close

Penjelasan Materi Bagian I Bahasa Inggris Kelas Vii Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Kurikulum 2013 yaitu kurikulum dimana siswa dituntut lebih aktif dibandingkan dengan guru.

Oleh alasannya itu, guru diharuskan untuk mengerti bahan sebelum memperlihatkan penjelasan supaya para siswa mudah mengetahui apa yang mesti mereka lakukan, dan mengetahui apa yang mereka pelajari.

Dari pengalaman saya mengajar selama setahun selaku Guru Honorer, ijinkan aku membuatkan wacana apa yang sudah saya pelajari. Semoga berguna..

Sebelum mengajar alangkah baiknya guru mempelajari bahan yang akan diajarkan dimalam hari contohnya nih menciptakan rancangan atau versi pembelajaran yang mempesona.

Mari kita mulai membedah buku, buku yang aku bedah kali ini adalah

BUKU :  BAHASA INGGRIS “WHEN ENGLISH RINGS A BELL”

AWAL HALAMAN

Nah.. pada permulaan halaman tampilannya menyangkut cover buku yang dimana disitu terang judul buku, kelas, dan edisi tahun berapa.

Dibalik halaman pertama akan ada klarifikasi wacana asal usul buku, seperti disklainer, katalog, penulis, penelaah, penyuplaipenerbitan.

HALAMAN iii

 Pada halaman ini alangkah baiknya guru membaca “ kata pengantar” biar lebih terang tujuan dari mengapa siswa di wajibkan untuk mempelajari Bahasa Inggris.

HALAMAN V

Halaman ini akan terperinci perihal “DAFTAR ISI”  di dalam daftar isi di tuliskan arah bahan apa saja yang menjadi target materi asuh .

ISI DAFTAR ISI SEPERTI INI :

Kata Pengantar
Daftar Isi

Chapter I  Good Morning. How are you?
Chapter II It’s Me!
Chapter III What Time Is It?
Chapter IV This Is My World
Chapter V It’s a beautiful day !
Chapter VI We love what we do
Chapter VII I’m Proud of Indonesia!
Chapter VIII That’s what friends are supposed to do

Daftar Pustaka

 HALAMAN Vi

Coba perhatikan dihalaman ini ada gambar pak guru berkumis memberi kode “Please write down your identity here!” artinya tulislah identitasmu disini

Simak tabel yang dijabarkan dalam halaman ini disitu ada tulisan

This is Me ! ( inilah aku/aku)

Name (nama)
Date of Birth (tanggal lahir)
Address (alamat rumah)
School (sekolah)
Class (Kelas)
Hobbies (hobi/hobi)
Favorite Color (Warna kesukaan)
Favorite food (kuliner kesukaan)

HALAMAN 1

CHAPTER I (BAB I) 
GOOD MORNING. HOW ARE YOU ? 
(SELAMAT PAGI. BAGAIMANA KABAR ANDA?

We will learn : (Kita akan mempelajari)
–    To greet (menyapa)
–    To take leave (ketika berpisah)
–    To say thank you (berterima kasih)
–    To say sorry (meminta maaf)


HALAMAN 2 DAN HALAMAN 3

  Sebab Nikah Bukan Hanya Modal Cinta !!!

Dalam halaman 2 ini siswa di hibur dengan nyanyian yang berjudul “Good Morning”

Halaman 3 dihidangkan lirik dengan judul “How are you?” dimana lagu dinyanyikan dengan nada “If you’re happy and you know it”

 Guru mampu berkreasi mengubah lirik “good morning” dengan “good afternoon” , “good evening”.

Lirik bisa dilihat langsung pada buku.

HALAMAN 4 , 5, 6, 7 dan 8

 
Instruksinya 1 :  
 
we will learn to greet our teachers, friends and others when we meet them in the morning, in the afternoon and in the evening.
Artinya : 
 
kita akan mempelajari cara menyapa guru-guru, teman-sahabat dan orang lain saat berjumpa mereka pada waktu pagi hari, siang hari dan sore hari.

Instruksi 2 : 

 
 Here are what we will do. First, we will listen carefully to our teacher read the greetings. Seconds, we will repeat the greetings after the teacher. Then we will play the roles of the speakers in the picture.

Artinya :  

 
yang hendak kita lakukan . pertama, kita akan mendengarkan guru membaca cara menyapa. Kedua, kita akan mengulangi ucapan sapaan yang dibacakan guru. Kemudian kita akan bermain peran sesuai apa yang ada pada gambar.

Instruksi ketiga : we will say the words loudly, clearly, and correctly.

Artinya : 
 
kita akan mengatakan dengan bunyi keras, jelas, dan benar.

Pada halaman ini siswa diharuskan mempraktekan percakapan-percakapan yang telah tertera sesuai gambar pada buku. Tujuannya agar siswa mampu lebih memahami, mengenali cara menyapa secara eksklusif.

HALAMAN 9

 
Halaman ini hanya menyediakan aba-aba dimana menjelaskan “we will do a drill to greet people in the morning, in the afternoon, and in the evening”
 maksunya bahwa kita akan melaksanakan sebuah latihan percakapan untuk menyapa seseorang pada pagi, siang dan sore hari.

