close

Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur, Kaidah, Ciri, Jenis, Contoh

Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur, Kaidah, Ciri, Jenis, Contoh – Pada pembahasan kali ini kami akan menerangkan wacana teks kisah sejarah.

Yang mencakup pengertian teks cerita sejarah, struktur teks kisah sejarah, kaidah teks dongeng sejarah, ciri-ciri teks dongeng sejarah dan jenis-jenis teks kisah sejarah dengan pembahasan lengkap dan gampang dimengerti.

Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur, Kaidah, Ciri, Jenis, Contoh

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Teks Cerita Sejarah

Teks cerita sejarah adalah teks yang memberi ulasan dan bercerita mengenai kenyaan atau fakta dan kejadian di kala lampau yang merupakan latar belakang terjadinya sesuatu yang memiliki nilai sejarah.

Struktur Teks Cerita Sejarah

Struktur dari teks cerita sejarah yakni sebagai berikut:

  • Orientasi: Adalah bagian yang isinya wacana perkenalan atau pembuka dari teks kisah sejarah
  • Urutan Peristiwa: Adalah bagian yang isinya perihal rekaman kejadian sejarah yang telah terjadi, kadang kala penyampaiannya dengan urutan kronologis
  • Reorientasi: Adalah bagian yang isinya komentar langsung penulis perihal peristiwa atau insiden sejarah yang diceritakan. Reorientasi mampu di beri atau tidak. Hanya sesuai impian dari penulis teks cerita sejarah tersebut.

Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Sejarah

Terdapat beberapa kaidah kebahasaan dalam pengerjaan teks kisah sejarah, antara lain:

  • Pronomina (kata ganti) Adalah kata yang digunakan untuk sebagai pengganti benda dan memberi nama seseorang atau sesuatu dengan tidak eksklusif
  • Frasa Adverbial: Adalah kata yang menggambarkan insiden atau insiden, waktu dan tempat
  • Verb Material: Adalah kata yang fungsinya sebagai petunjuk aktivitas yang dijalankan partisipan, menggambarkan kegiatan fisik atau insiden, misalnya yakni menulis, mengepel, menyapu dan lain sebagainya.
  • Konjungsi Temporal atau Kata hubung waktu: Adalah kata penghubung yang fungsinya menata urutan kejadian yang diceritakan. Seringkali banyak menggunakan kata penghubung temporal

Ciri-Ciri Teks Cerita Sejarah

Ciri-ciri dari teks cerita sejarah antara lain:

  • Penyajiannya secara urutan kronologis peristiwa atau urutan peristiwa
  • Berupa teks cerita ulang (recount)
  • Struktur teks tersusun atas orientasi, urutan peristiwa, reorientasi
  • Umumnya memakai konjungsi temporal
  • Isinya merupakan sebuah fakta.

Jenis-Jenis Teks Cerita Sejarah

Jenis-jenis atau macam-macam dari teks cerita sejarah fiksi dan teks sejarah non fiksi yakni sebagai berikut:

Teks Cerita Sejarah Fiksi

  • Novel yakni karya fiksi prosa yang penulisannya secara naratif, kadang kala berbentukbentuk dongeng. Penulis novel disebut dengan novelis.
  • Cerpen atau cerita pendek berupa prosa naratif fiktif. Cerpen condong padat dan langsung menuju tujuan ketimbang dengan karya fiksi yang lain yang terkadang sangat panjang.
  • Legenda adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh beberapa orang ialah sesuatu yang sungguh-sungguh terjadi.
  • Roman yakni jenis karya sastra berbentukprosa yang melukiskan tingkah laris pelaku menurut sopan santun dan jiwa masing-masing. Roman disebut juga dengan kisah percintaan.

Teks Cerita Sejarah Non Fiksi

  • Biografi yaitu klarifikasi kehidupan seseorang yang ditulis lagi oleh orang lain.
  • Autobiografi yakni kisah atau penjelasan hidup yang dilutis orang itu sendiri.
  • Cerita Perjalanan ialah teks yang bercerita wacana fakta atau peristiwa pada masa kemudian yang ialah latar belangkan seseuatu mempunyai nilai sejarah

Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur, Kaidah, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis, Contoh

Contoh Teks Cerita Sejarah Dengan Strukturnya

Sejarah Instagram

Orientasi

Instagram ialah sebuah aplikasi untuk mengembangkan foto yang sangat terkenal, yang memungkinkan penggunanya mengambil foto, menerapkan dilter digital dan men share ke banyak sekali layanan media umum, termasuk punya Instagram sendiri.

Kata “Insta” asalnya dari kata “Instan” seperti dengan kamera polaroid yang di masanya lebih terkneal dengan sebutan “foto instan”. Sedangkan kata “gram” asalnya dari kata “telegram” yang prinsip kerjanya untuk mengantarkan info kepada orang lain dengan segera.

Urutan Peristiwa

Perusahaan Burbn, Inc. yang bangun pada tahun 2010 yaitu perusahana teknologi starup yang berfokus hanya pada pengembangan aplikasi untuk telepon genggam. Di permulaan Burbn, Inc. sendir memiliki fokus yang terlalu banyak dalam HTML 5 dalam perangkat bergerak, namun dua CEO nya adalah Kevin Systrom dan Mike Krieger memutuskan untuk konsentrasi pada satu hal saja.

Setelah satu minggu mereka melakukan percobaan membuat sebuah inspirasi yang anggun, pada akibatnya mereka menciptakan suatu model pertama dari Burbn, tetapi didalamnya masih ada sebagian hal yang belum tepat. Versi Burbn yang telah akhir, aplikasi yang sudah mampu digunakan iPhone yang berisi banyak fitur.

Sulit untuk Kevin Systrom dan Mike Krieger untuk mengurani fitur-fitur yang sudah ada, dan memulai lagi dari awal, tetapi akibatnya mereka hanyan memfokuskan pada bagian foto, komentar dan juga kemampuan unyuk menyukai sebuah foto.

Itulah yang akhirnya menjadi Instagram. Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Instagram akan diambil alih oleh Facebook dengan nilai hampi $1 Milliar dalam bentuk tunai dan saham.

Reorientasi

Saat ini banyak anak muda dan juga orang renta memiliki akun Instagram karena semakin populernya aplikasi ini. Dengan instagram kita mampu menyaksikan acara sahabat-sahabat kita dengan melihat foto dan video yang dibagikan, sangat menawan bukan?

Demikianlah telah diterangkan tentang Pengertian Teks Cerita Sejarah, Struktur, Kaidah, Ciri, Jenis, Contoh, agar mampu memperbesar wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca postingan lainnya.

  Alur : Pengertian, Jenis Alur dan Unsurnya