close

Prinsip Kerja Kolorimeter

Kolorimeter (Colorimeter) yaitu alat yang digunakan dalam kolorimetri. Di bidang sains, kata ini biasanya mengacu pada perangkat yang mengukur absorbansi pada panjang gelombang cahaya tertentu oleh larutan yang spesifik. Perangkat ini biasa dipakai untuk menentukan fokus larutan terlarut yang diketahui dalam larutan yang diberikan dengan penerapan Hukum Beer-Lambert, yang menyatakan bahwa fokus zat terlarut yaitu sepadan dengan absorbansi.

Prinsip kerja

 adalah alat yang digunakan dalam kolorimetri Prinsip Kerja Kolorimeter

Keterangan gambar:

(1) Pemilih panjang gelombang, 
(2) Tombol pencetak, 
(3) Penyesuaian faktor konsentrasi, 
(4) Pemilih mode UV (lampu Deuterium), 
(5) Pembacaan, 
(6) Kompartemen sampel, 
(7) Kontrol nol (100% T ), 
(8) Tombol sensitivitas, 
(9) Tombol ON/OFF

Kolorimeter ialah alat yang dipakai untuk mengukur warna. Alat ini sensitif terhadap cahaya yang diukur dan berapa banyak warna yang diserap oleh suatu benda atau zat. Alat Ini menentukan warna menurut bagian merah, biru, dan hijau dari cahaya yang diserap oleh objek atau sampel.

Ketika cahaya melalui suatu benda, maka sebagian dari cahaya diserap, dan kesannya, terjadi penurunan dalam berapa banyak cahaya yang dipantulkan oleh mediumnya. Colorimeter akan berganti sehingga pengguna dapat menganalisis konsentrasi zat tertentu dalam medium tersebut. Perangkat ini bekerja atas dasar hukum Beer-Lambert, yang menyatakan bahwa perembesan cahaya yang ditransmisikan lewat medium berbanding lurus dengan fokus medium.

Pada posisi paling dasar, kolorimeter melakukan pekerjaan dengan melewati panjang gelombang cahaya tertentu lewat larutan, dan kemudian mengukur cahaya yang datang melalui di sisi lain. Dalam pada umumnya masalah, lebih terfokus larutannya adalah cahaya lampu akan lebih banyak diserap, dan dapat dilihat pada perbedaan antara cahaya pada sumber asalnya dan sehabis itu melalui solusi. Untuk mengetahui fokus suatu sampel, maka sampel dilihat dari larytan di mana konsentrasi dimengerti yang pertama disiapkan dan diuji. Ini lalu diplot pada grafik dengan konsentrasi pada satu sumbu dan absorbansi di segi lain untuk membuat kurva kalibrasi, dikala sampel tidak dimengerti diuji, hasilnya ketimbang sampel yang dikenal pada kurva untuk menentukan konsentrasi. Beberapa jenis kolorimeter otomatis akan membuat kurva kalibrasi didasarkan pada kalibrasi awal.

  Interferometer Michelson Dan Penemunya

Penggunaan

Kolorimeter mampu digunakan dalam banyak sekali bidang. Kolorimeter portabel mampu digunakan untuk menganalisis kontras warna dan kecerahan pada layar televisi atau komputer, yang memungkinkan pengguna untuk lalu menyesuaikan pengaturan untuk menerima kualitas gambar terbaik.

Dalam industri percetakan, kolorimeter adalah unsur dasar dalam suatu metode administrasi warna. Aplikasi pencetakan yang lain tergolong industri memeriksa unsur elektro dan kualitas kertas pulp dan mengukur mutu tinta cetak.

Pedagang berlian menggunakan kolorimeter untuk mengukur sifat optik dari kerikil mulia. Dalam tata rias, perangkat ini dipakai untuk mengukur aspek tunjangan kulit kepada matahari.

Kolorimeter mampu menganalisis warna kulit dan warna gigi untuk membantu mendiagnosa penyakit tertentu, dan rumah sakit bahkan menggunakan beberapa macam perangkat ini untuk menguji konsentrasi hemoglobin dalam darah.

prinsip kerja colorimeter pdf, harga colorimeter, laporan colorimeter, colorimeter hach, macam macam alat colorimeter, kolorimeter