close

Sedekah, Amalan Mulia dengan Berjuta Keutamaan

Daftar Isi

Sedekah, Amalan Mulia dgn Berjuta Keutamaan

” alt=”

Sedekah, Amalan Mulia dgn Berjuta Keutamaan

“>

Sedekah adalah amalan yg sangat dianjurkan dlm Islam. Selain dapat mendatangkan pahala, sedekah pula memiliki banyak keutamaan lain yg sangat bermanfaat bagi pelakunya.

Berikut adalah beberapa keutamaan sedekah yg perlu Anda ketahui:

  1. Melipatgandakan Rezeki
  2. Salah satu keutamaan sedekah adalah dapat melipatgandakan rezeki. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dlm surat Al-Baqarah ayat 261 yg artinya:

    “Perumpamaan (nafkah yg dikeluarkan oleh) orang-orang yg menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dgn sebutir benih yg menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yg ia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

    Dari ayat tersebut dapat dipahami bahwa sedekah yg kita berikan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT, baik di dunia maupun di akhirat.

  3. Melipatgandakan Pahala
  4. Selain melipatgandakan rezeki, sedekah pula dapat melipatgandakan pahala. Hal ini sebagaimana hadits Rasulullah SAW yg artinya:

    “Sedekah itu akan dilipatgandakan pahalanya hingga tujuh ratus kali lipat.” (HR. Muslim)

    Hadits tersebut menunjukkan bahwa setiap sedekah yg kita berikan akan dilipatgandakan pahalanya hingga tujuh ratus kali lipat. Ini adalah keutamaan yg sangat besar yg tak boleh kita lewatkan.

  5. Menghapus Dosa-Dosa
  6. Sedekah pula dapat menghapus dosa-dosa yg telah kita lakukan. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dlm surat At-Taubah ayat 103 yg artinya:

    “Ambillah zakat dr sebagian harta mereka, dgn zakat itu ananda membersihkan & mensucikan mereka, & berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa ananda itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

    Dari ayat tersebut dapat dipahami bahwa sedekah dapat menghapus dosa-dosa kita & mensucikan jiwa kita. Ini adalah keutamaan yg sangat besar yg tak boleh kita abaikan.

  7. Menyembuhkan Penyakit
  8. Sedekah pula dapat menyembuhkan penyakit. Hal ini sebagaimana hadits Rasulullah SAW yg artinya:

    “Obatilah orang-orang yg sakit di antara kalian dgn sedekah.” (HR. Ahmad)

    Hadits tersebut menunjukkan bahwa sedekah dapat menyembuhkan penyakit. Ini adalah keutamaan yg sangat besar yg tak boleh kita remehkan.

  9. Memberi Naungan di Akhirat
  10. Sedekah pula dapat memberikan naungan di akhirat nanti. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dlm surat Al-Isra’ ayat 7 yg artinya:

    “Dan orang-orang yg menginfakkan hartanya di malam & di siang hari dengan-cara tersembunyi & terang-terangan, maka mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada rasa takut pada mereka & mereka tak bersedih hati.”

    Dari ayat tersebut dapat dipahami bahwa sedekah dapat memberikan naungan di akhirat nanti. Ini adalah keutamaan yg sangat besar yg tak boleh kita lewatkan.

  11. Menciptakan Kebahagiaan
  12. Sedekah pula dapat menciptakan kebahagiaan. Hal ini sebagaimana penelitian yg dilakukan oleh para ahli yg menemukan bahwa sedekah dapat melepaskan dopamin & endorfin, sehingga membuat diri kita merasa lebih bahagia.

  13. Mampu Mempererat Tali Silaturahmi
  14. Sedekah pula dapat mempererat tali silaturahmi. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dlm surat Al-Hujurat ayat 10 yg artinya:

    “Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara. Karena itu, damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) & bertakwalah pada Allah agar ananda mendapat rahmat.”

    Dari ayat tersebut dapat dipahami bahwa sedekah dapat mempererat tali silaturahmi. Ini adalah keutamaan yg sangat besar yg tak boleh kita abaikan.

