close

Soal Paibp Kelas 11 Bagian 2 Bukti Beriman: Menyanggupi Kesepakatan, Mensyukuri Nikmat, Memelihara Mulut, Menutupi Malu Orang Lain (Paibp Kelas Xi Sma/Smk) Sekolahmuonline.Com

Soal PAIBP Kelas 11 Bab 2 Bukti Beriman: Memenuhi Janji, Mensyukuri Nikmat, Memelihara Lisan, Menutupi Aib Orang Lain (PAIBP Kelas XI SMA/SMK) sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda terutama adik-adik yang sekarang berada di kelas 11 SMA/SMK khususnya SMA dan Sekolah Menengah kejuruan Pusat Keunggulan (PK) acuan soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas XI. Pada artikel kali ini Sekolahmuonline suguhkan contoh soal PAIBP Kelas 11 Bab 2 Bukti Beriman: Memenuhi Janji, Mensyukuri Nikmat, Memelihara Lisan, Menutupi Aib Orang Lain lengkap dengan kunci tanggapan dan pembahasannya.
 berikut ini kami sajikan untuk Anda khususnya adik Soal PAIBP Kelas 11 Bab 2 Bukti Beriman: Memenuhi Janji, Mensyukuri Nikmat, Memelihara Lisan, Menutupi Aib Orang Lain (PAIBP Kelas XI SMA/SMK)   sekolahmuonline.com
PAIBP Kelas XI Bab 2 Bukti Beriman: Memenuhi Janji, Mensyukuri Nikmat, Memelihara Lisan, Menutupi Aib Orang Lain adalah salah satu Bab yang ada di semester ganjil atau semester 1. Secara urutan dalam buku PAIBP Kelas XI masuk pembahasan kedua di semester ganjil.

Soal PAIBP Kelas XI Bab 2 Bukti Beriman: Memenuhi Janji, Mensyukuri Nikmat, Memelihara Lisan, Menutupi Aib Orang Lain

Soal-soal di bawah ini terdiri dari soal-soal opsi ganda dan soal-soal essay atau uraian. Selamat membaca dan mempelajari. 

A. Soal Pilihan Ganda PAIBP Kelas 11 Bab 2 Bukti Beriman: Memenuhi Janji, Mensyukuri Nikmat, Memelihara Lisan, Menutupi Aib Orang Lain

Jawablah soal-soal di bawah ini dengan memberi tanda silang (X) pada karakter A, B, C, D atau E pada balasan yang paling sempurna!

1. Hakikat Islam yaitu menebar keselamatan dan kedaimaian. Itu sebabnya, setiap muslim tidak boleh melakukan …
A. khiyar dalam bertransaksi
B. teror dan menakuti pihak lain
C. kekerabatan yang ideal dengan non muslim
D. kekerabatan yang mengalihkan peribadatan
E. jasa timbal balik yang saling menguntungkan

Kunci Jawaban: B

2. Gunakan ekspresi dengan sopan dan ditata dengan baik! Kenapa? Karena menenteng banyak maslahat. Berikut ini, maslahat yang didapat, kecuali …
A. banyak orang menyukai orang tersebut
B. keadilan nampak bagi seluruh penduduk
C. tertariknya orang sungguh dipengaruhi ekspresi
D. mendamaikan pihak-pihak yang bertikai
E. mendekatnya pergaulan yang serasi

Kunci Jawaban: B

3. Jika aib itu terbuka, maka sama saja dengan meletakkan arang di paras . Makna dari kiasan tersebut yaitu …
A. pentingnya melihat keadaan setiap orang
B. terbatasnya kemurnian hati dari langsung yang terpilih
C. betapa malunya siapa saja yang terbuka aibnya
D. martabat seseorang di atas segala-galanya
E. melaksanakan kebaikan jauh dari berfaedah

Kunci Jawaban: C

4. Teknologi bagai pisau bermata dua. Di satu segi, banyak memudahkan hidup, tetapi disisi lain, disalahgunakan untuk hal-hal yang negatif, antara lain: … .
A. salah pergaulan diakibatkan memilih twitter
B. keselamatan negara menjadi rapuh dan lumpuh
C. mencari-cari keabsahan sistem nilai yang ingin dicari
D. menjatuhkan nama baik dan martabat seseorang
E. dipakai penelitian untuk mengkloning hewan

Kunci Jawaban: D

5. Saat berada di alam rahim, setiap diri sudah menyampaikan komitmen setia kepada Allah Swt. Di antara kesepakatan tersebut adalah … .
A. kembali ke jalan yang dijanjikan
B. menjauhi gaya hidup yang sebanding
C. tidak lupa akan keberadaan dunia dan alam baka
D. akan kembali ke alam alam baka sesuai batas waktunya
E. menjadi hamba Allah yang bagus dan tetap hidup di jalan fitrah

Kunci Jawaban: E

6. Keselamatan manusia tergantung terhadap kemampuannya dalam menjaga ekspresi. Itulah sebabnya, Rasulullah Saw. bersabda: Tanda muslim sejati yaitu … .
A. tersedianya sandang dan pangan
B. keamanan yang melingkupi keluarga
C. memperlihatkan sedekah sekedar kesanggupan
D. selamatnya pihak lain dari ganngguannya
E. terhindarnya keadaan yang melelahkan

Kunci Jawaban: D

7. Aib berasal dari salah, dosa dan kemaksiatan yang dijalankan. Bertumpuknya dosa sama saja dengan menumpuk malu. Namun, senantiasa ada waktu untuk memperbaiki. Berikut ini yang diperbolehkan untuk membuka aib seseorang, yakni: … .
A. memakai bukti-bukti yang handal
B. mengerem cita-cita pihak-pihak yang terlibat
C. bertujuan mengusut untuk kebaikan penduduk
D. coba-coba menyelidiki perkara yang membawa mesteri
E. memperlakukan lembaga yang faham ihwal persoalan

Kunci Jawaban: C

8. Saat ini, membuka aib bukan sekedar dari mulut, tetapi melalui jarijari pada media sosial (medsos) masing-masing. Itu sebabnya, selaku muslim harus selektif menggunakannya, yaitu ….
A. bersumber dari pemerintah
B. benar isinya dan sumbernya terang
C. isinya mengubah tatanan masyrakat
D. ada dalil yang menguatkan wacana itu
E. susunan kalimatnya sangat anggun dan terstruktur

Kunci Jawaban: B

9. Memenuhi kesepakatan menjadi faktor penting kesuksesan dan keberhasilan seseorang. Rasulullah mencari pola terbaik tentang itu. Berikut ini, laba orang menepati akad, kecuali … .
A. terus dicari keberadaanya, alasannya adalah amanah sekali
B. hidupnya menjadi berkah dan tidak pernah kurang
C. dikembalikan fungsi imannya ke dalam dada manusia
D. jauh dari keresaan dan kebimbangan dalam hidupnya
E. hilang kegalauan dan kecemasan di segala situasi

Kunci Jawaban: C

10. Mensyukuri lezat yang ada, menjadi kunci kebahagiaan. Hanya sayangnya, kadang kala banyak manusia yang tidak menghargai apa yang sudah dimiliki, kesudahannya … .
A. tidak menyatunya nurani, kalbu dan hati
B. jiwanya menjadi rendah dan rusak jasadnya
C. jiwanya senantiasa terbang sampai ke ujung dunia
D. mencari-cari lagi hingga semua keluarganya merasa puas
E. hidupnya menjadi gusar, bahkan mencari yang tidak halal

Kunci Jawaban: E

B. Soal Essay PAIBP Kelas 11 Bab 2 Bukti Beriman: Memenuhi Janji, Mensyukuri Nikmat, Memelihara Lisan, Menutupi Aib Orang Lain

Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan benar!

1. Rasulullah Saw. bersabda, ‘’Kalian tak akan masuk nirwana, hingga kalian beriman dan saling menyayangi. Maukah kalian saya tunjukkan satu amalan, bila dijalankan membuat kalian saling mengasihi? Itu yaitu sebarkan salam’’ (HR. Muslim dari Abu Hurairah). Sebutkan 3 kandungan makna dari kalimat sebarkan salam’’?

Jawaban:
Tiga kandungan makna dari kalimat sebarkan salam dalam hadits tersebut yakni:
• Menjaga perilaku dan perilaku dari menyakiti dan berbuat aniaya kepada pihak lain;
• Setiap muslim harus menebarkan manfaat dan maslahat untuk pihak lain;
• Bertekad untuk menjaga seluruh anggota badannya melukai pihak lain. 

