close

Prajurit Terbaik Kapal Induk Amerika Serikat Berdarah Cilacap


Ada seorang anak bangsa yang menjadi prajurit terbaik di kapal induk Amerika Serikat Prajurit Terbaik  Kapal Induk Amerika Serikat  Berdarah Cilacap
Heru Kurniawan Mansell

Prajurit Terbaik  Kapal Induk Amerika Serikat Berdarah Cilacap 
Ada seorang anak bangsa yang menjadi prajurit terbaik di kapal induk Amerika Serikat. Berita tersebut mencuat ketika USS Bonhomme Richard (LHD 6) berlabuh di Benoa, Bali pada 31 Juli lalu. Tak ada yang menduga bahwa kapal perang Amerika Serikat ini membawa seorang berdarah Cilacap dalam rombongannya.

Dilansir dari situs lokal Bali, tentara yang memiliki nama Heru Kurniawan Mansell tersebut lahir di Jawa Tengah sekitar 30 tahun kemudian. Saat umur dua tahun, dia bertemu dengan seorang warga Amerika bernama Mansell yang sedang melakukan pekerjaan di Indonesia. Mansell pun lalu menetapkan untuk mengadopsi Heru dan membawanya ke Amerika.

Pria yang mempunyai badan jangkung ini ialah prajurit terbaik kapal induk Amerika Serikat. Ia mempunyai tanggung jawab untuk mengusut kelengkapan persenjataan, tergolong mengurus helikopter dan pesawat tempur. Dalam tugasnya, Heru pun sudah terlibat berbagai misi yang diadakan Armada ke-7 USS Navy di Sasebo, Jepang.

Walau sudah berkebangsaan Amerika, namun teman-teman sesama prajurit sangat mengetahui bahwa rasa cintanya kepada tanah air tak pernah luntur. Heru pernah berkunjung ke tempat tinggal keluarganya di Cilacap dikala cuti dan libur bertahun-tahun yang lalu. Selalu ada keinginan untuk bertemu dengan keluarganya.

Selain Cilacap, kakak dari tentara ini pun ada yang tinggal di Surabaya. Sang kakak pun terlihat ikut menyambut kehadiran Heru dikala tiba di Benoa. Meski lama terpisah oleh jarak, jalinan keluarga mereka seakan tak pernah putus.Walau miliki kemampuan sebagai kapal serang amfibi, misi-misi LHD6 lebih banyak terkait kemanusiaan. Di dalam kapal induk tersebut setidaknya terdapat 3.000 personel US Navy, termasuk 1.800 personel marinir dari United States Marine Corps (USMC). 


Kapal ini juga turut dilengkapi dengan 5 unit pesawat tempur jenis AV-8B Harrier, 42 unit helikopter jenis MV-22B Osprey, 6 unit helikopter jenis AH-1W Super Cobra, 5 unit helikopter angkut jenis CH-53E sertahelikopter untuk SAR jenis MH-60S Sea Hawk. Sumber