close

Sistem Observasi

BAB III 
METODE PENELITIAN

A. Lokasi, Objek dan Waktu Penelitian 
  1. Lokasi PenetitianAdapun yang menjadi Iokasi peneiitian ini diTakukan di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Cabang Utama Medan, yang terletak di Jalan Pemuda No. 12 Medan.
  2. Objek PeneGtianYang menjadi objek dalam penelitian penulis yakni pengaruh penyusunan rencana karir dan insentif kepada motivasi kerja pegawai di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Cabang Utama Medan.
  3. Jadwal PenelitianSedangkan waktu penelitian yang penulis planning mulai darl buian Agustus 2007 sampai dengan bulan november 2007 
B. Populasi dan Sampel 
1. Populasi

Menurut Kuncvro (20D3:103), “Populasi yakni sekelompok eIemen yang

lengkap, yang lazimnya berapa orang, objek, transaksi atau dimana kita kepincut untuk mempelajarinya atau menjadi objek peneIitian”.

Populasi dalam observasi ini yaitu – seluruh pegawai yang ialah di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Cabang Utama Medan, yeng berjumlah 110 orang.

2. SampeI
Menurut Arikunto (2002:27), “Sampel ialah sebagian atau wakil dari popuIasi yang diteliti, dimana apabila subjeknya kurang dari 100 orang Iebih baik diambil semua sehingga penelitiannya merupakan observasi populasi. Sebaliknya kalau jumIah subjeknya 6esar mampu diambil antara 10-i5% atau 20-25% atau lebih”.
Berdasarkan pendapat diatas maka penulis mengambil sampel adalah dari populasi atau sebanyak 110 orang karyawan di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Cabang Utama Medan yang pengambilannya diiakukan dengan cara random sampling.
C. Teknik Pengumpulan Data

Dalam melaksanakan penelitian tentunya dipergunakan sistem peneiitian guna mendapatkan data yang akurat dan reIevan dengan maksud dan tujuan observasi. Untuk menemukan data tersebut maka