close

Stanley Gerald Thompson – Penemu Bagian Transuranium

 ia menemukan beberapa unsur transuranium Stanley Gerald Thompson - Penemu Unsur Transuranium
Stanley G Thompson

Stanley Gerald Thompson (1912-1976) adalah seorang ahli kimia Amerika. Bersama Glenn T. Seaborg beliau menemukan beberapa bagian transuranium. Ia menerima Guggenheim Fellowship (Ilmu Pengetahuan Alam – Kimia) pada tahun 1954.

Berkelium salah satu komponen yang sungguh kecil dibuat dalam eksperimen nuklir. Unsur ini pertama kali disintesis, diisolasi dan diidentifikasi pada bulan Desember 1949 oleh Glenn T. Seaborg, Albert Ghiorso, Stanley G. Thompson , dan Kenneth Street, Jr. Mereka menggunakan siklotron 60 inci di University of California, Berkeley. Mirip dengan penemuan amerikium yang hampir simultan (bagian 95) dan curium (komponen 96) pada tahun 1944, komponen baru berkelium dan kalifornium (bagian 98) keduanya dibuat pada tahun 1949-1950.

Berkelium yakni suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang mempunyai lambang Bk dan nomor atom 97. Unsur sintetik logam radioaktif anggota deret kimia aktinida ini pertama kali disintesis dengan menembakkan amerisium dengan partikel alfa (ion helium) dan diberi nama dari nama Berkeley, California dan Universitas California, Berkeley. Berkelium ialah bagian transuranium kelima yang sukses disintesis.

Sumber: en.wikipedia.org

  Bilangan Kuantum