close

Tergolong Jenis Halusinasi Apakah Yang Sering Kamu Alami ???

 BEBERAPA JENIS HALUSINASI YANG SERING DIALAMI MANUSIA
Halusinasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halusinasi yaitu terjadinya pandangan dalam keadaan sadar tanpa adanya rangsang aktual terhadap indera.

Halusinasi juga harus dibedakan dengan delusi pada persepsi, di mana indera menangkap rangsang positif, tetapi persepsi faktual yang diterimanya itu diberikan makna yang dan berlawanan (bizzare). Sehingga orang yang mengalami ilusi lebih yakin terhadap hal-hal yang atau tidak masuk akal.

Kualitas dari pandangan itu dirasakan oleh penderita sangat terang, substansial dan berasal dari luar ruang nyatanya. Definisi ini dapat membedakan halusinasi dengan mimpi, berkhayal, delusi dan pseudohalusinasi (tidak sama dengan persepsi sebetulnya, tetapi tidak dalam keadaan terkendali). Contoh dari fenomena ini ialah di mana seseorang mengalami gangguan penglihatan, di mana beliau merasa menyaksikan sebuah objek, tetapi indera penglihatan orang lain tidak dapat menangkap objek yang serupa.
1. HALUSINASI PERABA 
 
Disebut juga halusinasi Taktil. Orang yang mengalami halusinasi jenis ini akan merasa seperti diraba,disentuh,ditiup,disinari atau seperti ada ulat bergerak di bawah kulitny.
 
2. HALUSINASI KINESTETIK
Orang yang mengalami halusinasi jenis ini akan merasa badannya bergerak dalam sebuah ruangan, atau anggota badannya bergerak. Padahal dalam kenyataannya dia hanya membisu saja.

3. HALUSINASI PENGECAPAN

Disebut juga halusinasi Gustatorik. Orang yang mengalami halusinasi jenis ini akan mencicipi suatu rasa di dalam mulutnya tetapi bantu-membantu tidak ada apapun di dalam mulutnya.

4. HALUSINASI PENCIUMAN

Disebut juga halusinasi Olfaktorik. Orang yang mengalami halusinasi jenis ini akan merasa mirip mencium sesuatu bau atau aroma tetapi pada kenyataannya anyir itu tidak ada.

  Teladan Makalah Wacana Bumn


5. HALUSINASI PENDENGARAN

Disebut juga halusinasi Auditif/Akustik. Orang yang mengalami Halusinasi jenis ini akan merasa seperti mendengar bunyi-bunyi. Berupa suara insan, binatang, mesin, atau bunyi musik namun pada kenyataannya bunyi-bunyi itu tidak ada.


6. HALUSINASI PENGLIHATAN

Disebut juga halusinasi Visual/Optik. Orang yang mengalami halusinasi jenis ini akan merasa mirip melihat sesuatu objek tetapi pada kenyataannya objek itu tidak ada.

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Halusinasi

 Pissue ” Jenis-jenis halusinasi yang Sering Dialami Manusia” oleh: Mario