Instruksi kedua : here are what we will do each time. First, we will see a sign of time : morning, afternoon, or evening. Second, one person will state a proper greeting for the time. Then another person will respond to the greeting properly, too.
Nah, artinya : 

 
inilah yang mau kita kerjakan setiap kali. Pertama, kita akan menyaksikan tanda waktu: pagi, siang, atau malam hari. Kedua, satu orang akan menyatakan salam yang tepat untuk ketika itu. Kemudian orang lain akan menyikapi salam dengan benar juga.

We will say the words loudly, clearly, and correctly. (kita akan menyampaikan kata-kata itu dengan keras, terang, dan benar).

HALAMAN 10

 Dihalaman ini ada aba-aba yang menerangkan “we will make a list of the people we greeted in English today. We will use the table and do it like the exam” 
 
artinya : 
 
kita akan membuat daftar orang-orang yang kita sapa dalam bahasa Inggris hari ini. Kita akan menggunakan tabel dan melakukannya seperti teladan.

HALAMAN 11 DAN 12
Pada halaman ini siswa diajarkan untuk mempelajari “sapaan ketika berpamitan” sesuai instruksi “ we will learn to say goodbye”
Kemudian di ikuti dengan aba-aba 
 
“ here we are what we will do. First, we will listen carefully to our teachaer read the statements of goodbye. Second, we will repeat the statements after the teacher. Then we will plat the roles of the speakers in the pictures”
Artinya : 
 
 apa yang hendak kita lakukan. Pertama, kita akan menyimak dengan teliti guru kita membaca pernyataan selamat tinggal. Kedua, kami akan mengulangi pernyataan sesudah guru. Kemudian kita akan bermain peran sesuai apa yang ada dalam gambar.

We will say the words loudly, clearly, and correctly. (kita akan menyampaikan kata-kata itu dengan keras, terang, dan benar).

HALAMAN 13


Instruksi pertama : 

 
we will do a drill to say goodbye (kita akan melakukan latihan untuk mengucapkan selamat tinggal/ salam perpisahan.)

Berikutnya  

 
“ here are what we will do each time. First, we will hear our teacher state a situation. Then we will respond with a proper statement to say goodbye”.
Artinya : 
 
 inilah yang hendak kita lakukan. Pertama, kita akan mendengar situasi yang diterangkan guru kita. Kemudian kita akan menyikapi dengan pernyataan yang sempurna untuk mengucapkan selamat tinggal / perumpamaan berpamitan.

We will say the words loudly, clearly, and correctly. (kita akan mengatakan kata-kata itu dengan keras, terang, dan benar).

Berikutnya ..

“we will make a list of the people we said goodbye to in english today. We will use the table and do it like the examples”

Kita akan menciptakan daftar orang-orang yang kita ucapkan selamat tinggal dalam bahasa Inggris hari ini. Kami akan menggunakan tabel dan melakukannya mirip pola.

  Bahan Aturan Perdata Ihwal Penyerahan (Levering)

 HALAMAN 14 – 17

Halaman ini diajarkan tentang bagaimana cara berterima kasih dan  meminta maaf , mirip instruksi 
“ we will learn to thank and to say sorry”

Instruksi kedua : “here are what we will do each time. First, we will hear our teacher state a situation. Then we will respond with a proper statement to thank or to say sorry”.

Artinya :  

 
inilah yang mau kita kerjakan. Pertama, kita akan mendengar situasi yang dijelaskan guru kita. Kemudian kita akan menanggapi dengan pernyataan yang sempurna untuk berterima kasih dan meminta maaf.

We will say the words loudly, clearly, and correctly. (kita akan menyampaikan kata-kata itu dengan keras, terang, dan benar).

HALAMAN 18

Instruksi pertama :

 
 we will do a drill to say thanks and to say sorry (kita akan melaksanakan latihan untuk mengucapkan terima kasih dan meminta maaf.)

Berikutnya.. 

 
 “ Here are what we will do each time. First, we will hear our teacher state a situation. Then we will respond with a proper statement to say thank and to say sorry”.

Artinya : 

 
inilah yang mau kita kerjakan . Pertama, kita akan mendengar suasana yang diterangkan guru kita. Kemudian kita akan menyikapi dengan pernyataan yang tepat untuk mengucapkan terima kasih dan maaf.

We will say the words loudly, clearly, and correctly. (kita akan menyampaikan kata-kata itu dengan keras, terang, dan benar).

HALAMAN 19

Inilah intinya ialah kesimpulan dari keseluruhan apa yang telah dipelajari di BAB 1 .

Now, I know .... (sekarang saya tahu….)

Dihalaman ini diperlihatkan beberapa gambar yang bertuliskan my mother, my father, my sister, dann seterusnya.. biar siswa dapat mengetahuinya dalam bahasa Inggris.

Didalam kotak yakni inti kesimpulannya :

From now on, I will always ( kini, aku akan selalu)
–    Greet other when I meet them (menyapa orang dikala berjumpa mereka),
–    Say goodbye when I leave them (berpamitan ketika meninggalkan mereka),

–    Thank other for doing good to me
(berterima kasih atas pemberian orang lain kepadaku),

–    Say sorry when I make a mistake
(meminta maaf saat aku melakukan kesalahan).

SUMBER : Penjelasan disesuaikan dengan isi dari buku BAHASA INGGRIS “WHEN ENGLISH RINGS A BELL”

 
 Wallahu a’lam..
 
BAB II sementara ditulis.. mohon tunggu ..