close

Problematika Ekonomi

Problematika ekonomi – Ekonomi ialah salah satu bidang pengkajian yang menjajal manyelesaikan masalah kebutuhan asas kehidupan manusia melalui pemanfaatan segala sumber daya ekonomi yang ada dengan berasaskan prinsip dan teori tertentu dalam suatu ekonomi yang di anggap efektif dan efisien (Abraham Maslow).
Pada dasarnya ekonomi ialah ilmu yang mempelajari ihwal bagaimana manusia mampu untuk mampu menyanggupi keperluan hidupnya, jadi masalah di dalam ekonomi telah menjadi hak mutlak setiap manusia, dari sisi lain ekonomi yakni persoalan yang paling banyak di bicarakan baik itu di golongan masarakat, media periode dan pemerintahan,
Di Negara kita ini aneka macam kita mendapatkan permasalahan ekonomi, dan pemerintah berusaha senantiasa memerangi problem tersebut, namun walaupun hingga sekarang semuanya belum mampu terealisasi dengan baik, maka kita selaku warga Indonesia yang baik senantiasa aktif di dalam memerangi urusan ini. Contoh kecil apa yang harus kita lakukan untuk memerangi krisis masalah ekonomi yakni dengan berusaha berguru dengan giat, berusaha mencari wawasan yang luas tentang dunia ekonomi dan tekun mengeluarkan uang pajak.
Problem paling besar yang dihadapi Indonesia ketika ini adalah dilema ekonomi atau lapangan pekerjaan. Khususnya, untuk jaminan penyediaan lapangan kerja.
Ada beberapa opini atau aspek yang menciptakan terjadinya banyak persoalan perekonomian di negri kita selaku berikut:
  • Rahardja,Prathama, Pengantar Teori Ekonomi Mikro, Universitas Indonesia, 1999.
  • Salvatore,Dominic,Teori Mikro Ekonomi, Erlangga, 1992,
  • Sicat,Gerardo P., Economics.Manila:National Book Store,1983,
  • Sukirno, Sadono, Pengantar Teori Ekonomi, Rajawali Pers, 2002,
  • Sukirno, Sadono, Makro Ekonomi Teori Pengantar , Rajawali Pers, 1994
  •   Karakteristik dalam Ekonomi Syariah