close

Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Pada hari bersejarah Bangsa Indonesia, inilah teks proklamasi yang dibaca oleh Ir.Soekarno dan Moh.Hatta. Setelah kekalahan Jepang kepada Sekutu ditandai dengan dijatuhkannya Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki pada 6 Agustus 1945. Para pejuang di Indonesia berusaha untuk menyiapkan kemerdekaan Indonesia tanpa pemberian/bantuan kemerdekaan dari Jepang. Sempat terjadi perdebatan antara golongan bau tanah yang berpendapat menanti suasana dulu dan golongan muda yang menghendaki kemerdekaan Indonesia mesti secepatnya diproklamasikan tanpa menunggu Komando dari pihak Jepang.

Peristiwa Rengasdengklok
Golongan Muda yang sudah terbakar semangat membuat gerakan dengan menjinjing Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok. Hal ini untuk menghalangi Mereka dipengaruhi oleh Jepang agar menunda proklamasi kemerdekaan. Golongan muda meyakinkan terhadap Golongan Tua bahwa Jepang telah betul-betul menyerah kepada Sekutu. Setelah bermusyawarah jadinya disepakati Proklamasi akan di lakukan di Jakarta, Soekarno dan Hatta kembali ke Jakarta.

Pagi harinya di Rumah Ir. Sokarno kemerdekaan Indonesia di proklamirkan oleh Ir.Soekarno

 Setelah kekalahan Jepang kepada Sekutu ditandai dengan dijatuhkannya Bom Atom di Hiroshim Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia


  Puisi Sang Fajar - Oleh Samtriono