close

Profil Gottfried Münzenberg – Fisikawan Jerman

Gottfried Münzenberg (lahir 17 Maret 1940 di Nordhausen , Propinsi Saxony ) ialah seorang fisikawan Jerman.

Ia mencar ilmu fisika di Justus-Liebig-Universität di Giessen dan Leopold-Franzens-Universität Innsbruck dan menuntaskan studinya dengan gelar Ph.D. di Universitas Giessen, Jerman, pada tahun 1971.

Pada tahun 1976 dia pindah ke departemen kimia nuklir di GSI di Darmstadt, Jerman, yang dipimpin oleh Peter Armbruster. Dia memainkan tugas utama dalam pembangunan KAPAL, ‘Separator Heavy Ion Reaction Products’. Dia ialah kekuatan pendorong dalam inovasi fusi ion masbodoh dan penemuan unsur bohrium (Bh Z = 107), hassium (Hs Z = 108), meitnerium (Mt Z = 109), darmstadtium (Ds Z = 110 ), roentgenium (Rg Z = 111) dan copernicium (sebelumnya eka-mercury atau ununbium) (Uub Z = 112).

Pada tahun 1984 beliau menjadi kepala proyek GSI yang gres, pemisah fragmen, sebuah proyek yang membuka topik observasi baru, mirip interaksi ion berat relativistik dengan materi, buatan dan pemisahan balok nuklir eksotis dan struktur inti eksotis. Dia memimpin Departemen Nuklir dan Departemen Kimia Nuklir GSI dan menjadi profesor fisika di Universitas Mainz hingga beliau pensiun pada bulan Maret 2005.

Gottfried Münzenberg, sepanjang hidupnya dia sangat memperhatikan implikasi filosofis dan teologis fisika.

Di antara penghargaan yang diterimanya mesti disebutkan Hadiah Röntgen dari Universitas Giessen pada tahun 1983 dan (bersama dengan Sigurd Hofmann) Hadiah Otto-Hahn dari kota Frankfurt / Main pada tahun 1996. (sumber)

  Persamaan reaksi redoks ion permanganat dan ion oksalat dalam suasana basa: