close

Siaran Radio Yang Paling Digemari Pada Periode Kolonial Belanda


Siaran Radio Yang Digemari Masyarakat :
Selain Jan Fabricius, penulis Belanda lainnya yang pernah bertempat tinggal di Kota Bandung tempo dahulu yakni Hans van de Wall alias Victor Ido. 


Victor Ido yaitu pengasuh program Indie in den Goeden Ouden Tijd (Nusantara pada jaman keemasan) dalam siaran Radio NIROM.

Lewat acara siaran asuhannya, para pendengar bisa mengikuti dongeng kehidupan para Gubernur Jendral di Hindia Belanda, dengan segala macam skandal dan kemewahannya.

Bandung tercatat memiliki Studio Siaran Radio yang pertama di Nusantara yang masa itu masih disebut orang Hindia Belanda.


Tercatat Acara Siaran yang menerima sambutan masyarakat pada era itu ialah hidangan Homannmuziek di bawah dirigen Heer Revenger, Duitsche Mannenvereeniging di pimpin Willy van Swers, Italiaansch Trio Artini  dpp. Carl Phlippau dan Orkes Kroncong Mars dpp. buaya kroncong Ir. Langendam. 

Selain hiburan ada pula program Doktersuurtje (Ruang kesehatan). Dan yang paling mempesona ialah Acara Anak-Anak (Kinderuurtje).

Mengapa mempesona ? Ya, sebab lewat programa itu para Papie en Mamie yang ingin mengorbitkan putra-putrinya biar tenar ke antero Priangan, bisa menggunakan kesempatan. Tapi musti bayar. Sumber : Wajah Bandoeng Tempo Doeloe




  Tempat Masakan Di Bandung Tempo Dulu