close

Tahukah Anda Apakah Obesitas Itu??

TAHUKAH ANDA APAKAH OBESITAS ITU?? 

Pengertian Obesitas

Obesitas merupakan sebuah keadaan kronis di mana terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh sehingga melampaui batas yang baik untuk kesehatan. Pengukuran berat tubuh serta kaitannya dengan kesehatan ini bisa diukur lewat penghitungan Indeks Massa Tubuh (IMT).

IMT ialah penghitungan berat tubuh yang mengacu pada rasio berat dan tinggi seseorang. Manfaat penghitungan IMT ini yaitu untuk mengenali apakah seseorang mengalami kelemahan, kelebihan, atau berat badan yang sehat.

Penyebab obesitas

Untuk dapat menjalani acara sehari-hari, kita memerlukan energi. Energi ini kita dapat dari kuliner yang kita konsumsi. Ketika jumlah asupan energi kita lebih besar dari yang diharapkan untuk menunjang aktivitas, maka sisa energi tersebut akan disimpan di badan dalam bentuk lemak.

Dua hal utama yang menimbulkan seseorang terkena obesitas adalah acuan makan yang buruk dan kurangnya kegiatan fisik. Seseorang yang banyak mengonsumsi kuliner tinggi kalori dalam bentuk gula dan lemak, ditambah gaya hidupnya yang tidak banyak bergerak, akan rentan untuk mengalami obesitas.

Selain aspek masakan dan gerak fisik, obesitas juga mampu disebabkan oleh duduk perkara kesehatan mirip hipotiroidisme atau kurangnya produksi hormon oleh kelenjar tiroid, oleh obat-obatan seperti kortikosteroid, atau oleh aspek genetika.

Pengobatan obesitas

Obesitas dilarang diabaikan alasannya mampu mengakibatkan duduk perkara kesehatan mirip stroke, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker mirip kanker usus dan payudara.

Obesitas mampu ditangani sendiri dengan disiplin menerapkan acuan makan sehat mirip mengonsumsi masakan rendah lemak dan gula, serta berolahraga secara terencana mirip berjalan, bersepeda, bermain bulu tangkis, atau berenang. Selain dengan kedua langkah tersebut, penanganan obesitas juga mampu ditunjang dengan konsumsi obat-obatan, mirip contohnya orlistat.

  Syarat-Syarat Kepailitan Dan Penjelasannya

Dalam beberapa kasus, obesitas mampu dikerjakan dengan operasi. Operasi lazimnya cuma dilakukan bila obesitas telah sangat parah sehingga dikhawatirkan mampu mengancam nyawa penderitanya. Operasi juga dipertimbangkan bila perjuangan-perjuangan menurunkan berat badan yang sudah dilakukan untuk sementara waktu tidak membuahkan hasil.

Perlu Anda ingat bahwa penurunan berat badan yang dilakukan dengan usaha sendiri memerlukan waktu yang tidak sebentar. Karena itu diharapkan kesabaran serta kontinuitas supaya hasil dapat diraih dan dipertahankan dalam jangka panjang.

Sumber :
http://www.alodokter.com/obesitas
(wallahu’alam)…