close

Pengertian Novel Beserta Definisi, Struktur Dan Ciri-Ciri Novel [Lengkap]

Pengertian novel – Apa itu novel? Kita tentu tidak abnormal dengan ungkapan novel, mungkin juga kita sering membaca novel favorit kita sehari-hari, baik novel fiksi atau novel non-fiksi. Tapi apa sebenarnya arti dan definisi novel secara biasa dan menurut para andal?

Secara umum, pengertian novel yaitu karangan prosa yang panjang, mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan sopan santun dan sifat setiap pelaku. Dalam novel umumnya dimulai dari insiden penting yang dialami tokoh cerita yang kelak mengganti nasib hidupnya.

Penulis novel disebut sebagai novelis. Novel menjadi salah satu bahan bacaan yang populer alasannya ceritanya yang seru dan mempesona. Novel juga berbeda dengan cerpen. Perbedaan cerpen dan novel yaitu cerpen ceritanya lebih pendek dan ringkas, sedangkan novel lebih panjang dan kompleks juga.

Novel dibagi menjadi dua yakni novel fiksi dan novel non-fiksi. Selain itu ada banyak jenis-jenis novel berdasarkan genrenya mirip novel komedi, novel romantis, novel horor, novel misteri dan novel inspiratif.

Ada pula komponen-komponen novel baik unsur intrinsik dan ekstrinsik novel. Unsur intrinsik novel meliputi tema, tokoh, penokohan, latar, alur, sudut pandang dan amanat. Sementara unsur ekstrinsik novel adalah biografi pengarang, keadaan sosial dan nilai-nilai yang terkandung.

(baca juga pemahaman pantun)

pengertian novel

Pengertian Novel

Apa yang dimaksud novel? Di bawah ini akan diterangkan pengertian novel, baik secara umum, menurut KBBI maupun berdasarkan para andal.

  Pengertian Deskripsi Beserta Struktur, Jenis Dan Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Pengertian Novel Secara Umum

Definisi novel secara lazim adalah suatu bentu karya sastra yang berbentuk prosa yang mempunyai komponen intrinsik dan ekstrinsik. Arti kata novel berasa dari bahasa Italia ialah ‘novella’ yang bermakna sebuah kisah atau cerita.

Novel mengandung rangkaian dongeng kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan budbahasa dan sifat setiap pelaku. Selain itu isi novel juga panjang dan memiliki masalah yang rumit atau kompleks.

Arti Novel Menurut KBBI

Pengertian novel menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah suatu karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku.

Pengertian Novel Menurut Para Ahli

Di bawah ini akan dijelaskan pengertian dan definisi novel menurut para jago sastra dan bahasa baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Menurut Aristoteles

Menurut Aristoteles, sastra bukanlah jiplakan dari kenyataan, melainkan sebuah istilah atau perwujudan tentang universalia atau rancangan-desain biasa .

Menurut Nurgiyantoro

Arti novel berdasarkan Nurgiyantoro menyatakan bahwa novel dideskripsikan sebagai sebuah karya prosa fiksi yang cukup panjang tidak terlampau panjang namun tidak terlalu pendek.

Menurut Abrams

Menurut Abrams, ungkapan novel berasal dari bahasa Italia ‘novella’ yang mengandung makna harfiah suatu barang baru yang kecil, yang lalu diartikan sebagai kisah pendek dalam bentuk prosa.

Menurut Drs. Jakob Sumardjo

Definisi novel berdasarkan Jakob Sumardjo ialah suatu bentuk sastra yang sangat populer di dunia. Bentuk karya sastra ini paling banyak beredar dan dicetak karena daya komunitasnya yang sangat luas di dalam penduduk .

Menurut Dr. Nurhadi & Dr. Dawud

Pengertian novel menurut Nurhadi dan Dawud yaitu sebuah bentuk karya sastra yang nilai-nilai budaya, sosial, watak dan pendidikan.

  √ Seputar Pengertian Dan Jenis Pantun

Menurut Sayuti

Pengertian novel acap kali dibandingkan dengan cerpen, perbedaannya yaitu bahwa cerpen menitikberatkan pada intensitas, sementara novel cenderung bersifat meluas atau expands.

Novel yang baik cenderung menitikberatkan pada kemunculan complexity, yakni kesanggupan menyampaikan masalah yang kompleks secara penuh, mengkreasikan suatu dunia yang ‘jadi’, berlainan dengan cerpen yang bersifat implisit yakni menceritakan persoalan secara singkat.

Menurut Scholes

Definisi novel ialah sebuah dongeng yang berhubungan dengan peristiwa konkret atau fiksional yang dibayangkan pengarang melalui pengamatannya kepada realitas.

Menurut Drs. Rostamaji, M.Pd

Novel menurut pertimbangan Rostamaji merupakan suatu karya sastra yang mempunyai dua komponen, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik yang mana keduanya saling berkaitan dengan sebab saling berpengaruh dalam suatu karya sastra.

Menurut Esten

Esten beropini bahwa dalam proses penciptaan karya sastra, seorang pengarang berhadapan dengan realita yang didapatkan dalam penduduk realitas objektif dalam bentuk insiden-insiden, norma-norma atau tata nilai, pandangan hidup dan aspek lain dalam penduduk .

Menurut Dra. Abdul Roni, M. Pd

Arti novel menurut Abdul Roni merupakan bentuk karya sastra yang nilai-nilai budaya, sosial, pendidikan dan sopan santun.

Menurut Agus Priantoro

Pengertian novel secara lazim ialah karya sastra yang mempunyai dua bagian, yaitu intrinsik dan ekstrinsik keduanya saling terkait sebagai dampak timbal balik dalam literatur.

Menurut Paulus Tukam

Arti novel berdasarkan Paulus Tukam ialah karya sastra yang berbentuk prosa dan memiliki unsur-unsur intrinsik di dalamnya

Menurut Dr. Nurhadi

Pengertian novel berdasarkan Nurhadi ialah suatu bentuk karya sastra yang di dalamnya terdapat nilai-nilai budaya, sosial, pendidikan dan adab.

Ciri-Ciri Novel

Berikut ini ialah ciri-ciri novel meliputi syarat-syarat dan karakteristik novel baik dari segi kata, bahasa dan komponen-bagian lainnya.

  √ Seputar Pengertian Membaca

  • Memiliki jumlah kata lebih dari 10.000 kata.
  • Memiliki setidaknya lebih dari 100 halaman.
  • Untuk membaca novel hingga selesai minimal memerlukan durasi waktu 2 jam atau 120 menit.
  • Cerita novel memiliki lebih dari satu impresi, imbas dan emosi.
  • Memiliki alur kisah yang cukup rumit atau kompleks.
  • Skala cerita novel umumnya lebih luas dibandingkan cerpen.
  • Cerita novel lebih panjang, akan tetapi banyak kalimat yang di ulang-ulang.
  • Novel ditulis dengan narasi kemudian didukung dengan deskripsi untuk menggambarkan suasana dan keadaan yang ada di dalamnya.
  • Bersifat kongkret alasannya pengarang lebih tahu dengan keadaan yang digambarkan dalam novel.

Nah demikian tumpuan pemahaman novel secara lazim serta definisi novel menurut para hebat selengkapnya. Novel pasti telah tidak gila lagi dimana banyak orang yang suka membaca novel berlembar-lembar dengan cerita yang seru dan menarik.