close

Perbedaan Monokotil Dan Dikotil Pada Flora [Tabel & Gambar]

Perbedaan monokotil dan dikotil – Tumbuhan dibedakan menjadi dua menurut jumlah kepingnya bijinya yakni tumbuhan monokotil dan flora dikotil. Apa sajakah perbedaan tanaman monokotil dan dikotil dilihat dari bentuk akar, biji, daun, batang, bunga dan perbedaan yang lain?

Tumbuhan monokotil ialah tanaman yang jumlah keping bijinya cuma satu, sedangkan tanaman dikotil ialah tanaman yang keping bijinya berjumlah dua. Jumlah keping biji menjadi perbedaan utama antara dua jenis tumbuhan tersebut.

Meski begitu terdapat perbedaan lain yang ada pada tanaman dikotil dan monokotil. Hal ini bisa dilihat dari ciri-ciri tumbuhan monokotil dan dikotil secara morfologis, misalnya struktur akar, bentuk batang, ada tidaknya kambium, jumlah kelopak bunga, bentuk tulang daun dan sebagainya.

Nah untuk itu kali ini akan dijelaskan perihal apa perbedaan monokotil dan dikotil. Penjelasan akan dibagikan secara lengkap mulai dari bentuk tabel, gambar serta klarifikasi di tiap-tiap bab seperti biji, akar, batang, daun, bunga, berkas pengangkut dan lain-lain.

(baca juga acuan tanaman dikotil)

perbedaan monokotil dan dikotil

Perbedaan Monokotil dan Dikotil

Apa sajakah hal-hal yang membedakan tumbuhan monokotil (biji berkeping satu) dan tumbuhan dikotil (biji berkeping dua). Berikut kami tampilkan perbedaan-perbedaan antara flora monokotil dan dikotil baik dalam bentuk tabel maupun dalam bentuk penjelasan.

Perbedaan Monokotil dan Dikotil dalam Bentuk Tabel

  Organik, Anorganik, B3, Industri, Padat, Cair, Dll

Perbedaan Monokotil Dikotil
Keping biji Berkeping 1 Berkeping 2
Pembelahan biji Tidak membelah saat berkecambah Membelah saat berkecambah
Bentuk akar Akar serabut Akar tunggang
Tudung akar Memiliki tudung akar Tidak memiliki tudung akar
Pembentukan akar Terbentuk dari batang Terbentuk dari percabangan akar utama
Cabang batang Tidak bercabang Bercabang
Kambium Tidak mempunyai kambium Memiliki kambium
Pertumbuhan sekunder Tidak ada, cuma kemajuan memanjang Ada, sehingga terdapat kemajuan membesar
Bentuk daun Memanjang Melebar
Tulang daun Sejajar Menyirip atau menjari
Kelopak bunga Jumlah kelopak 3 atau kelipatannya Jumlah kelopak 2, 4, dan 5 atau kelipatannya
Berkas pengangkut Tersebar Teratur
Korteks Tidak memiliki korteks Tersusun atas korteks dan stele
Serbuk sari Alur tunggal di tiap butir serbuk sari 3 alur
Pembuluh kayu Tidak mempunyai pembuluh kayu Memiliki pembuluh kayu

Perbedaan Monokotil dan Dikotil pada Biji

Perbedaan dikotil dan monokotil yang utama ada pada jumlah keping bijinya. Sesuai namanya, tumbuhan monkoitl mempunyai 1 keping biji, sedangkan tumbuhan dikotil mempunyai 2 keping biji. Tumbuhan monokotil tidak akan mengalami pembelahan saat berkecambah, sementara flora dikotil akan membelah menjadi 2 dikala perkecambahan.

Perbedaan Monokotil dan Dikotil pada Akar

Perbedaan dikotil dan monokotil berikutnya ada pada bentuk akarnya. Akar pada tanaman monokotil yakni akar serabut yang tipis dan kecil serta lazimnya memiliki tudung akar. Sedangkan flora dikotil memiliki akar tunggang yang bercabang dan kuat serta biasanya tidak mempunyai tudung akar.

Perbedaan Monokotil dan Dikotil pada Daun

Bentuk daun juga bisa jadi perbedaan dikotil dan monokotil. Pada tanaman monokotil, bentuk daunnya lazimnya memanjang dengan tulang daun yang sejajar. Adapun pada tanaman dikotil, bentuk daunnya umumnya melebar dengan tulang daun yang menjari atau menyirip.

Perbedaan Monokotil dan Dikotil pada Batang

Bagian batang mampu dipakai untuk membedakan tumbuhan dikotil dan monokotil. Tumbuhan monokotil lazimnya batangnya tidak bercabang, tidak mempunyai kambium serta terus berkembang meninggi. Sedangkan batang flora dikotil biasanya bercabang serta mempunyai kambium pada perbatasan antara jaringan xilem dan floem.

Perbedaan Monokotil dan Dikotil pada Bunga

Perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil juga dapat dilihat pada bagian bunganya. Pada tanaman monokotil, bagian bunga lazimnya mempunyai kelopak dengan jumlah 3 atau kelipatannya. Sedangkan bunga tumbuhan dikotil lazimnya mempunyai kelopak dengan jumlah 2, 4, 5 atau kelipatan-kelipatannya.

Perbedaan Monokotil dan Dikotil pada Berkas Pengangkut

Pada berkas pengangkut, terdapat perbedaan flora dikotil dan monokotil. Pada tanaman monokotil, berkas pengakutnya umumnya tersebar di seluruh batang tanpa susunan khusus. Sementara berkas pengangkut pada flora dikotil umumnya teratur membentuk cincin atau melingkar.

(baca juga pola flora monokotil)

Nah demikian referensi perbedaan tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil berdasarkan bentuk akar, biji, batang, daun, bunga dan ciri-ciri lainnya. Kedua jenis-jenis tanaman tersebut memang memiliki beberapa perbedaan yang cukup mencolok. Semoga mampu menjadi acuan wawasan.