close

Soal Dan Jawaban Seni Teater

 SENI TEATER

1. Teater modern meningkat pada umumnya memperoleh efek dari budaya….
a. primitif
b. pendatang
c. kosmopolitan
d. barat
e. hedonisme

2. Berikut ini yang bukan termasuk komponen sastra dalam sebuah drama yakni…
a. perwatakan
b. tema
c. tata musik
d. penokohan
e. alur

3. Salah satu teladan dari teater modern yang pernah dipentaskan oleh dramawan Indonesia ialah mirip di bawah ini, kecuali….
a. Manusia Baru
b. Lukisan Massa
c. Dokter Bisma
d. Taufan di Atas Asia
e. Ramayana

4. Ciri khas dari teater terbaru, diantaranya dapat tampakdari….
a. para pemainnya
b. penulis skenarionya
c. bahasa yang digunakannya
d. penataan panggung dan dekorasi
e. nilai yang dihidangkan

5. Tuan Amin adalah salah satu pola karya teater modern yagn ialah hasil karya….
a. Sanoesi Pane
b. Armyn Pane
c. El Hakim
d. Idrus
e. Amal Hamzah

6. Bentuk drama yang pemainnya berbicara sendiri tanpa ada musuh bermain disebut drama…
a. monolog
b. drama absurd
c. drama minikata
d. kontemplasi
e.meditasi

7. Pemilihan pemain dalam suatu drama disebut….
a. pemain film
b. shooting
c. casting
d. editing
e. cutting

8. Pengarang drama abstrak yang terkenal di Indonesia yakni….
a. Idrus
b. Sanoesi Pane
c. Muhammad Yamin
d. Iwan Simatupang
e. W.S. Rendra

9. Berikut yaitu salah satu persamaan dari drama tradisional dan drama terbaru, yakni….
a. memiliki pementasan dan dekorasi
b. memiliki naskah
c. cerita berdasarkan sumber yang serupa
d. mengandalkan tarian
e. diiringi musik yang sama

10. Teater terbaru ilham ceritanya umumnya berasal dari….
a. dongeng kerajaan
b. dongeng
c. Hikayat
d. legenda
e. kehidupan bermasyarakat sehari-hari

11. Teater terkini yang sudah jauh meninggalkan teater tradisional yaitu….
Jawaban: teater kontemporer

12. Jenis teater dikelompokkan menjadi dua, yaitu….
Jawaban: teater tradisional dan nontradisional

13. Jenis drama yang diperankan oleh seorang pemain disebut….
Jawaban: monolog

14. Salah satu pengarang drama abstrak adalah….
Jawaban: Iwan Simatupang

15. Drama yang memakai kata seminim mungkin disebut drama….
Jawaban: minikata

16. Seorang dramawan, penyair, sekaligus budayawan populer yang dijuluki “Si Burung Merak” ialah….
Jawaban: W.S. Rendra

17. Seorang yang diketahui sebagai sutradara yang bertangan hambar yakni….
Jawaban:  Arifin C. Noer

18. Keindahan cerita dalam drama atau teater terletak pada problem yang disebut….
Jawaban: Isi dongeng

19. Rangkaian dongeng yang saling bekerjasama dengan memakai hukum karena akibat yakni….
Jawaban: alur dongeng/plot

20. Nilai yang dihubungkan dengan makna suatu benda/kebendaan adalah….
Jawaban: nilai material

21. Jelaskan perbedaan teater tradisional dengan teater modern!

Jawaban: perbedaan teter tradisional dengan teater terbaru yakni selaku berikut:

a. Teater tradisional
– bertolak dari sastra ekspresi
– tidak ada naskah
– sumber cerita dari kerjaan/kisah
– bersifat improvisasi
– mengandalkan segi tari dan lagu
– bersifat statis

b. Teater modern
– bertolak dari sastra drama
– ada naskah drama
– sumber kisah dari kehidupan masyarakat sehari-hari
– peran sudah dibagi sesuai naskah,
– mengandalkan sisi gerak dan dialog
– bersifat dinamis

22. Sebutkan beberapa naskah drama terbaru yang pernah dipentaskan!

Jawaban:

naskah drama yang pernah dipentaskan yaitu sebagai berikut.
a. Dokter Bisma
b. Manusia Baru
e. Ken Arok
d. Taufan di Atas Asia
e. Tuan Amin

