close

Reklame Visual, Komersial Dan Non Komersial

Reklame Visual, Komersial dan Non Komersial pengertianartidefinisidari.blogspot.com – Reklame Visual ialah reklame yang berupa gambar dan goresan pena (cuma mampu dilihat). Poster ialah acuan reklame yang berbentuk gambar dan goresan pena pada selembar kertas dan ditempelkan ditempat biasa . Brosur/brosur ialah contoh reklame yang dibuat di selembar kertas dan disebarluaskan secara eksklusif pada konsumen.

Baca: PERBEDAAN ANTARA LEAFLET DENGAN FLYER

 Komersial dan Non Komersial pengertianartidefinisidari REKLAME VISUAL, KOMERSIAL DAN NON KOMERSIAL
Gambar Reklame Visual dengan tema budaya membaca di sekolah

Reklame komersial yakni reklame yang dibuat dengan tujuan untuk menerima laba biasanya berkaitan dengan iklan barang atau jasa suatu perusahaan. Contoh: Iklan produk sabun mandi, iklan kendaraan beroda empat yang terpampang di jalan raya, dan sebagainya.

 Komersial dan Non Komersial pengertianartidefinisidari REKLAME VISUAL, KOMERSIAL DAN NON KOMERSIAL
Gambar Reklame komersial Iklan produk sabun mandi

Reklame non komersial adalah reklame yang dibentuk dengan tujuan tidak untuk mendapatkan laba secara bisnis melainkan untuk menghimbau, mengajak, mengumumkan sesuatu kepada orang banyak. Contoh: poster Pekan Imunisasi Nasional, poster isyarat basuh tangan yang benar, poster peringatan penaggulangan demam berdarah, dan sebagainya.

 Komersial dan Non Komersial pengertianartidefinisidari REKLAME VISUAL, KOMERSIAL DAN NON KOMERSIAL
Gambar Reklame non-komersial poster Pekan Imunisasi Nasional.

Pengertian reklame ditinjau dari asal kata yaitu berasal dari bahasa latin “re clamare” atau “re calmo” memiliki arti berulang-ulang dan “clamare atau clamo” memiliki arti berteriak. Kaprikornus reklame mampu diartikan teriakan yang dikerjakan berulang-ulang dengan tujuan untuk mempromosikan, mengajak, mensugesti, menganjurkan, dan menginformasikan sesuatu.

Berbeda dengan reklame komersial yang bertujuan untuk mencari untung. Reklame non komersial tidak bertujuan untuk mencari untung maupun menunjukkan barang dan jasa, melainkan untuk mengajak dan menghimbau penduduk untuk melaksanakan sesuatu. Itu sebabnya iklan non komersial ini sering disebut dengan iklan layanan masyarakat atau iklan sosial.

  # Teks Editorial / Opini (tajuk rencana): Pengertian, struktur teks, kaidah kebahasaan dan contoh teks editorial/opini

Baca: SENI REKLAME: ARTI, JENIS, TUJUAN, DAN UNSUR PEMBUATAN REKLAME

Demikianlah iklan Reklame Visual, Komersial dan Non Komersial pengertianartidefinisidari.blogspot.com semoga berguna!!!