2. Sebutkan relasi antara Iman (Akidah), Islam (Syariah), dan Ihsan (Akhlak)?

Jawaban:
Hubungan antara Iman (Akidah), Islam (Syariah), dan Ihsan (Akhlak) yakni Ketiganya (Akidah, Syariah dan Akhlak) harus menyatu dan tidak boleh terpisah. Akidah (Iman) menciptakan Syariah (Islam), dan Syariah tidak melupakan Akhlak (Ihsan). Tentunya, penyatuan tersebut mempunyai makna yang amat dalam, bahwa kepribadian muslim itu ditopang oleh Iman, Islam dan Akhlak

3. Tulislah teks hadis yang menjelaskan bahwa cabang dogma itu berjumlah 63, dan sebutkan 3 cabang dogma yang lain, selain 4 cabang kepercayaan yang telah dipelajari?

Jawaban:
Teks Hadis yang menerangkan bahwa cabang kepercayaan itu berjumlah 63 adalah:

الإِيمَانُ بِضْعٌ وَسَبْعُونَ أَوْ بِضْعٌ وَسِتُّونَ شُعْبَةً فَأَفْضَلُهَا قَوْلُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَدْنَاهَا إِمَاطَةُ الأَذَى عَنِ الطَّرِيقِ وَالْحَيَاءُ شُعْبَةٌ مِنَ الإِيمَانِ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu beliau berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Iman itu ada tujuh puluh atau enam puluh cabang lebih, yang paling utama yakni ucapan ‘Laailaahaillallah’, sedangkan yang paling rendahnya ialah menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan, dan malu itu salah satu cabang keimanan” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sedangkan 3 cabang kepercayaan lain, selain 4 cabang yang telah dipelajari, antara lain: Membuang duri dari jalan; malu berbuat tidak baik atau patut, dan bertanggung jawab.

Catatan:

بِضْعٌ :
(Bidh’un): Bilangan antara tiga hingga sembilan. Makara lafal bidh’un wa sab’un mampu bermakna: 73, 74, … 79. Demikian juga dengaan lafal “Bidh’un wa Sittuun” mampu mempunyai arti: 63, 64, … 69.

4. Buatlah kisah kasatmata tentang runtuhnya karir seseorang disebabkan penggunaan medsos yang salah, dan apa saja pelajaran yang kalian ambil!

Jawaban:
Kisah kasatmata ihwal runtuhnya karir seseorang disebabkan penggunaan medsos yang salah ialah:
(1) Kasus musisi berinisial J yang mencuit kalimat di medsosnya yang berbunyi IDI (Ikatan Dokter Indonesia) adalah Kacung dari WHO (World Health Organization).
Lihat di: Liputan6.com; News.detik.com; atau newsmaker.tribunnews.com
(2) Kasus Sersan Mayor T yang istrinya tak bijak Bermedsos, kesannya KASAD (Kepala Staf Angkatan Darat) menghukum ringan ke Bintara T tadi dengan penahanan 14 hari (sumber: okezone: senin, 18 Mei 2020/news)

(Kisah di atas hanya teladan yang bersumber dari media yang sudah disebutkan) 
3. Dan lain-yang lain

5. Sebutkan 3 isi kandungan Q.S. Ibrāhīm/14: 7, utamanya yang dihubungkan dengan kata syukr dan kufr?

Jawaban:
Tiga isi kandungan Q.S. Ibrāhīm/14: 7, terutama yang dihubungkan dengan kata syukr dan kufr. Pertama, Kewajiban setiap insan untuk bersyukur dari segala nikmat yang sudah diterima. Kedua, hindari bersikap dan berbuat kufur (menutupi atau memakai nikmat di jalan yang tidak benar). Ketiga, syukur berakibat bertambahnya nikmat, sebaliknya kufur berakibat kesengsaraan yang diderita

Demikian artikel Sekolahmuonline yang menyuguhkan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 11 Bab 2 Bukti Beriman: Memenuhi Janji, Mensyukuri Nikmat, Memelihara Lisan, Menutupi Aib Orang Lain yang Sekolahmuonline rujuk dari Buku PAIBP Kelas XI Sekolah Menengan Atas/SMK. Semoga berguna. Silahkan baca postingan-artikel Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap semua bab acuan soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 11 Sekolah Menengan Atas/SMK beserta kunci jawabannya lihat pada judul-judul psotingan di bawah ini:
Lengkap Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 11 Sekolah Menengan Atas/SMK semua Bab lihat pada judul-judul psotingan di bawah ini:
  Rangkuman Paibp Kelas 11 Bab 2 Bukti Beriman: Memenuhi Kesepakatan, Mensyukuri Lezat, Memelihara Mulut, Menutupi Malu Orang Lain (Paibp Kelas Xi Sma/Smk) Sekolahmuonline.Com