  Menentukan Harga Saham

23. Sebutkan tokoh-tokoh teater nontradisional!
 
Jawaban:

 Tokoh-tokoh teater nontradisional adalah sebagai berikut.
a. Armyn Pane
b. Sanusi Pane
c. Idrus
d. Usmar Ismail

24. Sebutkan keunikan teater modern!
 
Jawaban:

keunikan teater terbaru adalah selaku berikut.
a. naskah telah
b. dongeng lebih beragam
c. perencanaan lebih kompleks
d. tidak lagi mengandalkan tari dan lagu

25. Sebutkan persamaan teater tradisional dengan teater terbaru!

Jawaban: 

persamaan teater tradisional dan teater modern yakni selaku berikut:
a. mempunyai peralatan pementasan yang serupa, mirip dekorasi, tata busana, tata musik, dan tata rias.
b. memiliki fungsi yang serupa, yakni selaku media verbal, sarana hiburan, dan media pendidikan
c. memiliki anatomi drama yang sama, ialah babak, adegan, dan obrolan

26. Teater selaku acara berkesenian yang mengacu terhadap aktivitas dan pertunjukkan mengandung komponen-bagian sebagai berikut, kecuali ….

a. lakon       
b. Pemeran    
c. Sutradara    
d. Pentase.
e.sponsor

27. Unsur pertama yang terdapat dalam acara teater  adalah ….
a. naskah       
b. penonton     
c. publik   
d. promotor      
e. produser

28. Bagian pembuka dalam sebuah drama yang maksudnya untuk  memperlihatkan pengarahan terhadap pembaca  atau penonton disebut ….
a.dialog   
b. prolog    
c. penutup    
d. solilokui     
e. monolog

29. Orang yang bertugas mewujudkan ide penulis drama di atas pertunjukan secara utuh dan benar yaitu ….
a. produser  
b. dramawan   
c.  sastrawan   
d. Pemeran
e. promotor

30. Bentuk teater  yang secara tegas memisahkan tempat antara pertunjukan dan kawasan penonton disebut ….
a.  nonprosenium   
b. apron   
c. prosenium       
d. interior      
e.pentas portabel   

31. Kehadiran seorang penonton sama pentingnya dengan permainan terbaik dari seorang pemain drama bila hal itu dilihat dari segi keberhasilan sebuah pementasan.
Pernyataan tersebut dinyatakan oleh….
a. Richard Bouleslavsky        
b. Arifin C. Noor
c. Umar Khayam          
d. Samuel Becket
e. Aris Toteles

32. Faktor-aspek yang mempengaruhi kehadiran jumlah penonton pada saat pagelaran berjalan, kecuali ….
a. Publikasi yang gencar       
b. Popularitas kalangan
c. kualitas pemain baik    
d. kerja sama yang baikdengan berbagai pihak
e.  kostum glamor

33. Bentuk setting yang serupa sekali tidak menggunakan alat-alat tertentu selain daerah di mana lakon dimainkan,termasukjenis setting….
a. konvensional  set                  
b. interior set  
c. natural set        
d. tradisional set
e. modern set

34. Dalam merias seorang pemain, penata rias harus mempertimbangkanaspek-aspek berikut ini, kecuali….
a. citra fisik pelaku           
b. harga bahan rias murah  
c. warna kebangsaan
d. imbas sinar lampu pertunjukan yang mungkin dihasilkan  
e. pemilihan materi rias    

35. Berikut ini yang tidak termasuk fungsi dari teater rakyat adalah ….
a. Sebagai alat pendidikan masyarakat
b. Sebagai alat penebal perasaan solidaritaskolektif
c. Sebagai alat menjaga sebuah budaya bangsa
d. Sebagai alat yang memungkinkan seseorang lazimbertindak dengan sarat kekuasaan terhadap orang yang menyeleweng
e. Sebagai alat untuk mengeluarkan protes kepada ketidakadilan yang terjadi di masyarakat

36.    Secara lazim, teater tradisional rakyat memiliki ciri-ciri sebagai berikut, kecuali….
a.      Cerita digarap menurut fenomena modern.       
b.      Unsur dagelan selalu timbul.
c.       Nilai dan laris dramatik dikerjakan secara impulsif.
d.      Penonton mengikuti pertunjukkan secara kalem.
e.      Tempat pertunjukkan teruka dalam bentuk arena.

