close

Profi Jacob A. Marinsky – Penemu Bagian Promethium

Jacob Akiba Marinsky ialah spesialis kimia Amerika yang menjadi penemu dari komponen promethium. Marinsky ialah salah satu ilmuwan Proyek Manhattan yang pada tahun 1945 menandatangani petisi menentang menjatuhkan bom atom di Jepang.

Biografi

Marinsky lahir di Buffalo, New York pada tanggal 11 April 1918. Ia kuliah di University at Buffalo dikala memasuki usia 16 tahun dan mendapatkan gelar sarjana kimia pada tahun 1939.

Jacob Akiba Marinsky adalah seorang ahli kimia Amerika yang menjadi penemu dari unsur prom Profi Jacob A. Marinsky - Penemu Unsur PromethiumSelama Perang Dunia II ia bekerja selaku ahli kimia untuk Proyek Manhattan, bekerja di Laboratorium Clinton (kini Oak Ridge National Laboratory ) dari tahun 1944 hingga 1946. Pada tahun 1945, bersama dengan Lawrence E. Glendenin dan Charles D. Coryell, beliau mengisolasi komponen tanah jarang yang sebelumnya tidak terdokumentasi 61.

Marinsky dan Glendenin menghasilkan promethium baik dengan ekstraksi dari produk fisi dan dengan membombardir neodymium dengan neutron. Mereka mengisolasinya memakai kromatografi pertukaran ion. Publikasi perihal temuan tersebut ditangguhkan alasannya adalah perang. Marinsky dan Glendenin menginformasikan inovasi tersebut pada sebuah pertemuan American Chemical Society pada bulan September 1947. Atas rekomendasi istri Coryell, tim tersebut menamai elemen baru Prometheus mitos, yang mencuri api dari tuhan dan dieksekusi karena langkah-langkah Zeus. Mereka juga memikirkan untuk menamainya “clintonium” untuk akomodasi tempat dia diisolasi.

Promethium (dulu prometheum ) adalah bagian kimia dengan simbol Pm dan nomor atom 61. Semua isotopnya bersifat radioaktif ; Ini ialah satu dari dua komponen yang dibarengi dalam tabel periodik oleh komponen dengan bentuk stabil, perbedaan yang dibagikan dengan teknesium. Secara kimia, promethium adalah lantanida, yang membentuk garam jika dikombinasikan dengan unsur lainnya. Promethium cuma menunjukkan satu keadaan oksidasi stabil +3.

Dia melanjutkan pendidikannya setelah perang, mendapatkan gelar Ph.D. dalam Kimia Nuklir dan Anorganik dari Institut Teknologi Massachusetts pada tahun 1949. Dia melakukan pekerjaan di observasi industri sebelum bergabung dengan fakultas Universitas di Buffalo pada tahun 1957. Penelitiannya berhubungan dengan kimia anorganik nuklir, studi fisikokimia pertukaran ion, dan polielektrolit dan tata cara elektrolit. Pada final 1960-an saat universitas mewajibkan fakultas untuk menandatangani sumpah kesetiaan kepada Amerika Serikat, Marinsky menolak, menyebutnya sebagai pelanggaran keleluasaan sipil, suatu posisi yang menyebabkan beberapa anggota fakultas lain kehilangan pekerjaan mereka. Ia pensiun pada tahun 1988, menjadi profesor emeritus.

  Monosakarida

Pada permulaan 1960-an Marinsky yakni seorang Fulbright Research Scholar di Weizmann Institute of Science di Israel . Pada tahun 1990, beliau mendapatkan Clifford Furnas Memorial Award dari University at Buffalo, memberikan penghargaan terhadap lulusan yang prestasi ilmiahnya membawa prestise ke universitas.

Marinsky meninggal 1 September 2005, dari beberapa myeloma.Ia dimakamkan di Pine Hill Cemetery di Buffalo Ia menikah dengan mantan Ruth Slick, yang bertahan selama 63 tahun. Mereka yakni orang bau tanah dari empat anak wanita.

Sumber: en.wikipedia.org