  15. Mampu Memperpanjang Warisan
  16. Sedekah pula dapat memperpanjang warisan. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dlm surat Al-Anfal ayat 60 yg artinya:

    “Dan apa saja yg ananda nafkahkan pada jalan Allah, niscaya akan dibalas dgn pahala yg lebih besar kepadamu & ananda tak akan dianiaya (dirugikan).”

    Dari ayat tersebut dapat dipahami bahwa sedekah dapat memperpanjang warisan. Ini adalah keutamaan yg sangat besar yg tak boleh kita lewatkan.

  17. Menghindarkan Diri dr Adanya Marabahaya & Petaka
  18. Sedekah pula dapat menghindarkan diri dr adanya marabahaya & petaka. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dlm surat Al-Anfal ayat 42 yg artinya:

    “Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yg ananda sanggupi & dr kuda-kuda yg ditambatkan untuk berperang (yang dgn persiapan itu) ananda menggentarkan musuh Allah, musuhmu & orang-orang selain mereka yg ananda tak mengetahuinya. Apa saja yg ananda nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalas dgn pahala yg lebih besar kepadamu & ananda tak akan dianiaya (dirugikan).”

    Dari ayat tersebut dapat dipahami bahwa sedekah dapat menghindarkan diri dr adanya marabahaya & petaka. Ini adalah keutamaan yg sangat besar yg tak boleh kita abaikan.

  19. Senantiasa Mampu Mendatangkan Keberkahan
  20. Sedekah pula senantiasa mampu mendatangkan keberkahan. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dlm surat Al-Baqarah ayat 261 yg artinya:

    “Perumpamaan (nafkah yg dikeluarkan oleh) orang-orang yg menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dgn sebutir benih yg menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yg ia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

    Dari ayat tersebut dapat dipahami bahwa sedekah dapat mendatangkan keberkahan. Ini adalah keutamaan yg sangat besar yg tak boleh kita lewatkan.

  21. Bisa Membuat Diri Senantiasa Selalu Mengucap Syukur
  22. Sedekah pula dapat membuat diri kita senantiasa selalu mengucap syukur. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dlm surat Ibrahim ayat 7 yg artinya:

    “Dan (ingatlah) tatkala Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika ananda bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, & jika ananda mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

    Dari ayat tersebut dapat dipahami bahwa sedekah dapat membuat diri kita senantiasa selalu mengucap syukur. Ini adalah keutamaan yg sangat besar yg tak boleh kita abaikan.

  23. Siapa yg tak gemar sedekah tentu akan merugi.
  24. Sebab, salah satu keutamaan sedekah adalah untuk mempermudah jalan menuju surga-Nya. Bahkan dikatakan bahwa di dlm surga ada kamar-kamar yg sudah dipersiapkan dgn indah & memukau yg khusus ditujukan untuk para pemberi sedekah.

  25. Sekali lagi, sedekah memang menjadi amalan sederhana namun mampu memberikan keutamaan yg sangat luar biasa.
  26. Karena itulah tak perlu risau tatkala melakukan sedekah. Selain rezeki & pahala akan bertambah, sedekah pula bisa mempermudah jalan menuju surga Allah SWT.

  27. 13. Memperoleh Keridhaan dr Allah SWT
  28. Sedekah mampu mengantarkan seseorang untuk menemui Allah SWT. Sang Maha Kuasa akan memberikan ridha-Nya pada siapa saja yg dgn tulus & ikhlas melakukan sedekah.

  29. 14. Mudah Dikabulkan Permintaannya oleh Allah SWT
  30. Sedekah yg dilakukan dgn diiringi oleh doa & niat karena Allah SWT bisa membantu mempermudah terkabulnya permintaan dr si pelaku sedekah.

Demikianlah beberapa keutamaan sedekah yg perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda tentang sedekah & memotivasi Anda untuk lebih giat bersedekah.

Sahabat, mulai sekarang yuk rutinkan sedekah untuk bantu memandirikan Yatim & Dhuafa di Indonesia bersama Yatim Mandiri.

  Infaq: Memberi dengan Hati yang Ikhlas demi Kebaikan Bersama