37. Menurut Dr. A.H. Nasution, sebuah hasil karya seni dituntun untuk mempunyai kriteria-persyaratan berikut ini,kecuali….
a.  Etika       
b. estetika       
c.  konsultatif       
d. Efektif      
e. edukatif 

  Do'a Saat Murka

38. Perkembangan tater Barat di Indonesia telah mulai berkembang dan meningkat pada masa pemerintahan….
a. Jepang                   
b. Indo-Eropa
c. Hindia Belanda           
d. Portugis
e. Yunani Kuno

39. Teater Indonesia yang memakai bahasa Indonesia mulai berkembang dan meningkat secara baik pada periode pendudukan ….
a. Jepang                 
b. Portugis 
c. Indo-Belanda      
d. spanyol
e. Indo-Eropa

40. Teater klasik barat bersumber dari teater  …..
a. Amereka Serikat                  
b. Roma
c. Portugis               
d. Belanda 
e. Yunani Kuno 
 

41. Era kebangkitan teater modern Indonesia ditandai oleh kalangan teater berjulukan ….
a. teater dardanella          
b. teater klasik
c. teater  Orion       
d. teater beling
e.  teater Tjahaya Timoer

42. Terlahirnya seniman-seniman teater dan film Indonesia yang bermutu dan mengabdikan diri sepenuhnya bag perkembangan teater ditandai dengan munculnya ….
a. CHAOS                      
b. LEKRA
c. ASDRAFI               
d. AMI
e. HSBI

43. Pada final era XX , meningkat pula gaya absurdisme dalam teater Indonesia. Absurdisme  artinya ….

a. rasional               
b. tak masuk nalar   
c. normal    
d. tabu
e. ekpresionis

44. Tokoh-tokoh teater abstrak adalah sebagai berikut, kecuali….
a.  Jean Paul Sartre              
b.  Eugene Lonesco
c. Albert Camus       
d. Ares Toteles
e. Samuel Becket

45. Dalam pementasan drama, plot dan huruf diwujudkan melalui ….
a. kostum                     
b. panggung 
c. properti         
d. amanat
e. laku (action)
 

46. Pelaku yang menjadikan timbulnya konflik dalam dongeng adalah ….
a. tritagonis             
b. sampingan
c. figuran        
d. sentral
e. antagonis

47. Garis laku berdasarkan Aris Toteles yaitu selaku berikut, kecuali ….
a. exposition               
b. epitasio
c. protasis      
d. catastasis
e. catastrophe

48. Permasalahan yang paling mayoritas menjiwai suatu naskah drama dari awal hingga tamat kisah disebut ….
a. tema minor                  
b. tema mayor
c. subtema           
d. tema  cabang
e. tema sampingan

49.  Dilihat dari cara menyusun bab-bagiannya, alur  atau plot cerita mampu dibedakan menjadi beberapa macam, kecuali ….
a. progresif           
b. alur cabang
c. alur sorot balik              
d. alur adonan
e. flashback

50. Gambaran umum bagian alur yang menggambarkan kehadiran beberapa tokoh yang belum mempunyai problem atau menggambarkan suasana ialah bagian ….
a.  resolusi            
b. titik puncak   
c. paparan (eksposisi)
d. peleraian
e. penggawatan (komplikasi)

51.    Ada tiga komponen utama dalam proses akreditasi suatu benda untuk mampu disebut karya seni, ialah….
a. peragaan, properti, seniman       
b. publik seni, benda seni, penonton   
c. struktur batin, pesan, seniman
d. benda seni, panggung, lighting
e. seniman, benda seni,publik seni
 

52. Dalam pemindahan atau penyaduran karya drama dituntun tolok ukur-kriteria yang mesti dipenuhi, kecuali….

a. Plot dongeng dilarang berubah   
b. Karakterisasi hanya sebagian yang boleh diubah
c. Latar budaya mesti utuh   
d. Karakterisasi dalam keseluruhan teks dilarang berubah 
e. Persoalan-masalah yang terdapat dalam teks asli kemungkinan terjadi pula di dalam konteks budaya yang diubahsuaikan

  Aktivitas-Acara Di Zona Ekonomi Pribadi Indonesia

53. Secara garis besar, latar dalam drama mampu dikelompokkkan menjadi tiga bab pokok, adalah ….
a.  latar waktu, latar tempat, latar sosial   
b.  latar politik, latar geografis, latar sosial  
c.  latar waktu, latar zaman, latar sosial
d.  latar waktu, latar kawasan, latar ekonomi
e. latar intern, latar kawasan, latar strata

