Penyimpangan Sosial – Pengertian, Contoh, Bentuk, Teori, Faktor Penyebab, Dampak, Primer, Sekunder

Posted on

Penyimpangan Sosial – Sebagai manusia biasa kadang kita melihat perilaku menyimpang di sekitar kita. Baik dilakukan dalam keadaan sadar maupun tak sadar.

Bullying adalah contoh penyimpangan sosial
Bullying adalah contoh penyimpangan sosial

Penyimpangan tersebut bahkan dilakukan oleh diri kita sendiri. Baik itu penyimpangan yang kecil atau besar.

Penyimpangan dalam skala luas ataupun sempit akan berdampak terganggunya keseimbangan hidup masyarakat.

Suatu perilaku ditafsirkan “menyimpang” bila perbuatan itu sudah melenceng dari nilai-nilai dan norma sosial yang disepakati satu masyarakat.

Pengertian Penyimpangan Sosial Menurut Para Ahli

Penyimpangan sosial adalah perilaku yang tidak sejalan dengan norma, adat istiadat, hukum dan moral yang berjalan di masyarakat.

Apabila seseorang melanggar aturan atau adat tersebut maka dianggap sebagai pelanggar dan patut dihukum sesuai dengan aturan yang berlaku.

Untuk lebih jelas, kita telaah pengertian penyimpangan sosial menurut para ahli dalam tulisan di bawah.

Menurut James W. Van Zanden

Menurut James, kenapa dinamai penyimpangan sosial? Karena tindakan atau perilaku tersebut menurut mayoritas masyarakat dianggap sebagai perilaku tercela.

Menurut Robert M.Z Lawang

Menurut Robert, Apa itu penyimpangan sosial? Semua tindak-tanduk atau tingkah laku yang tak sejalan dengan norma yang berlaku di dalam satu sistem masyarakat tertentu.

Menurut Lewis Coser

Lewis Coser berpandangan bahwa yang disebut penyimpangan sosial yaitu kegagalan satu individu ketika harus menyesuaikan diri pada kebudayaan dan perubahan sosial.

Menurut Becker

Menurut Becker, Mengapa suatu perilaku disebut menyimpang secara sosial? Itu karena adanya konsekuensi logis dari aturan dan penerapan sanksi yang ada di masyarakat.

Bila ada individu melanggar maka tindakan itu disebut penyimpangan.

Menurut Gillin

Menurut Gillin perilaku menyimpang itu adalah tingkah laku yang timbul karena nilai-nilai dan norma sosial. Penyebabnya, katena retak dan runtuh ikatan sosial solidaritas kelompok.

Menurut Van Der Zanden

Zanden mengartikan penyimpangan sosial sebagai perilaku yang oleh sebagian masyarakat dianggap sebagai tindakan yang hina dan ada di luar batas toleransi.