close

Rangkuman Bahan Pembelajaran Tik Perihal Internet


 Sobat… berbicara perihal teknologi akan tidak menjadi abnormal lagi bagi kita.. 

apalagi berbicara wacana Internet,  kadang-kadang dunia nyata menjadi ilusi bagi mereka yang telah ketergantungan di dunia maya yuuups.. tentu saja ini semua alasannya gampangnya mengakses internet..
Ingat pepatah ini “Tak Kenal Maka Tak Sayang” ?… 
berlakukan untuk semua faktor yah sahabat, sebelum kita memperlajari sesuatu alangkah baiknya kita mengenalnya sebelum menyukainya ini sangat membantu sobat untuk terus bergairahdalam melanjutkan sesuatu..
apa itu INTERNET?
Secara bahasa nih internet (Interconnected networking) adalah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian.
Namun, secara biasa teman tentu sudah mengetahui bahwa internet yaitu jaringan komputer yang menghubungkan satu komputer dengan komputer-komputer lainnya secara global/terkenal diseluruh dunia.
INTERNET telah ada sejak kapan?
Jawabannya ialah pada tahun 1969. Namun, ketika itu namanya bukan INTERNET melainkan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) ialah jaringan komputer yang dibuat oleh ARPA (Advanced Research Project Agency) dari Departemen Pertanahan Amerika Serikat.
Nah ketika itu ARPANET difungsikan cuma untuk nasehat percobaan teknologi jaringan komputer modern dengan menghubungkan banyak komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi persoalan kalau terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya gosip terpusat, yang bila terjadi perang mampu mudah dihancurkan.
Cerita Singkat Perkembangan Internet
Tanggal 6 agusttus 1991, CERN (Conseil Europeen pour la Recherche Nucleaire/ European Council for Nuclear Reseatrch) memperkenalkan proyek World Wide Web. 
Sejak tahun 1989 oleh ilmuwan asal Inggris bernama Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee. Pada tahun 90an Internet mulai dikenal luas.

 Hingga sampai Januari 2009, menurut statik dari AMD (Advanced Micro Devices), populasi internet mencapai 1,5 milyar (data penggunaan internet per 100 penduduk menurut ITU (International Telecommunication Union).

Perbedaan Internet dan World Wide Web (WWW/Web)
Sekarang Internet lebih diundang dengan nama keren adalah Web/ WWW. Padahal semestinya tidak alasannya adalah Web hanyalah bab alias fasilitas yang banyak digunakan di internet.
Internet ialah jalur terhubungnya komputer-komputer diseluruh dunia. Sedangkan Web yaitu salah satu akomodasi yang ada didunia. Internet berfungsi untuk memperlihatkan informasi berupa goresan pena, gambar, musik, bahkan video melalui browser (perambah).

Manfaat Internet apa sih?
Berikut beberapa manfaat yang bisa kita ambil nih :
1.    Media/Sarana Informasi
a.    Televisi
Dengan menggunakan internet kita bisa menonton program-program tv yang tidak sempat kita nonton.. waaah… jadi tak perlu cemas lagi nih bila tertidur alasannya adalah nunggu film favorite.

b.    Radio

Nah.. selain tv, di internet juga kita mampu mengakses radio. Biasa radio yang ada diinternet diketahui dengan siaran khusus di internet, namun ada juga siaran radio biasa yang mampu kita dengarkan lewat internet.

c.    Koran

Semakin mudah membaca tanpa harus membeli koran kan? Yah.. karena sakin canggihnya nih koran sekarang tersedia online, mau dimanapun kita masih menerima isu secara cepat tanpa harus pergi mencari pedagang koran cuma untuk menerima berita.

2.    Media/ Sarana Komunikasi

a.    Telepon
Sekarang kita bisa menelpon hanya melalui internet. Di internet diketahui dngan VoIP (Voice over Internet Protocol) artinya bunyi lewat jalur internet.

Dengan mempergunakan internet kita mampu mnggunakan aplikasi-aplikasi yang menawarkan jasa telepon misalnya WA, FB, dan media lainnya.

b.    Surat Menyurat

Tak lagi sama, dahulu melalui Kantor pos namun sekarang hanya memodalkan komputer dan internet kita sudah bisa mengirik surat dengan mempergunakan media Email. Bahkan bukan cuma mengantarsurat saja, kita juga dapat mengirim foto, dan juga video.

  Ihwal Hati (Antara Cinta Dan Rindu)

c.    Chatting

Bertukar pesan melalui internet mirip seperti SMS namun lebih mutakhir sebab cuma dengan bermodalkan internet saja kita sudah mampu berkomunikasi dengan mereka yang ada diseluruh dunia.

3.    Media/Sarana untuk belajar (bermain sambil bermain)

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari internet. Termasuk belajar ialah dengan mengakses situs-situs berguru mirip : Kidzui.com, learningplanet.com, Funschool.com, Funbrain.com, dan kids.yahoo.com

4.    Media/Sarana untuk hiburan /Bermain

a.    Video
atkan situs youtube dimana dalam situs ini berbagai video yang bisa kita nonton, mulai dari video lucu, seram, music, de el el ..

Wallahu a’lam..

Sumber :

Rangkuman : “Internet Teman Belajarku” Oleh : Wisya Yugaswara & Juniagraha. Hal. 1-23.Penerbit : Talenta Pustaka Indonesia. 2009.

Gambar: encrypted-tbn0.gstatic.com