close

Peta Fikiran Dan Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

nurainins

 

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Proklamasi Kemerdekaan yang dijalankan tanggal 17 Agustus 1945 menjadi insiden penting bagi bangsa Indonesia. Peristiwa tersebut menjadi tonggak sejarah dimana bangsa Indonesia berhak atas kemerdekaan dan wajib mempertahankannya. Diawali dengan dijatuhkannya bom atom oleh tentara Amerika Serikat pada tanggal 6 Agustus 1945 di kota Hiroshima dan pada tanggal 9 Agustus 1945 di kota Nagasaki, Jepang kesannya mengalah terhadap tentara Sekutu. Peristiwa ini dijadikan peluang oleh bangsa Indonesia untuk secepatnya membebaskan diri dari penjajahan bangsa Jepang.

 

Teks proklamasi ditulis di rumah Laksamana Tadashi Maeda, Jl. Imam Bonjol No. 1. Para penyusun teks proklamasi yakni Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Achmad Soebardjo. Konsep teks proklamasi ditulis oleh Ir. Soekarno. Saat itu hadir pula B.M Diah, Sayuti Melik, Sukarni, dan Soediro. Sukarni merekomendasikan supaya yang menandatangani teks proklamasi itu ialah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Teks proklamasi diketik oleh Sayuti Melik.

 

Pagi harinya, 17 Agustus 1945, di kediaman Soekarno, Jl. Pegangsaan Timur No. 56 sudah hadir, antara lain, Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani, dan Trimurti. Acara dimulai pada pukul 10.00 dengan pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks. Kemudian bendera Merah Putih yang sudah dijahit oleh Ibu Fatmawati, dikibarkan.

 

Berdasarkan teks tersebut, isilah peta fikiran berikut!

Diskusikan peta pikiranmu dengan temanmu!

Kamu mampu berbagi isu pada peta anggapan tersebut dalam bentuk goresan pena dengan memakai kata-katamu sendiri.

 

PETA PIKIRAN : PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA

 

PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA

 

Apa

 

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

 

Mengapa

 

Karena bangsa Indonesia berhak atas kemerdekaan dan wajib mempertahankannya.

 

Siapa

 

Teks proklamasi dibacakan oleh Ir. Soekarno.

 

Bagaimana

 

Pembacaan teks proklamasi menjadi tonggak sejarah bangsa Indonesia.

 

Kapan

 

17 Agustus 1945 jam 10.00 WIB.

 

Di mana

 

Di kediaman Ir. Soekarno, Jl. Pegangsaan Timur No. 56

 

  Yang mana yang merupakan bentuk tepi daun dari daun cocor bebek?

 

Menjelang Proklamasi Kemerdekaan, perbedaan tempat, agama, dan suku bangsa bukanlah penghalang bagi generasi muda dan generasi renta untuk berkumpul. Perbedaan usulan sempat terjadi, namun akibatnya mereka bersatu padu untuk memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Pada waktu itu, semangat persatuan sungguh menonjol. Bangsa Indonesia memiliki tekad yang besar lengan berkuasa. Tidak ada jalan lain dalam usaha memproklamirkan kemerdekaan, kecuali menjalin persatuan dan kesatuan. Hal ini mencerminkan kerukunan dalam perbedaan.

Ayo Berdiskusi

Bersatu dalam perbedaan, yang merupakan landasan dari persatuan, sudah menjadi tatanan kehidupan penduduk Indonesia sejak dulu. Hal tersebut juga ditunjukkan dikala masa menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Bacalah teks tentang Proklamasi Kemerdekaan sekali lagi.

Tulislah makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi bangsa Indonesia pada kolom berikut!

Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi bangsa Indonesia :

Proklamasi ialah tonggak sejarah permulaan bagi bangsa Indonesia atas kemerdekaan dan terbebas dari belenggu penjajahan.

Diskusikan hasilnya dengan sobat di kelompokmu!

Tahukah kau bahwa Proklamasi Kemerdekaan memiliki makna yang sungguh penting bagi bangsa Indonesia?

1.   Sebagai Puncak Perjuangan Indonesia

Bangsa Indonesia telah dijajah selama beberapa tahun oleh negaranegara Eropa sampai Jepang. Penduduk dengan latar belakang yang berlawanan bersatu untuk melawan penjajah. Proklamasi Kemerdekaan ialah hasil dari perjuangan para satria.

2.   Pengakuan Kepada Dunia Luar

Dengan membacakan teks proklamasi, Indonesia memberitahukan kepada dunia luar bahwa Indonesia ialah negara yang merdeka. Pengakuan ini (de facto) disertai oleh legalisasi dari negara lain (de jure).

3.   Menaikkan Martabat Bangsa

Pembacaan teks proklamasi memperlihatkan pesan terhadap negara lain bahwa Indonesia adalah negara yang bebas dari penjajahan, negara yang mempunyai martabat, dan negara yang berdikari.

  Kisi-Kisi PAS Ilmu Kalam Kelas 10 K13 Tahun 2021/2022

4.   Perjuangan sebagai Negara Baru

Indonesia ialah negara yang dibangun oleh rakyat dan untuk rakyat. Negara Indonesia yakni negara mampu berdiri diatas kaki sendiri yang tidak tergantung terhadap negara lain.

5.   Tonggak Sejarah Negara Indonesia

Pembacaan teks proklamasi merupakan awal dari periode kemerdekaan Indonesia yang terbebas dari belenggu penjajahan.

 

Apa makna Proklamasi Kemerdekaan menurutmu? Tulislah paling sedikit tiga makna Proklamasi Kemerdekaan menurutmu!

Tiga makna Proklamasi Kemerdekaan Menurut Saya :

1)   Proklamasi ialah awal masa kemerdekaan bangsa Indonesia.

2)   Proklamasi adalah bentuk pengesahan terhadap dunia luar bahwa Indonesia adalah negara yang berdikari dan bermartabat.

3)   Proklamasi ialah hasil dari usaha para jagoan.

 

Tahukah kamu bahwa diharapkan kesanggupan untuk melaksanakan penyesuaian atau penyesuaian ketika kita ingin membuat kerukunan dalam perbedaan?

Masih ingatkah kamu pepatah ‘Di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung’? Pepatah ini mempunyai makna, jika kita berada di daerah yang baru maka kita perlu mengikuti keadaan dengan kondisi setempat biar kita mampu diterima dan hidup berdampingan dengan hening. Hal ini juga berlaku pada tanaman. Agar keberlangsungan hidupnya terjamin, maka tanaman mesti bisa melaksanakan pembiasaan sesuai keadaan lingkungannya. Bagaimana cara tanaman mengikuti keadaan? Ayo, kita pelajari!