close

Rangkuman Geografi Kelas 11 Bagian 3 Sebaran Dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, Dan Pariwisata Sekolahmuonline.Com

Rangkuman Geografi Kelas 11 Bab 3 Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, dan Pariwisata sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini Sekolahmuonline sajikan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Geografi Kelas 11 Bab 3 Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, dan Pariwisata. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga berguna. Memudahkan Anda dalam mengenang dan mempelajari Geografi utamanya bahan pembahasan Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, dan Pariwisata.

Rangkuman Geografi Kelas 11 Bab 3 Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, dan Pariwisata

1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable resources), adalah sumber daya alam yang mampu pulih kembali dalam waktu yang relative cepat, contohnya hutan, tanah pertanian, perkebunan dan peternakan. 

2. Sumber daya alam yang tidak mampu diperbarui (unrenewable resources), adalah sumber daya alam yang sehabis digunakan eksklusif habis dan membutuhkan waktu yang sangat usang dalm proses pemulihannya, contohnya minyak bumi, batau bara, bauksit, bijih besi dan barang tambang yang lain.

3. Sumber Daya Kehutanan dapat diartikan selaku suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan yang berisi sumberdaya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam dalam komplotan alam dan lingkungannya, yag satu dengan lalinnya tidak mampu dipisahkan.

4. Sumber daya alam pertanian di Indonesia terbagi menjadi 3 kawasan, yaitu sawah, ladang, dan tegalan.

5. Hasil perkebunan di Indonesia juga melimpah. Beberapa hasil perkebunan di Indonesia bahkan sudah menjadi salah satu barang yang di ekspor. Beberapa hasil perkebunan Indonesia yang menjadi primadona adalah karet, kopi, tembakau, teh, jati, dan tebu.

6. Pertambangan yaitu rangkaian acara dalam rangka upaya penelusuran, penambangan (penggalian), pengolahan, pemanfaatan dan penjualan materi galian.
Menurut Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 1980 pengelompokan secara rinci bahan galian ialah selaku berikut, yaitu materi galian golongan A materi galian kalangan B dan materi galian golongan C.

7. Sumber daya laut adalah unsur hayati dan nonhayati yang terdapat di daerah laut.
Potensi sumberdaya maritim Indonesia tidak hanya berupa ikan, namun juga materi tambang seperti minyak bumi, nikel, emas, bauksit, dan lain-lain yang berada di bawah permukaan maritim.

8. Potensi pariwisata Indonesia mencakup wisata alam dengan pesona keunikan lingkungan alamnya, rekreasi budaya dengan pesona budbahasa istiada dan seninya, dan rekreasi bikinan dengan banyak sekali kemudahan wisata dan hiburannya. 

9. AMDAL ialah kajian tentang dampak penting sebuah usaha dan aktivitas yang dijadwalkan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan perihal penyelenggaraan usaha atau acara yang dapat mengakibatkan perhubahan terhadap lingkungan hidup.

10. Pembangunan berkesinambungan ialah proses pembangunan (lahan, kota, bisnis, penduduk , dsb) yang berprinsip menyanggupi keperluan sekarang tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi kurun depan. Pembangunan berkesinambungan artinya memperhatikan dan mempertimbangkan dimensi lingkungan hidup untuk memperbaiki kerusakan lingkungan hidup.

11. Prinsip pembangunan berkelanjutan antara lain keadilan antar generasi, keadilan dalam satu generasi, prinsip pencegahan dini, derma keanekaragaman hayati dan internalisasi biaya lingkungan.

Demikian artikel Sekolahmuonline yang menghidangkan rangkuman atau ringkasan mata pelajaran Geografi Kelas 11 Bab 3 Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, dan Pariwisata. Rangkuman Sekolahmuonline himpun dari Modul PJJ Geografi Kelas XI. Semoga bermanfaat. Silahkan baca postingan-postingan Sekolahmuonline yang lain.

Baca dan pelajari juga soal-soal Geografi kelas 11 lengkap dengan kunci tanggapan serta pembahasannya juga rangkuman setiap Bab pada judul-judul di bawah ini [Tinggal Klik Judulnya].

Soal Geografi Kelas 11:

  Rangkuman Geografi Kelas 11 Bab 5 Dinamika Kependudukan Di Indonesia Sekolahmuonline.Com

Rangkuman Geografi Kelas 11: