi semua pembaca dan mampu        meningkatkan Mutu  Profesi  Perekam  Informasi Kesehatan.
                                                                                                  Medan,     Juni 2014
                                                                                                         Peneliti
                                                                                                  ……………………………….


>>>>>>>berikutnya klik di bawah<<<<<<<<