close

Pertanyaan Tentang Pancasila Sebagai Dasar Dan Ideologi Negara Beserta Jawabannya

Hai, Sobat , tahukah Sobat bahwa selain selaku dasar, Pancasila juga merupakan ideologi negara?

Ya. Pancasila ialah identitas negara kita. Negara dan rakyat memiliki keharusan untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Entah itu selaku norma hukum, sikap mental, sampai kaidah-kaidah berperilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini amatlah penting demi terwujudnya kehidupan yang aman, tenang, sejahtera, serta terhindar dari perpecahan yang menjadikan hancurnya persatuan dan kesatuan bangsa.

Ragam Cara Memaknai Hari Lahir Pancasila Bagi Pelajar dan Generasi Muda

Pertanyaan Sulit Tentang Ideologi Pancasila Beserta Jawabannya

1. Apa yang dimaksud dengan ideologi Pancasila?

Jawaban:

Ideologi ialah identitas dalam berbangsa dan bernegara. Dengan demikian, ideologi Pancasila adalah hasil aliran atau ide yang mencakup nilai-nilai Pancasila dalam rangka meraih tujuan negara.

2. Apa saja fungsi Pancasila sebagai ideologi negara?

Jawaban:

Fungsi Pancasila selaku ideologi negara:

  • Menjadi sumber wawasan dan makna bagi bangsa
  • Pengarah dan pembimbing dalam meraih tujuan
  • Menjadi identitas bangsa yang membedakannya dengan bangsa lain
  • Menjadi aliran hidup dan fatwa dalam berperilaku
  • Menjadi dasar pencegahan pertentangan.

3. Mengapa negara Indonesia memakai ideologi terbuka?

Jawaban:

Sejatinya Indonesia merupakan sebuah negara. Pada dasarnya setiap negara memerlukan ideologi agar mampu melakukan metode pemerintahan yang ada pada negara tersebut.

Karena Indonesia yaitu negara besar yang menganut sistem pemerintahan demokratis, maka ideologi terbuka yang paling tepat untuk dipakai.

Sebagaimana yang kita pahami bahwa sistem pemerintahan demokratis adalah untuk rakyat, dilaksanakan oleh rakyat, dan juga dipimpin oleh rakyat.

Untuk mendukung tata cara tersebut, diharapkan ideologi yang bisa menawarkan peluang bagi rakyat untuk menuangkan aspirasi dan gagasan yang memiliki kegunaan untuk pertumbuhan bangsa.

4. Bagaimana cara menumbuhkan nilai-nilai yang terkandung Pancasila sehingga bisa memberikan cita-cita optimisme dan motivasi untuk merealisasikan impian negara?

Jawaban:

Adapun hal utama yang perlu dilakukan yakni menempatkan Pancasila dalam pengertian selaku akhlak, jiwa, dan kepribadian bangsa Indonesia.

Kita harus menyadari bahwa Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia lahir serentak dengan adanya bangsa Indonesia, dan hal tersebut dipicu oleh semangat untuk menjangkau kemerdekaan. Selain itu,Pancasila juga berfungsi sebagai kepribadian bangsa Indonesia. Artinya, jiwa bangsa Indonesia mempunyai arti statis sekaligus dinamis.

Jiwa ini keluar diwujudkan dalam perilaku mental, tingkah laku, dan amal perbuatan bangsa Indonesia yang pada alhasil mempunyai ciri khas.

Ketika Pancasila dan segenap nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sudah menjadi identitas, dasar perilaku, dan dasar perilaku, maka secara bertahap akan muncul keinginan optimisme dan motivasi yang sungguh memiliki kegunaan dalam mewujudkan impian bangsa dan negara Indonesia.

5 Apa saja contoh perilaku faktual kepada Pancasila selaku ideologi terbuka?

Jawaban:

  • Menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai filter masuknya budaya ajaib yang dapat merusak identitas bangsa
  • Terbuka kepada nilai-nilai baru tetapi tetap sesuai dengan kaidah dan nilai dasar Pancasila
  • Aktif mengkaji Pancasila melalui ihwal, diskusi, goresan pena maupun observasi
  • Menaati norma sosial maupun norma aturan yang tepat dengan nilai Pancasila
  • Menyelesaikan urusan dengan berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila
  • Menjadikan Pancasila selaku alat pembangkit semangat nasionalisme dan patriotisme.

6. Pancasila selaku ideologi terbuka bersifat dinamis. Jelaskan maksud dan bagaimana implementasinya!

Jawaban:

Pancasila sebagai ideologi terbuka memiliki sifat dinamis karena Pancasila dapat selalu mengikuti keadaan dengan perubahan zaman.

Contoh implementasinya:

Dulu, pertentangan yang berkenaan dengan pelanggaran nilai-nilai Pancasila lebih sering teratasi oleh abdnegara keamanan maupun tertuntaskan oleh penduduk secara musyawarah. Namun seiring dengan kemajuan zaman, pertentangan dan pertengkaran mulai merambat ke dunia medsos.

Untuk mengatasinya, dibentuklah tim siber dan UU ITE (Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) sebagai perwujudan dari dinamisnya ideologi Pancasila.

7. Mengapa Pancasila dijadikan selaku Ideologi negara?

Jawaban:

Pancasila dasar negara kita dirumuskan dari nilai-nilai kehidupan penduduk Indonesia yang berasal dari persepsi hidup bangsa yang merupakan kepribadian, bangsa persetujuanluhur serta tujuan yang hendak diwujudkan. Karena itu pancasila dijadikan ideologi negara.

***

Demikianlah tadi segenap soal dan pertanyaan perihal Pancasila selaku dasar dan ideologi negara yang lengkap dengan jawabannya.

Semoga berfaedah ya
Salam.

Lanjut Baca: Inilah Teks Pidato Ir. Soekarno Pada 1 Juni 1945 yang Menjadi Dasar Lahirnya Pancasila

  √ ‘Quipper School’