close

Rangkuman Bahan Keadaan Geografis Dan MasyarakatIndonesia

Bentang alam daerah Indonesia sangat beragam. Hamparan hutan dan sawah yang menghijau bak untaian zamrud khatulistiwa. Banggakah kau menjadi warga negara Indonesia yang subur dan makmur? Hutan, maritim, sungai, dan pantai bagian dari kondisi fisik Indonesia. Indonesia kaya pula akan keragaman suku bangsa, budaya, dan adat istiadat. Indonesia mempunyai keunikan tarian, senjata tradisional, busana daerah, dan masakan yang khas. Sungguh menakjubkan. Materi tentang keadaan geografis dan masyarakatIndonesia akan diuraikan pada bab berikut.
Untuk memudahkan pemahamanmu tentang bahan tersebut, pelajarilah peta desain berikut. Peta rancangan akan memberikan akomodasi bagimu mempelajari materi yang akan dibahas. Cermati dan perhatikan peta rancangan berikut.
Rangkuman Materi Kondisi Geografis dan Penduduk Indonesia Rangkuman Materi Kondisi Geografis dan Penduduk Indonesia
Ikhtisar
Kondisi geografis yaitu keadaan lingkungan alam sebuah wilayah, meliputi letak, luas, bentang alam, cuaca, iklim, serta tanaman dan fauna.
Letak astronomis ialah letak sebuah daerah  atau daerah menurut garis lintang dan garis bujur. Berdasarkan letak astronomisnya, Indonesia berada di antara 6º LU–11º LS dan 95º BT–141º BT. Letak geografis yakni letak sebuah wilayah atau kawasan dilihat dari daerahdaerah lain di sekitarnya. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia berada di antara dua benua, adalah Asia dan Australia, serta diapit oleh dua samudra, yaitu Hindia dan Pasifik.
Cuaca adalah kondisi cuaca pada sebuah ketika dengan cakupan kawasan dan waktu yang relatif sempit.
Iklim adalah rata-rata kondisi cuaca dengan cakupan daerah dan waktu yang relatif luas. Iklim biasanya dihitung dalam jangka waktu 30 tahun.
Unsur-komponen cuaca dan iklim meliputi suhu udara (temperatur), tekanan udara, angin, kelembapan udara, dan curah hujan.
Tanah yang dalam Bahasa Inggris disebut soil ialah suatu benda fisik yang berwujud tiga dimensi yang merupakan bagian paling atas dari kulit bumi.
Lahan dalam bahasa Inggrisnya disebut land yaitu lingkungan benda mati (abiotik) dan benda hidup (biotik) yang berkaitan dengan daya dukungnya.
Flora mampu diartikan selaku dunia tumbuhtumbuhan. Adapun fauna dapat diartikan sebagai dunia binatang.
Penduduk yakni orang atau sekelompok orang yang tinggal di sebuah daerah. Penduduk Indonesia yakni orang-orang yang menetap di Indonesia. Berdasarkan publikasi dari Badan Pusat Statistik (BPS), hasil sensus pada tahun 2000 memberikan bahwa masyarakatIndonesia berjumlah 202,9 juta jiwa.
Penduduk Indonesia terdiri atas beberapa suku bangsa, tradisi budaya, dan mempunyai ber bagai jenis bahasa daerah. Keragaman ini dijadikan dasar untuk membina persatuan dan kesatuan bangsa.