54.    Konflik-pertentangan yang muncul dalam kisah drama saling berkaitan satu dengan lainnya, kecuali ….
a.  Adanya aturan kausalitas(karena-balasan)   
b.  Kesatuan rangkaian kejadian( unity)   
c.  Terjadinya kejutan (suspensi)
d. Aspek kemasukakalan (plausibiliti)
e.  Masalah kejiwaan

55.  Dalam membuat nama penokohan drama dongeng drama, dapat mengacu hal-halberikut ini,kecuali ….
a.  menurut asal-seruan kawasan      
b.  menurut profesinya           
c.  berdasarkan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan tokoh.
d. berdasarkan status sosial
e. berdasarkan kondisi fisik

56. Cara menentukan pemain film dijalankan dengan
Jawaban: casting

57. Bagian kahir naskah disebut…
Jawaban: epilog

58. Ekspresi tergolong terknik olah…
Jawaban: tubuh

59. Dalam melakukan acara teater perlu diutamakan prinsip…
Jawaban: kolaborasi

60. Waktu, daerah, dan suasana yang melatarbelakangi terjadinya suatu cerita disebut….
Jawaban: setting

61. Tahapan yang paling dinanti-natikan pemain yakni tahap…
Jawaban: pementasan

62. Teknik yang berhubungan dengan obrolan-dialog yang dilaksanakan oleh tokoh dan mesti menggambarkan karakter dari tokoh tersebut disebut teknik..
Jawaban: memberi isi

63. Pentas atau arena untuk bermain drama dinamakan…
Jawaban: panggung

64. Pemandangan yang menjadikan latar belakang dari sebuah daerah yang digunakan untuk memainkan lakon disebut….

Jawaban: hiasan

65. Pemilihan naskah ialah bab….pergelaran
Jawaban: persiapan

66. Sebutkan hal-hal yang dijalankan dalam tahap persiapan pementasan teater!

Jawaban:

a. menentukan naskah drama
b. memilih sutradara
c. menentukan pembantu sutradara
d. menentukan pemain (casting)

67. Jelaskan yang dimaksud dengan olah badan, asumsi, dan suara!

Jawaban:

1. Olah tubuh yaitu latihan gerakan guna melatih tubuh untuk memainkan langkah-langkah tokoh di depan penonton.

2. Olah suara yaitu latihan pengucapan dalam aktivitas teater

3. Olah pikiran yaitu latihan yang dilaksanakan guna menghayati abjad tokoh.

68. Sebutkan unsur-komponen apa saja yang bersinggungan dengan naskah!

Jawaban:

a. pimpinan artistik
b. stage manager
c. property master
d. penata cahaya
e. penata kostum
f. penata setting
g. penata rias
h. penata musik

69. Sebutkan dan jelaskan ketiga tahap latihan!

Jawaban:

1. Pemanasan, yaitu tahapan dalam latihan yang dikerjakan dalam bentuk latihan pernapasan, dan fokus

2. Inti, adalah acara yang dilaksanakan dalam rangka memajukan skill dalam memainkan peran yang mencakup:
– Latihan membaca
– Latihan blocking
– Latihan karya
– Latiha pengucapan
– Latihan lazim

3. Penenangan, yaitu kegiatan yang dilaksanakan dengan fokus dan pernapasan untuk mengembalikan pada keadaan semula sebelum latihan.

70. Tuliskan lima saja langkah yang harus dijalankan dalam bermain tugas berdasarkan Rendra!

Jawaban:

1. Mengumpulkan langkah-langkah-langkah-langkah pokok yang harus dilaksanakan oleh sang pemain drama dalam drama itu.

2. Mengumpulkan sifat-sifat (budpekerti) sang peran, lalu dihubungkan dengan tindakan pokok. Tentukan langkah-langkah mana yang harus ditonjolkan.

3. Mencari sifat-sifat yang harus ditonjolkan oleh pemeran.

4. Mencari tekanan-tekanan kata pada kalimat yang harus diucapkan oleh pemeran.

5. Memadukan gerakan-gerakan (pantomimik) dengan air wajah (mimik) agar mampu mengekspresikan sopan santun tokoh yang diperankan.

Sumber soal dan balasan :

Nur Fadillah (SMAN 1 KENDARI)

Wallahu a’lam