close

Sedekah Vs Shalat Dhuha

Ternyata Kita Wajib Sedekah atau Shalat Dua Raka’at Dhuha Setiap Pagi

Ternyata Kita Wajib Sedekah atau Shalat Dua Raka Sedekah vs Shalat Dhuha

Assalamu’alaikum…
Saudara Muslim semua, mari kita simak hadits berikut dengan seksama,

Dari Abu Hurairah RA, beliau berkata : Rasulullah SAW bersabda : “Tiap persendian insan ada keharusan sedekah untuknya, pada tiap hari dimana matahari terbit di dalamnya, engkau berbuat adil di antara dua orang yaitu sedekah; Engkau menolong seseorang dalam kendaraannya, engkau menaikannya di atasnya atau memaksimalkan barangnya di atasnya yaitu sedekah; Ucapan yang bagus yakni sedekah. Dan engkau menetralisir rintangan dari jalan yakni sedekah.” (HR. Bukhari-Muslim)

Dan Muslim juga meriwayatkan dari ‘Aisyah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya setiap manusia dari keturunan Adam diciptakan padanya persendian sebanyak tiga ratus enam puluh sendi. Maka barang siapa ber-Takbir mengagungkan Allah, memuji Allah, mensucikan Allah, memohon ampunan kepada Allah dan menyingkirkan batu dari jalan yang dilalui insan atau duri atau tulangdari jalan manusia, atau memerintah yang ma’ruf atau mencegah dari yang mungkar, sebanyak tiga ratus enam puluh berarti ia berjalan pada hari itu dalam kondisi ia telah dijauhkan dari api neraka”.

Setelah kita simak dua hadist di atas ternyata, setiap pagi kita mendapat kewajiban beramal untuk tubuh kita, jelasnya pada persendian badan kita, sebanyak tiga ratus enam puluh, dan sedekah itu bisa kita kerjakan lewat dzikir atau berbuat baik sebanyak tiga ratus enam puluh itu. Dari hadist itu juga bisa kita ambil kesimpulan, kalau kita kerjakan itu, tanpa pernah bolos, Insya Allah kita terhindar dari sakit persendian yang mana sesuai dengan hadist di atas “berarti ia berlangsung pada hari itu dalam keadaan dia sudah dijauhkan dari api neraka”.

Bagi kita yang kurang terbiasa berdzikir di pagi hari, apa lagi setiap pagi, utamanya bagi para pekerja yang sudah disibukkan dengan pekerjaan mulai dari pagi hari, pasti itu akan terasa sukar bagi kita, lalu apakah ada cara lain yang mampu ditempuh…???

Nah,,, Saudara Muslim semua, itulah enaknya Islam, Islam bukan agama yang memberatkan umatnya. Jika sedekah sebanyak tiga ratus enam puluh kali itu terasa berat bagi kita, maka Junjungan kita, Nabi kita Muhammad SAW menunjukkan cara yang lebih mudah untuk melakukan itu. Mari kita simak hadist berikut,

Dari Abu Dzar RA, sebetulnya Rasulullah SAW bersabda : “Tiap pagi ada kewajiban beramal untuk tiap-tiap persendian (ruas). Maka tiap ucapan Tasbih yakni sedekah, tiap ucapan Tahmid adalah sedekah, Amar Ma’ruf adalah sedekah dan melarang dari yang mungkar yakni sedekah. Dan mencukupi dari semua itu dua rakaat yang kau kerjakan pada waktu dhuha”. (HR. Muslim)

Alhamdulillah,,, Rasul memberikan kepada kita cuma dengan dua raka’at shalat dhuha, keharusan kita bersedekah untuk persendian sebanyak tiga ratus enam puluh itu telah bisa tercukupi. Lalu apakah dua raka’at itu masih terasa sulit bagi kita. dan bantu-membantu dua raka’at dhuha tidak akan menghabiskan banyak waktu kita.

Tapi kalau kita gegabah dari hadist Rasul di atas, maka bersiaplah kita akan menderita sakit persendian, cepat atau lambat… Na’udzubillah…

Saudara Muslim semua, sedekah atau Dhuha yang disebutkan diatas, semata-mata hanya untuk menuntun kita untuk bersyukur atas nikmat yang Allah berikan kepada kita semua. Sekian, dan biar artikel kali ini bermanfaat untuk kita semua, dan biar Allah menjadikan kita ke dalam golongan orang-orang yang terpelajar bersyukur, Aamiiinn…

  Bacaan Niat Metode Lengkap Artinya Doa Setelah Sholat Dhuha

Wassalamu’alaikum…