close

Skripsi Itu Sulit Kata Siapa?

Skripsi mampu selese sempurna waktu, yah… bila sahabat tau cara mainnya. Mereka yang mikir sulit sebelum berbuat akan lebih pesimis dan takut mengapa? Karena mereka belum mengenali kiat, trik dan rahasianya.

Yuhuuui..
 bagi siapa saja menyusun skripsi itu gampang, hanya saja para pembimbing mereka yang banyak maunya, bener ngak?
Apalagi udah revisi berkali-kali, ee pas direvisi diminta ulang aja lagi, di PHPin… nah looh?
Eiits.. hari ini saya ngak mau nyalah-nyalahin para pembimbing kok..  
Kembali ke leptop yuk, mari kita diskusikan rahasia nyusun skripsi dengan gampang..

1.    NULIS = BACA

Kalau teman yang gres semester awal alias semester 1, 2, 3,4 coba deh sesekali luangin waktu untuk baca intisari atau absurd dan kesimpulan skripsi abang-abang kelas diperpus.

Seminggu sekali aja, gk usah setiap hari nanti bosen.. 


Ngak ngerti? Wajarlah… kan gres semester awal ngak usah pikirin , baca aja terus.


2.    MILIH TOPIK

Nah.. kalau sobat dah semester 4 atau 5 bacalah 1 skripsi setiap ahad. Dari situ pikirlah tuk memilih topik skripsi kalian sendiri sesuai dengan minat mata kuliah yang teman ikuti.

3.   MULAI MERANCANG

Jika sobat sekarang sedang atau baru mulai ikut kuliah metode penilitian atau mata kuliah yang menyangkut penelitian.

Ayo mulai serius baca skripsi-skripsi yang ada di bidang  yang teman pilih selaku skripsimu nanti dan cobalah untuk bermain merancang skripsi sobat sendiri.

4.  MENGAMATI JURNAL ATAU MAKALAH

Yukks… membiasakan diri sobat. Bacalah makalah/jurnal. Mengapa? Karena Ini akan sangat menolong supaya tulisan atau skripsi sahabat lebih ilmiah.

  Gosip Artifisial Penerimaan Cpns 2016 Marak Beredar, Berhati-Hatilah

Nah, cara menerima makalah/jurnal yang cantik. Sobat bisa search shcolar.google.com kemudian masukan apa yang sahabat cari sertakan file PDF supaya mampu gratis. 

Contohnya : hukum waris filetype:PDF
5.  CATATAN HASIL BACAAN 
Biasakan menulis hasil bacaan teman, ketika sahabat membaca. Ini akan membuat lebih mudah sahabat untuk mencari lagi.

Contohnya nih: 

Buat tabel atau coret-coret aja tapi cukup 1 buku yang isinya judul, materi, penulis, dan deskripsi singkat isi skripsi atau buku/jurna/makalah yang sahabat sudah baca.

INGATLAH “SKRIPSI YANG BAIK ADALAH SKRIPSI YANG TIDAK DITUNDA”

Sedikit masukan bagi sahabat yang lagi sementara nyusun skripsi :

–  Minta doa kedua orang tua biar dimudahkan
–  Jangan jadikan beban, tetapi jadikan tahap tamat sahabat ini selaku tantangan simpulan.
– Jika merasa tertekan atau frustasi dalam menyusun, cobalah beberapa menit ambil jeda tuk santai. Misalnya nonton pilem kesukaan.
– Berdiskusi dengan para pembimbing, jangan marah cukup jengkel saja dikala harus revisi berkali-kali..

BERSEMANGATLAH.. alasannya adalah ORANG TUA teman menunggu kata “ayah, ibu saya akan wisuda”

SUMBER INSPIRASI : Seputarkuliah (IG)

 Wallahu a’lam..