close

Sejarah Inovasi Meitnerium

 adalah unsur kimia dalam sistem periodik unsur yang memiliki lambang Mt dan nomor atom  Sejarah Penemuan Meitnerium
Lise Meitner

Meitnerium (pengucapan: /maɪtˈnɜriəm/) ialah unsur kimia dalam tata cara periodik unsur yang mempunyai lambang Mt dan nomor atom 109. Mt yaitu Unsur kimia sintetik dengan isotop yang paling stabil Mt-278.

Meitnerium-278, memiliki waktu paruh 7,6 detik, meskipun meitnerium yang belum dikonfirmasi-282 mungkin mempunyai waktu paruh 67 detik lebih usang. Pusat GSI Helmholtz untuk Riset Ion Berat di dekat Darmstadt, Jerman, pertama kali membuat komponen ini pada tahun 1982.  Meitnerium dinamai dari seorang Fisikawan Lise Meitner, salah satu penemu fisi nuklir.

Pada tabel periodik, meitnerium ialah bagian transaktinida d-blok. Ini adalah anggota dari kurun ke – 7 dan diposisikan di golongan 9 elemen, meskipun tidak ada eksperimen kimia yang dijalankan untuk memastikan bahwa dia bertingkah selaku homolog yang lebih berat kepada iridium pada kalangan 9 selaku anggota ketujuh dari rangkaian transisi 6d logam. Meitnerium dijumlah memiliki sifat yang seperti dengan homolog ringan, kobalt , rhodium, dan iridium.

Meitnerium pertama kali disintesis pada tanggal 29 Agustus 1982 oleh tim peneliti Jerman yang dipimpin oleh Peter Armbruster dan Gottfried Münzenberg di Institute for Heavy Ion Research (Gesellschaft für Schwerionenforschung) di Darmstadt. Tim tersebut membombardir sasaran bismuth-209 dengan inti besi yang dipercepat -58 dan mendeteksi satu atom isotop meitnerium-266:
209 
 83 Bi 
 58 
 26 Fe 
 → 266 
 109 Mt 
 + 
 n


Pekerjaan ini dikonfirmasi tiga tahun lalu di Joint Institute for Nuclear Research di Dubna (lalu di Uni Soviet ). (sumber: en.wikipedia.org)