close

Rangkuman Paibp Kelas 11 Bagian 1 Membiasakan Berpikir Kritis Dan Semangat Mengasihi Iptek (Paibp Kelas Xi Sma/Smk) Sekolahmuonline.Com

Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 1 Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai IPTEK (PAIBP Kelas XI SMA/SMK) sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami suguhkan untuk Anda utamanya adik-adik yang kini berada di kelas 11 Sekolah Menengan Atas/SMK utamanya Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan Pusat Keunggulan (PK) Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas XI SMA/Sekolah Menengah kejuruan. Pada artikel kali ini Sekolahmuonline suguhkan Rangkuman atau Ringkasan PAIBP Kelas 11 Bab 1 Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai IPTEK.
 Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai IPTEK  Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 1 Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai IPTEK (PAIBP Kelas XI SMA/SMK)   sekolahmuonline.com
PAIBP Kelas XI Bab 1 Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai IPTEK yaitu salah satu Bab yang ada di semester ganjil atau semester 1. Secara urutan dalam buku PAIBP Kelas XI masuk pembahasan pertama di semester ganjil.

Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 1 Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai IPTEK

1. Isi kandungan Q.S. Ali ‘Imrān/3: 190-191 dan hadis terkait, diantaranya:
a) Penciptaan alam semesta, dan silih bergantinya siang dan malam, pusaran angin, keteraturan lintasan benda-benda langit, dan bumi dengan segala isinya, semua itu jangan dijadikan selaku insiden biasa, tanpa hikmah dan tujuan, namun harus dipikirkan, sehingga keberadannya mampu diambil segi faktual dan negatifnya melalui akal fikiran serta nalar kebijaksanaan yang dimiliki seseorang.

b) Kecanggihan ilmu wawasan dan teknologi (iptek) mesti makin menumbuhkan kedekatan (taqarrub) terhadap Allah Swt. Itu artinya, semakin banyak ilmu yang dimiliki seseorang, hidupnya mesti semakin baik dan benar di sisi Allah Swt., tergolong semua nikmat yang diterima, pasti akan diminta pertanggungjawaban.

c) Berpikir menjadi ciri khas manusia. Disebabkan kemampuan berpikir, insan menjadi makhluk yang dimuliakan Allah Swt.

d) Peran sebagai khalifah, diamanahkan kepada manusia, sebab aspek berpikir juga. Karena kesanggupan berpikirlah, ilmu pengetahuan dan teknologi akan diserap didapat dan ditemukan.

e) Berpikir (الفكر), berarti kekuatan yang menembus suatu obyek, sehingga menciptakan pengetahuan. Jika pengetahuan itu, disokong bukti-bukti kuat dinamakan علم/ilm. Jika buktinya belum meyakinkan, tetapi kebenarannya lebih lebih banyak didominasi, disebut ظن (dhann/dugaan). Selanjutnya, bila kemungkinan benar dan salahnya sebanding disebut شكّ (syakk/keraguan).

2. Isi kandungan Q.S. arl-Rahmān/55: 33 dan hadis terkait, di antaranya:
a) Rajin, cinta, dan semangat belajar itu mutlak dijalankan, namun penting sekali melakukan seleksi ilmu dan guru, supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diharapkan, balasan kebodohan diri, atau dibodohi pihak lain.

b) Membaca itu berhubungan dengan qalam (pena) selaku alat untuk menulis, sehingga goresan pena itu menjadi penghubung antar manusia walaupun mereka berjauhan kawasan, sebagaimana mereka bekerjasama dengan perantaraan lisan.

c) Setiap orang harus bercita-cita mempunyai iptek yang tinggi, sebagaimana peran para ulama, sehingga sampai sekarang, meski sudah wafat, ilmu masih bermanfaat untuk generasi akan datang, dan harus menjadi kesadaran bersama, bahwa untuk menjadi ulama itu bukan hal gampang.

d) Saat ini, semakin sedikit ulama akhir diwafatkan oleh Allah Swt. dan itu besar lengan berkuasa kepada hilangnya ilmu yang dimiliki para ulama yang berakibat bagi kehidupan, sehingga kian susah mendapatkan acuan yang mampu dicontoh. 

Demikian artikel Sekolahmuonline yang menghidangkan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 11 Bab 1 Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai IPTEK yang Sekolahmuonline rujuk dari Buku PAIBP Kelas XI Sekolah Menengan Atas/Sekolah Menengah kejuruan. Semoga berguna. Silahkan baca artikel-postingan Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 11 SMA/Sekolah Menengah kejuruan semua Bab lihat pada judul-judul psotingan di bawah ini:

  Soal Paibp Kelas 11 Bab 5 Meneladani Jejak Langkah Ulama Indonesia Yang Terkenal Diseluruh Dunia (Paibp Kelas Xi Sma/Smk) Sekolahmuonline.Com