close

Rangkuman Paibp Kelas 11 Bab 3 Menghindari Perkelahian Pelajar, Minuman Keras, Dan Narkoba (Paibp Kelas Xi Sma/Smk) Sekolahmuonline.Com

Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 3 Menghindari Perkelahian Pelajar, Minuman Keras, dan Narkoba (PAIBP Kelas XI Sekolah Menengan Atas/Sekolah Menengah kejuruan) sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan untuk Anda utamanya adik-adik yang sekarang berada di kelas 11 SMA/SMK khususnya SMA dan SMK Pusat Keunggulan (PK) Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas XI. Pada artikel kali ini Sekolahmuonline sajikan Rangkuman atau Ringkasan PAIBP Kelas 11 Bab 3 Menghindari Perkelahian Pelajar, Minuman Keras, dan Narkoba.
 berikut ini kami sajikan untuk Anda khususnya adik Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 3 Menghindari Perkelahian Pelajar, Minuman Keras, dan Narkoba (PAIBP Kelas XI SMA/SMK)   sekolahmuonline.com
PAIBP Kelas XI Bab 3 Menghindari Perkelahian Pelajar, Minuman Keras, dan Narkoba yakni salah satu Bab yang ada di semester ganjil atau semester 1. Secara urutan dalam buku PAIBP Kelas XI masuk pembahasan ketiga di semester ganjil.

Rangkuman PAIBP Kelas 11 Bab 3 Menghindari Perkelahian Pelajar, Minuman Keras, dan Narkoba

1. Perkelahian pelajar, dapat dibagi menjadi 2 jenis, yakni:
(1) Delikuensi Situasional, yaitu pertengkaran terjadi sebab adanya suasana yang mewajibkan mereka untuk langgar, danĀ 
(2) Delikuensi Sistematik, adalah: para pelajar yang terlibat dalam perkelahian itu berada di dalam sebuah organisasi tertentu atau Geng.

Faktor penting adanya pertengkaran pelajar, antara lain:
a) Rational Choice, ialah adanya perkelahian pelajar disebabkan faktor individu.
b) Social Disorganization, adalah adanya perkelahian pelajar disebabkan faktor lingkungan.
c) Strain, adalah adanya pertengkaran pelajar disebabkan aspek tekanan yang besar dari masyarakat.
d) Differential Association, yaitu adanya pertengkaran pelajar disebabkan aspek salah pergaulan.
e) Labbeling, yaitu adanya pertengkaran pelajar disebabkan faktor sudah biasa dicap selaku pelajar yang bandel.

2. Khamr yaitu jenis minuman dan masakan yang mampu memabukkan dan menetralisir kesadaran seseorang. Makna lain yakni segala apapun yang memabukkan atau menghancurkan nalar sehat. Berlandaskan pemahaman tersebut, segala jenis narkoba, minuman keras tergolong makna dari khamr.

3. Termasuk jenis khamr adalah alkohol yang ialah zat kimia yang dipergunakan untuk beragam kebutuhan di dunia medis, antara lain disinfektan, pembersih, pelarut, materi bakar, dan sebagai adonan zat kimia yang lain. Penggunaan alkohol dalam makna terakhir, tidak masuk dalam klasifikasi khamr, dan itu berarti diperbolehkan (tidak haram)

4. Tidak pernah main-main memakai atau meminum khamr, alasannya ancaman dan madharatnya sungguh besar, baik bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Khamr termasuk rijs, yaitu perilaku dan tindakan yang amat sungguh tercela, buruk, keji, jijik, kotor, bahkan mampu berarti najis.

5. Narkoba ialah singkatan dari nar = Narkoba; ko = Psikotropika; dan ba = Bahan-bahan adiktif (alkohol, rokok, kopi, dan lain sebagainya).

6. Narkotika ialah zat atau obat yang berasal dari flora atau bukan yang menimbulkan penurunan atau pergeseran kesadaran, hilangnya rasa, meminimalkan sampai menetralisir rasa nyeri, dan dapat mengakibatkan ketergantungan.

7. Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis yang berkhasiat psikoaktif melalui imbas selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan pergeseran khas pada acara mental dan perilaku.

8. Zat Adiktif yakni obat serta bahan-materi aktif yang jikalau dimakan oleh organisme hidup, menimbulkan kerja biologi serta menjadikan ketergantungan atau adiksi yang merepotkan dilarang dan berdampak ingin menggunakannya secara terus menerus

9. Segala jenis obat psikotropika dan narkotika, meski tidak mengandung alkohol, ia tetap haram digunakan. Sebab, dampak negatifnya sangat buruk sekali, baik dilihat dari segi logika fikiran, kesehatan, harta benda maupun kepribadian bagi semua.

Demikian artikel Sekolahmuonline yang menyajikan Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 11 Bab 3 Menghindari Perkelahian Pelajar, Minuman Keras, dan Narkoba yang Sekolahmuonline rujuk dari Buku PAIBP Kelas XI Sekolah Menengan Atas/Sekolah Menengah kejuruan. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-artikel Sekolahmuonline lainnya.

Lengkap Rangkuman atau Ringkasan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas 11 Sekolah Menengan Atas/SMK semua Bab lihat pada judul-judul psotingan di bawah ini:
  Rangkuman Paibp Kelas 11 Bagian 1 Membiasakan Berpikir Kritis Dan Semangat Mengasihi Iptek (Paibp Kelas Xi Sma/Smk) Sekolahmuonline.Com