close

Rekomendasi Untuk Kita Hati Dan Budbahasa

HATI DAN AKHLAK
Akhlak yaitu cerminan hati.Orang-orang yang berakhlak baik, Insya Allah mempunyai hati yang baik. Seseorang yang sedang emosi, akan tampak pada raut wajah, perkataan dan tulisannya yang emosional. Sering kali tidak tersaring oleh akal sehat. Wajahnya tak nyaman dilihat, ucapannya tak patut di dengar, tulisannya tak lezat dibaca.
Jika kita sengan marah. Diamlah. Agar tindakan kita tidka merugikan siapapun. Sebuah teko yang berisi air teh, hanya akan mengeluarkan air teh dari lubangnya. Sebuah teko yang berisi air kopi akan cuma akan mengeluarkan air kopi dari lubangnya. Itulah ungkapan perilaku seseorang dan isi hatinya.
Seseorang yang berhati baik, tindakannya baik, ucapannya baik, dan tulisannya pun baik. Seseorang yang berhati kotor, tindakannya tak patut, ucapannya penuh caci, dan tulisannya pun sarat benci. Saat sedang murka pun, orang yang berhati baik mampu menahan diri dari berperilaku tak baik. Berbeda dengan orang yang memiliki hati kotor, saat tak marah pun tindakannya tak terpuji.
Mencaci dan menghujat bukanlah tanda ketegasan, itu hanyalah tanda hati yang tak higienis. Membenci dan mencela bukanlah tanda wibawa, itu hanyalah tanda akhlak yang belum di bina.
Kendalikan hati, fikiran, ucapan, dan tulisan. Pengrndalian tebaik yaitu dengan memperbanyak mengenang Allah.
“Tunjukkanlah budbahasa yang mulia, itulah ciri insan berhati paripurna”
Sumber bacaan buku : 
“Nasehat untuk kita” oleh : Farhan Abdul Majiid. Halaman: 5
Wallahu a’alam
  Menjadi Pribadi Yang Berilmu Bersyukur