close

Pola Soal Bahasa Indonesia Kelas 10 Kelas 11 Kelas 12 Sbmptn Beserta Jawabannya Bab 2

11. Apa yang dimaksud dengan Kritik Impresionistik?
Jawab: Kritik sastra yang berupaya menggambarkan dengan kata-kata dan sifat yang terasa dalam bab khusus karya sastra dan menyatakan tanggapan (impresi) kritikus yang ditimbulkan pribadi oleh karya sastra. 
12. Apa yang dimaksud dengan Kritik Induktif?
Jawab: Kritik sastra yang menguraikan bab-bagian karya sastra menurut fenomena yang ada secara objektif. Kritik induktif meneliti karya sastra sebagaimana halnya mahir ilmu alam meneliti tanda-tanda alam secara objektif tanpa memakai standar tetap di luar dirinya. 
13. Apa yang dimaksud dengan Kritik Judisial?
Jawab: Kritik sastra yang berusaha menganalisis dan menunjukan imbas-imbas karya sastra menurut pokonya, organisasinya, teknik serta gayanya, dan mendasarkan pendapatindividu kritikus atas dasar kriteria biasa perihal kedigdayaan karya sastra.
14. Apa yang dimaksud dengan Kritik Terapan?
Jawab: diskusi karya sastra tertentu dan penulisnya. Misalnya buku Kesusastraan Indonesia Modern dalam Kritik dan Esei Jilid II (1962) yang mengkritik sastrawan dan karyanya, diantaranya Mohammad Ali, Nugroho Notosusanto, Subagio Sastrowardoyo, dan lain sebagainya. 
15. Apa yang dimaksud dengan Kritik Teoritis?
Jawab: Kritik sastra yang bekerja atas dasar prinsip-prinsip lazim untuk menetapkan seperangkat istilah yang berafiliasi, pembedaan-pembedaan, dan klasifikasi-kategori untuk dipraktekkan pada pendapatdan interpretasi karya sastra maupun penerapan “tolok ukur” (tolok ukur atau norma) untuk menilai karya sastra dan pengarangnya. 
16. Sebutkan jenis-jenis esai!
Jawab:
1. Esai Deskriptif
2. Esai Tajuk
3. Esai Cukilan
4. Esai Pribadi
5. Esai Reflektif
17. Sebutkan Jenis Kritik Sastra Berdasarkan Orientasi!
Jawab:
1. Kritik Mimetik
2. Kritik Pragmatik
3. Kritik Ekspresif
4. Kritik Objektif
18. Sebutkan Jenis Kritik Sastra Berdasarkan Pelaksanaannya!
Jawab:
1. Kritik Judisial
2. Kritik Induktif
3. Kritik Impresionistik
19. Sebutkan Jenis Kritik Sastra Berdasarkan Bentuknya!
Jawab:
1. Kritik Teoritis
2. Kritik Terapan
20. Apa yang dimaksud dengan Kritik Sastra?
Jawab: Kritik sastra adalah bidang studi sastra untuk menghakimi karya sastra, untuk memberi evaluasi dan keputusan mengenai bermutu atau tidaknya sebuah karya sastra yang sedang dihadapi kritikus.