close

Sistem Info Geografis Dan Manfaatnya

Sistem Informasi Geografis dan Manfaatnya

Sistem Informasi Geografis (SIG) atau Geographychal Information System (GIS) adalah suatu tata cara berita yang dipakai untuk memasukkan, menyimpan, mengundang kembali, mengolah, menganalisis, menciptakan, dan mempublikasikan data bereferensi geografis atau data geospatial untuk mendukung pengambilan keputusan.
• Keunggulan SIG secara khusus antara lain selaku berikut.
1. Memetakan letak.
2. Memetakan kuantitas.
3. Memetakan kerapatan.
4. Memetakan pergeseran.
5. Memetakan rasio yang ada di dalam dan di luar sebuah area.
• Secara umum, SIG terdiri atas tiga subsistem, ialah metode masukan, tata cara software dan hardware, serta sumber-sumber data geospatial.
• Komponen-komponen utama yang terdapat dalam SIG mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan kesanggupan intelegensi insan.
• Informasi geografi bersumber dari objek material geografi adalah geosfer yang meliputi tanda-tanda-tanda-tanda litosfer, hidrosfer, atmosfer, biosfer, dan tanda-tanda-gejala sosial budaya.
• Data dasar yang dimasukkan dalam SIG diperoleh dari tiga sumber, yakni data lapangan, data peta, dan data penginderaan jauh.
• Sistem Informasi Geografis mampu diaplikasikan dalam berbagai bidang, antara lain sebagai berikut.
1. Manajemen tata guna lahan.
2. Inventarisasi sumber daya alam.
3. Bidang sosial.
Sistem Informasi Geografis dan Manfaatnya Sistem Informasi Geografis dan Manfaatnya
Manfaat dan Keuntungan SIG
Komputer pada ketika ini sudah menjadi alat bantu yang makin banyak digunakan. Mengapa demikian? Alasannya yaitu karena penyuguhan data geosfer secara manual memerlukan waktu dan proses yang relatif lama. Di samping itu, info yang di gambarkan lewat komputer dan SIG akan lebih cermat, lebih banyak, dan kasatmata. Mengapa geografi membutuhkan SIG? Sebab objek material geografi ialah geosfer. Agar data geosfer itu cepat dan gampang diperoleh maka SIG menjadi sarana yang sungguh penting.
Gambar 16
Untuk mendapatkan info yang cepat, tepat, dan akurat diperlu kan alat bantu untuk menganalisis data yang dibutuhkan. Alat bantu tersebut merupakan suatu tata cara yang bisa menangani data geografi secara cepat, sempurna, dan akurat, adalah tata cara komputer. Selain diper oleh isu secara cepat, sempurna, dan akurat, laba SIG dengan menggunakan alat bantu komputer antara lain sebagai berikut.
a. Praktis dalam pembuatan data.
b. Pengumpulan data dan penyimpanannya ekonomis tempat dan ringkas (berupa disket, compact disk, dan flash disk).
c. Mudah diulang dan dilihat kembali bila di saat-waktu dibutuhkan.
d. Mudah diubah dan direvisi bila di saat-waktu ada pergantian.
e. Praktis dibawa, dikirim, dan ditransformasikan (dipindahkan).
f. Aman, karena dapat dikunci dengan instruksi atau manual.
g. Relatif lebih murah ketimbang survei lapangan.
h. Data yang merepotkan ditampilkan secara manual mampu diperbesar bahkan dapat ditampilkan dengan gambar tiga dimensi dengan variasi warna yang tepat.
i. Berdasarkan data SIG mampu dijalankan pengambilan keputusan dengan tepat dan cepat.