close

Siklus Hidrologi

Siklus Hidrologi – Adalah Hidrosfer atau lapisan air ialah bagian fisik bumi yang memiliki kegunaan bagi kehidupan manusia, binatang, dan flora. Hidrosfer secara khusus dipelajari pada ilmu yang disebut Hidrologi. Hidrosfer ialah semua bentuk air yang ada di bumi yang berbentuk cair, uap, maupun padat. Komposisi molekul air terdiri atas dua atom hidrogen (H2O) yang bersenyawa dengan satu atom oksigen (O2) dan diketahui dengan rumus kimia H2O.
Air (H2O) mengalami proses perubahan wujud dan kawasan. Rangkaian perubahan air, baik mengenai posisi geografisnya maupun tentang wujud fisiknya disebut daur air atau siklus air. Bagaimana siklus air tersebut terjadi? Perhatikanlah uraian berikut.
Air yang berada di permukaan bumi, yaitu air tanah, danau, sungai, rawa, gletser (lapisan es), dan bahari dipanasi oleh sinar matahari. Oleh alasannya adalah pemanasan tersebut maka air berubah wujud menjadi uap, lalu ke atas atau tertiup angin lewat lereng pegunungan. Pada tempat-daerah yang lebih tinggi, suhu udara semakin rendah sehingga uap air tersebut akan mengalami proses kondensasi.
Pada tempat-kawasan yang tinggi dan beriklim masbodoh dan sedang pada ekspresi dominan dingin, uap air dapat eksklusif membeku menjadi salju. Proses ini disebut dengan Sublimasi. Sebagai akibat dari kondensasi tadi, uap air akan berubah menjadi cair dan karenanya jatuh sebagai hujan.
Sebelumnya mengenai Ramalan Cuaca dan Iklim ini dapat memperbesar pengetahuan anda
Dalam perjalanannya menuju permukaan bumi, baik sebagian maupun semuanya, air hujan yang hingga di permukaan bumi sebagian akan meresap ke dalam lapisan tanah menjadi air tanah, sebagian lagi akan mengalir di permukaan bumi, dan sisanya akan menguap. Air tanah usang-kelamaan akan keluar manjadi mata air dan sungai yang mengalir ke danau atau laut. Setelah itu, akan terjadi lagi pemanasan oleh matahari sehingga proses pengupan akan berulang kembali. Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah gambar proses siklus hidrologi berikut ini.
 Adalah Hidrosfer atau lapisan air merupakan bagian fisik bumi yang berguna bagi kehidupan Siklus Hidrologi
Istilah-ungkapan yang berkaitan dalam proses siklus hidrologi, antara lain sebagai berikut.
1. Evaporasi, adalah proses penguapan air dari permukaan bumi (danau, bahari, dan sungai) secara langsung lewat pemanasan sinar matahari.
2. Transpirasi, yakni proses penguapan air yang terkandung dalam tumbuhan.
3. Evapotranspirasi, ialah gabungan proses penguapan evaporasi dan transpirasi.
4. Intersepsi, yakni proses penguapan titik-titik air hujan dari ranting dan dedaunan.
5. Infiltrasi, yaitu proses peresapan air hujan menuju lapisan-lapisan tanah dan menjadi persediaan air tanah dan tempat reservoir.
6. Air larian permukaan (surface run off), adalah air hujan yang jatuh ke permukaan bumi dan mengalir di permukaan bumi.